BISNIS LAUNDRY DI PERKOTAAN BESAR


Dengan berbagai macam kesibukan orang jaman milenia sekarang ini akan membuka peluang baru, kususnya bisnis Laundry sudah bukan rahasia lagi, tampaknya bisnis ini sudah mulai menjamur dikota kota ,karena bisnis ini  menjadi sangat menjanjikan ,khususnya di perkotaan besar.

Dari berbagai kalangan saat ini seperti mahasiswa hingga pegawai yang memiliki  kesibukan yang cukup tingi sudah sewajarnya mereka akan  menggunakan jasa Laundry untuk membersihkan pakaiannya.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa bisnis ini patut dicoba, bila ingin memulai berbisnis ini. memang terlihat sangat mudah dan simpel akan tetapi bisnis laundri pasti membutuhkan banyak strategi untuk menjalan kanya. Bagi yang ingin menekuni bisinis ini mari simak tips berbisnis Laundry supaya  terus-menerus untung dan sukses:

1. Cari tempat usaha Laundryyang strategis

Hal  inilah  pertama yang sangat  perlu dilakukan untuk membuka bisnis Laundry adalah pilih lokasi yang tepat untuk memulai usaha Laundry Anda. Kesuksesan dalam usaha Laundry memang cukup ditentukan oleh lokasi. Akan tetapi, sesuaikan juga dengan target konsumen Anda. Membuka bisnis Laundry di apartemen punya peluang yang cukup besar karena penghuni apartemen biasanya tak punya waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, dan biasanya mereka me-Laundry baju sebelum mereka beraktivitas ke luar meninggalkan apartemen.

2. Sesuaikan harga

Karena Bisnis Laundry merupakan salah satu jenis bisnis yang persaingannya cukup ketat sekarang ini, apalagi jika lokasi yang Anda pilih sudah terdapat bisnis Laundry yang lain yang lebih dulu ada ditempat yang akan anda gunakan untuk memulainya bisnis laundry. Untuk itu, pastikan Anda menentukan harga yang dapat bersaing dengan bisnis Laundry yang lain.

Tentukan harga yang pasti sesuai dengan kualitasnya, bahwa harga yang Anda tawarkan sesuai dengan kualitas yang akan diterima pelanggan anda .Dalam menentukan harga ini Anda juga harus berkaca dari sasaran khalayak Laundry Anda. Jangan sampai Anda menetapkan harga yang terlalu tinggi apabila memang Anda menyasar kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran. Sebab kondisi ekonomi akan lebih berpengaruh pada alasan mereka memilih suatu Laundry.

3. Mempersiapkan manajemen Laundry yang baik

Meti pun masih  pemula, bukan berarti  tidak harus  memperhatikan manajemen Laundry. Percayalah, manajemen Laundry yang berantakan akan membawa bisnis Laundry pada kehancuran.

Sudah banyak pengusaha Laundry yang merasakan rugi besar hanya karena kurang memperhatikan manajemen Laundrynya, terutama manajemen keuangan. Tidak tahu secara akurat berapa uang pemasukan dan pengeluaran bisa membuat LaundryAnda bangkrut seketika.

4. Siapkan prosedur operasi standar dalam binatu dan jenis layanan

Sebelum membuka bisnis binatu, pertama-tama tentukan SOP yang kemudian akan diterapkan pada binatu Anda.SOP ini penting untuk tidak membesar-besarkan pengelolaan cucian. Agar sistem binatu berfungsi dengan baik, Anda harus mendaftar.SOP dimulai dengan menerima cucian, mencuci, mengeringkan, menyetrika, mengepak dan mengirim cucian

Selain SOP, jenis layanan juga harus disiapkan. Apakah Anda hanya fokus pada layanan binatu atau apakah Anda juga ingin membuka layanan binatu? Juga pertimbangkan keahlian staf binatu Anda untuk jenis layanan ini.

5. Perhatikan waktu

Waktu sangat penting di sektor binatu. Untuk itu, Anda harus benar-benar menghargai cuaca.Karena kecepatan akan sangat terkait dengan kepuasan pelanggan Anda. Jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, bukan tidak mungkin jika terjadi kegagalan bisnis Anda karena reputasi atau penilaian buruk dari pihak pelanggan. Ingat bahwa umpan balik pelanggan akan menentukan keberlanjutan bisnis Anda.

Jadi pastikan bahwa ketika Anda menjanjikan waktu kepada pelanggan, mereka dapat menerima pakaian mereka dalam waktu yang ditentukan. Jangan sampai pelanggan menjemputnya, Anda mengatakan bahwa pakaiannya belum dicuci.

Kekecewaan pelanggan bisa menjadi mimpi buruk Anda. Mereka dapat berbagi pengalaman buruk mereka dengan orang lain dan memengaruhi kinerja bisnis Anda. Untuk melakukan ini, pastikan Anda dapat menghargai waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk puas dengan layanan Anda.

Demikian Bisnis laundry di perkotaan besar, terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

0 Response to "BISNIS LAUNDRY DI PERKOTAAN BESAR"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak