PENGERTIAN BLOGGER DAN SEJARAHNYA

PENGERTIAN BLOGGER DAN SEJARAHNYA
Apkah ada yang sudah tahu seputar media Blogger ini? Yang sekarang ini mulaih cukup populer di masyarakat Indonesia kususnya dan bahkan sudah mulai mendunia tentunya. Blogger adalah sebuah layanan media publikasi  yang dibuat oleh Pyra Labs dan akhirnya dikuasai oleh Google pada tahun 2002.
Media blogger ini yang dihost oleh Google.com berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain.Cara mendaftar blogger pun mudah dan juga gratis.

Pengertian blogger

Blogger adalah sebuah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis

blogger juga didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Jadi, apa itu blogger?

Blogger adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

Sejarah blogger

Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat untuk publikasi  pertama di dunia. Pada Februari 2003, blogger diakuisisi oleh Google,  yang sebelumnya dikomersialkan, menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan menggabungkan dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya. Dan juga Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta pada tanggal 14 Agustus 2006, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memindahkan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru.

Dan Pada Desember 2006, versi baru ini lolos dan keluar dari tahap beta dan Mei 2007, Blogger selesai memindahkan seluruh  data penggunanya ke server Google.Layanan ini lebih stabil karena kualitas server yang dimiliki Google lebih baik dari sebelumnya

Seiring dengan pemindahan layanan Blogger ke server Google ini, beberapa fitur baru diperkenalkan, meliputi manajemen label, antarmuka penataan layout template dengan cara geser-dan-letakan yang dengan cara drag-and-drop, izin pembacaan blog ,untuk membuat blog-blog pribadi dan opsi web feed yang baru. 

Dan kini setiap blog diperbaharui secara dinamis, berbeda dengan sebelumnya di mana setiap posting atau komentar baru diperlakukan dengan menulis ulang file HTML.

Google memperkenalkan fitur baru sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh Pada Bulan September 2009. Fitur tersebut meliputi tampilan baru untuk menulis post, penyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs lainnya, seperti:
  • Menambahkan lokasi penulisan di post.
  • Penanggalan tulisan ditentukan pada saat publikasi, bukan saat pembuatan.
  • Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
  • Layanan penuh bagi Safari 3.
  • Tampilan pratayang yang menampilkan postdengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font ketika tulisan tersebut dipublikasikan.
  • Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol Undo serta Redo.
Itulah sedikit pengertian dari pada media Blogger dan sedikit perkembangan yg diketahui .sekarang ini blogger sudah banyak perubahan dan bahkan bloger sekarang ini bisa menjadi sumber penghasilan bagi para bloger yang sudah sukses dan profesional.

0 Response to "PENGERTIAN BLOGGER DAN SEJARAHNYA"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak