PENGERTIAN TUTORIAL

Dizaman yang semakin canggih sekarang ini dikarenakan adanya perkembangan di dunia digital semakin melaju dengan pesat, kita juga harus selalu waspada, dan berhati hati dalam mengambil langkah-langkah yang akan kita lakukan dengan cara yang tepat.

Begitu juga dengan banyaknya metode pembelajaran yang saat ini sudah semakin canggih dan berkembang sangat cepat. Siapapun dapat membagikan tips dan tutorial tentang apa saja melalui media sosial yang semakin memudahkan manusia dalam berbagi hal apapun.

Banyaknya tutorial yang ada di media memang sangat bermanfaat buat kita. Namun, kita juga jangan sampai salah untuk memilih Informasi tepat. Mana yang benar dan sesuai yang tidak menyesatkan, mana yang tidak benar dan bisa merugikan kita.

Salah satunya dalam memilih tutorial yang banyak di dunia internet. Apa sebenarnya yang dimaksud dengant tutorial itu sendiri?

Tutorial adalah suatu metode untuk memberikan solusi suatu hal dengan cara mentransfer  suatu pengetahuan  yang dapat digunakan sebagai bahan panduan yang merupakan bagian dari proses pembelajaran. 

Dengan adanya metode ini maka proses pembelajaran akan lebih interaktif dan spesifik dari pada buku atau kuliah, tutorial ini merupakan suatu cara dalam memberikan informasi  untuk kepada siapa saja, dengan berusaha mengajar praktis dan memberikan contoh yang nyata dan menyediakan informasi yang lengkap untuk menyelesaikan suatu hal atau tugas tertentu.

Sebuah tutorial dapat diambil dalam berbagai bentuk, mulai dari serangkaian instruksi untuk menyelesaikan tugas hingga sesi pemecahan masalah yang di sajikan secara interaktif.

Tutorial secara akademis diantaranya:

1. Sekolah tutorial
Ada juga sekolah khusus untuk les/ program pembelajaran langsung dan tambahan 

2. Tutorial konferensi
Ditawarkan sebagai layanan atau dikirim ke anggotanya, tutorial konferensi adalah salah satu contoh dari kegiatan pendidikan berkelanjutan yang disponsori oleh asosiasi teknis dan profesional.

3. Studi pribadi
Tutorial Studi pribadi  juga dapat berarti sesi untuk pekerjaan rumah atau studi pribadi lainnya. 

4. Internet
Tutorial komputer internet dapat berupa rekaman layar ( screencast ), dokumen tertulis (daring atau yang dapat diunduh), tutorial interaktif , atau file audio, di mana seseorang akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara melakukan sesuatu.

Tutorial biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

Presentasi tampilan biasanya menjelaskan dan menunjukkan kepada pengguna antarmuka pengguna

Peragaan proses, menggunakan contoh untuk menunjukkan bagaimana alur kerja atau proses yang harus diselesaikan sering dipecah menjadi modul atau bagian terpisah.

Beberapa metode ulasan yang memperkuat atau menguji pemahaman konten dalam modul atau bagian terkait.

Transisi ke modul atau bagian tambahan yang dibangun berdasarkan instruksi yang telah disediakan. Tutorial bisa linear atau bercabang.

Sementara banyak penulis merujuk pada daftar instruksi atau tips belaka sebagai tutorial, penggunaan ini bisa menyesatkan.

Demikian sedikit pembahasan  pengertian tutorial yang bisa saya sampaikan, bila ada yang ingin menambahkan silahkan bisa menambahkanya di kolom komentar ,terima kasih atas kunjungannya salam hangat Nilibas.

0 Response to "PENGERTIAN TUTORIAL"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak