Membesarkan Anak Laki-Laki menjadi anak yang mempunyiai jiwa Kepedulian

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta’ala, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dari-Nya, dan meminta ampunan-Nya. 

Kita berlindung kepada-Nya dari keburukan-keburukan jiwa kita, dan kejelekan-kejelekan perbuatan kita. 

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah atas diri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan orang orang yang setia meniti jalan petunjuknya hingga hari kiamat.

Kadang memang fakta berkata lain, bukan tidak mungkin untuk bisa mendidik anak laki-laki menjadi anak yang peduli dan sehingga mau untuk merawat orang tuanya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa orang tua lakukan kepada anak laki-laki agar tumbuh menjadi pribadi yang peduli dengan orang tua.

1. Mengajarkan Anak untuk Menjadi Pemimpin

Seorang anak laki-laki pastilah kelak akan menjadi pemimpin untuk keluarganya. Ajarkan tentang konsep kepemimpinan baik di keluarga maupun secara umum. 

Anak laki-laki yang punya jiwa pemimpin tentu akan punya kepedulian yang tinggi juga, termasuk kepada orang tua.

2. Mendidik Anak Agar Menjadi Pria yang Bertanggungjawab

Tanggung jawab adalah hal mutlak yang harus ajarkan kepada anak laki-laki. Jika anak laki-laki tidak diajarkan mengenai bagaimana tanggung jawab dan hanya diistimewakan dengan harta, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang manja dan tidak bertanggung jawab.

Padahal, sifat bertanggung jawab akan menjadi modalnya untuk sukses di masa datang. Dengan memiliki tanggung jawab juga, dia akan bertanggung jawab atas orang tuanya di masa tua nanti.

3. Mengajarkan Anak untuk Selalu Menyayangi

Mengajarkan anak untuk selalu menyayangi adalah cara efektif untuk mendidik anak lelaki agar memiliki rasa kasih sayang yang tulus, tidak mudah menyakiti hati orang lain. Ajarkanlah anak selalu untuk menyayangi dan menghargai orang lain sejak dini.

4. Mengajarkan Anak untuk Selalu Berbakti kepada Orang tua.

Tidak semata hanya anak perempuan saja yang diajarkan untuk senantiasa berbakti kepada orang tua, Bagi anak laki-laki juga sangat penting dan di haruskan untuk berbakti pada orang tua. 

Sehingga nantinya ketika anak sudah Dewsa dan mungkin berkeluarga, dia tidak akan lalai dengan orang tuanya.

5. Sebagai Orang tua Didik wajib Untuk Memberikan Teladan yang Baik pada Anak

Seorang anak laki-laki sangat penting untuk selalu diberikan contoh yang baik/Menjadi Suri tauladan anak.

Sehingga,Karena Seorang anak akan mencontoh Orang tuanya. Jadilah orang tua yang bisa memberikan contoh baik untuk anaknya.

6. Biarkan Anak Bermain Dan Jangan Terlalu Banyak Melarang Anak

Biarkan Anak Menyukai apa yang di sukainya. Jangan terlalu banyak untuk melarang. Karena dengan melarangnya dan menekannya apalagi sampai psikologisnya terganggu.

Anak laki-laki yang selalu ditekan dapat menjadi penyebab Anak  akan memiliki sikap pemberontak dan tidak respek kepada orang tua. 

Dan nantinya akan punya kecenderungan untuk jadi anak yang nakal yang dapat berakibat anak akan melawan orang tua.

7. Sangat Dilarang Untuk Menghukum Anak Dengan Kekerasan Fisik

Sangat di sarankan Ketika mendidik anak laki-laki jangan pernah melakukan kekerasan fisik Karena hal ini akan berakibat anak akan memiliki karakter yang kasar kelak dan tidak memiliki rasa kasih sayang.

8. Mengajarkan Anak Supaya Bisa Memberi Perhatian kepada Orang Lain

Sebagai Orang tua didik mengajari  anak untuk selalu memperhatikan orang lain. Agar  anak  juga akan memiliki rasa peka dan juga mempunyai rasa peduli dengan orang lain nantinya.

9. Mengajarkan Kepada Anak Supaya tidak Bersikap Egois

Ajarkan selalu kepada anak laki-laki untuk  tidak bersikap egois dan supaya bisa dalam menempatkan diri untuk bersikap mendahulukan orang lain dari pada pribadinya.

Hal itu sangat penting Sehingga akan mengajarkannya menjadi orang yang bersikap sopan dan santun mau menghargai orang lain.

10. Membiasakan Anak Agar selalu Menghormati, Mentaati dan Mematuhi Terhadap Orang yang Lebih Tua/Dewasa

Anak laki-laki  wajib Untuk selalu untuk diajarkan bagaimana seharusnya bersikap terhadap orang yang lebih tua/dewasa dari-nya.

Hal itu Sangat penting diajarkan dimualai sejak sejak usia dini agar ketika sudah dewasa akan terbiasa. Sehingga anak akan tumbuh menjadi anak yang Baik, Soleh, dan juga berbudi luhur

Demikian  cara untuk Mendidik anak laki-laki yang harus dilakukan oleh setiap Orang tua.Mendidik anak laki-laki hingga  menajdi pribadi yang selalu peduli terhadap Orang yang lebih dewasa, dan dengan orang lain termasuk orang tua didiknya.

0 Response to "Membesarkan Anak Laki-Laki menjadi anak yang mempunyiai jiwa Kepedulian"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak