INFEKSI GINJAL PADA WANITA DAN GEJALANYA

Kebanyakan dari wanita kadang mendapati mereka merasakan sakit pada saat buang air kecil ini yang mereka remehkan dan dianggap biasa saja dan akan membaik dengan sendirinya. Faktanya, ini bisa menunjukkan bahwa wanita bisa saja terkena gejala infeksi saluran kemih, bahkan infeksi tersebut telah menyebar ke ginjal. Karena itu, penting bagi setiap wanita  untuk mengetahui gejala dini infeksi ginjal  sebelum terlambat.

Agar tidak bingung, perhatikan gejala khas infeksi ginjal yang terkadang dialami oleh wanita berikut ini:

1. Sering buang air  kecil yang disertai sakit nyeri
Infeksi ginjal pada wanita dapat diamati dari gejalanya dengan adanya perubahan banyaknya buang air kecil. Jika tiba-tiba sering buang air kecil dan merasa sakit, itu bisa menunjukkan bahwa ginjal  terinfeksi. Staci Leisman, MD, seorang ahli penyakit dalam dan nefrologi di Rumah Sakit Mount Sinai, mengatakan hal itu dapat menunjukkan bahwa bakteri dalam kandung kemih sudah mulai menyerang ginjal. Dan juga mungkin merasakan sakit, terbakar, dan sakit saat buang air kecil. Ketika aliran urin mempengaruhi lapisan uretra yang meradang, itu menyebabkan rasa sakit dan panas saat buang air kecil.

2. Merasakan Sakit Demam
Semua jenis infeksi yang terjadi pada organ tubuh apa pun akan memicu respons imun, termasuk di ginjal. Ketika ginjal mulai terinfeksi, reaksi tubuh terhadap bakteri menyebabkan kenaikan suhu tubuh. Tubuh Anda biasanya akan kedinginan, tetapi pada saat yang sama, akan lebih banyak berkeringat di malam hari.

3. Sakit Nyeri pada punggung
Ginjal terletak di belakang rongga perut dan cenderung bergerak lebih dekat ke belakang. Ginjal yang terinfeksi secara bertahap akan membengkak dan menekan kapsul ginjal yang menutupinya. Karena ginjal terletak lebih dekat ke belakang daripada perut, ini dapat menyebabkan rasa sakit di punggung bawah. Dokter biasanya akan memerika bagian ini dengan mengetuk pelan ke bagian punggung  untuk memastikan penyebabnya. Jika terasa sakit, maka hal ini bisa jadi gejala infeksi ginjal.

4. Sakit di bagian perut
Selain sakit nyeri di punggung, gejala paling umum dari infeksi ginjal pada wanita adalah sakit di bagian perut. Meskipun tidak semua wanita mengalami sakit perut ketika ginjal mereka terinfeksi.Meskipun letaknya cukup jauh dari perut, tidak mengesampingkan bahwa nyeri ginjal menyebar ke organ lain, termasuk perut. Untuk menentukan penyebab sakit perut akibat infeksi ginjal atau penyakit lain, segera konsultasikan ke dokter.

5. Merasa Mual dan muntah
Beberapa wanita mengalami mual dan muntah ketika ginjal mereka terinfeksi. Sama seperti demam, peradangan dan infeksi dalam tubuh akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan. Salah satunya merangsang mual dan muntah, untuk menentukan penyebab mual dan muntah akibat infeksi ginjal atau tanda penyebab sakit lainya segera konsultasi ke dokter.

6. Terlihat adanya nanah dan darah dalam urine
Pada saat buang air kecil, pertimbangkan warna dan kondisi urin. Apakah ada darah atau nanah di dalam urine? Jika demikian, Anda bisa mengalami infeksi ginjal. Faktanya, sistem kekebalan Anda mencoba melawan bakteri yang menyebabkan infeksi dan, pada akhirnya, menyebabkan sel-sel darah merah terbawa dalam urin. Selain itu, radang uretra dapat memicu perdarahan dan menyebabkan pendarahan urin. Dalam kasus infeksi ginjal yang parah, Anda juga dapat menemukan nanah dalam urin. Menurut Nicole Ali, MD, ahli saraf di NYU Langone Health di New York, nanah berasal dari akumulasi sel darah putih dan bakteri yang keluar dengan urin.

7. Air kencing berwarna keruh dan juga berbau
Gejala infeksi ginjal pada wanita sangat mirip dengan gejala infeksi yang diakibatkan oleh jamur pada bagian vagina. Perbedaannya adalah bahwa gejala infeksi ginjal tidak disertai dengan keluarnya keputihan atau kelurnya cairan lainnya. Infeksi ginjal biasanya ditandai dengan adanya plak yang membuat urin keruh dan berbau. Sekali lagi, ini disebabkan oleh peningkatan jumlah sel darah putih terhadap bakteri, membuat warna pada urin menjadi keruh. Sementara itu, bau yang tercium tidak sedap dalam urin adalah hasil dari adanya jamur dan bakteri. Tapi hati-hati, hal itu juga bisa menunjukkan bahwa Anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk membedakannya, cobalah minum banyak air putih. Jika warna urin masih keruh dan berbau, itu adalah gejala infeksi ginjal yang perlu Anda ketahui.

Demikian gejala yang pada wanita yang yang ginjalnya terinfeksi. Segera periksa kedokter bila mengalami gejala diatas. Terima kasih salam hangat Nilibas.

0 Response to " INFEKSI GINJAL PADA WANITA DAN GEJALANYA"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak