Waspadalah Penipuan Berbasis SMS dan Telepon Sedang Mengintai Anda

Waspadalah, penipuan berbasis SMS

Bagi para pengguna Hp sekarang ini untuk selalu waspada terhadap maraknya, penipuan  melalui SMS dan Telepon memang sedang gencarnya dilakukan oleh para penipu untuk meraup untung yang besar.

Penyebab ini semua adalah karena rendahnya tingkat ekonomi dan pendidikan di masyarakat Indonesia pada saat ini, sehingga masih banyak masyarakat yang mudah dikelabui oleh para penipu. 

Penipuan yang marak terjadi di Indonesia seringkali mengatas namakan dari operator telekomunikasi, atau dari bank, ojek online, online shop dan sebagainya.

Penipu ini juga, sama seperti halnya teknologi dan ilmu pasti lainnya yang selalu update, jika dirasa oleh penipu sudah tidak menguntungkan dan kurang efektif, metode penipuan pun akan selalu di update juga demi untuk terus bisa mengecoh korban-korbannya.

Mengenali SMS atau telepon penipuan ini sebenarnya sangat mudah sekali. Karena itu jika kita mendapati itu berupa SMS atau telepon. Jangan terpancing suatu iming-iming yang diberikan penipu dengan diharuskan untuk mentransfer sejumlah uang.

Berikut beberapa jenis penipuan SMS dan telepon yang kerap terjadi:


1. Penipuan Undian Berhadiah

Anda tidak pernah ikut undian tapi tiba-tiba mendapatkan kabar bahwa Andalah pemenangnya. Modus penipuan seperti ini sering terjadi entah itu via SMS atau telepon yang ingin mengambil dana dari rekening Anda dan seringkali Anda merasa terhipnotis dengan iming-iming hadiah yang diberikan karena Anda sudah kaget duluan mendapatkan hadiah bagaikan mendapat durian runtuh.

Ciri lain dari penipuan berkedok undian berhadiah adalah alamat website yang abal-abal untuk pengumuman yang bukan merupakan website resmi penyelenggara undian.

Penyelenggara resmi undian berhadiah selalu memasang promo undian diwebsite resmi mereka atau pengumuman pemenang dipasang langsung diwebsite resminya. Penyelenggara undian berhadiah tidak akan meminta pemenang untuk mentransfer sejumlah uang.

Jika Anda merasa tidak pernah ikutan kuis dan tiba-tiba dinyatakan sebagai pemenang, langsung tutup telepon atau tidak perlu menanggapi dan abaikan pesan yang diterima.

Cek ke call center resmi penyelenggara apakah benar mereka menyelenggarakan undian berhadiah tersebut.

2. Penipuan Berasal dari Nomor Tidak Dikenal

Apabila Anda mendapatkan SMS atau telepon dari nomor umum yang tidak dikenal yang menginformasikan Anda menjadi pemenang undian berhadiah, abaikan saja. Karena penyelenggara undian resmi tidak akan menggunakan nomor umum untuk menghubungi pemenang karena terlihat tidak profesional.

Modus penipuan lain adalah SMS atau telepon dari nomor tidak dikenal yang memberitahukan bahwa ada sanak keluarga yang mendapatkan musibah kecelakaan dan membutuhkan perawatan dan penipu meminta sejumlah dana untuk pengobatan. Jangan Panik dan sesegera mungkin untuk cross check ke rumah atau sanak saudara bila Anda mendapatkan informasi penipuan seperti ini. untuk menanyakan kabar keluarga.

Modus lain adalah SMS atau telepon yang mengatasnamakan kepolisian yang mengabarkan bahwa ada sanak keluarga yang terlibat narkoba dan meminta dana untuk ditebus bebas dari jeratan hukum. Abaikan modus ini, bila perlu tanyakan nama petugas dan dari kesatuan mana dari penipu tersebut atau ancam untuk melaporkan ke pihak kepolisian.

3. Mengaku Teman Tanpa Identitas

Modus penipuan lain adalah mengaku sebagai keluarga dan panik minta bantuan darurat. Umumnya secara mendadak penipu menelpon Anda dan becanda sok akrab seolah-olah dia adalah teman Anda tapi tidak menyebutkan nama.

Penipu akan membuat Anda lengah dan membawa obrolan yang lebih jauh dan memainkan emosi misalkan sedang membutuhkan bantuan emergency misalkan kecelakaan dan meminjam uang untuk keperluan mendadak tersebut.

Bila Anda terlena dan akal sehat Anda goyah, penipu akan meminta Anda mentransfer uang. Untuk mengatasi modus penipuan ini, cobalah tenang disituasi sesulit apapun dan tetap berpikir jernih untuk memastikan apakah aksi itu penipuan atau bukan.

4. Meminta Data Pribadi

Modus penipuan yang juga cukup marak adalah penipuan yang mengatas namakan bank yang meminta data pribadi yang berhubungan dengan data perbankan. Perlu Anda ketahui, pihak bank tidak pernah dan tidak akan meminta data pribadi dalam perbankan Anda atau detil transaksi Anda yang berhubungan dengan kartu kredit.

Bila Anda menemui penipuan telepon yang meminta data kartu kredit Anda, abaikan saja dan tanyakan balik maksud dan tujuannya. 

Cross check ke pihak bank atau layanan e-commerce tempat Anda melakukan transaksi agar Anda terhindar dari penipuan kartu kredit.


Agar Anda tidak terjebak dalam penipuan SMS dan telepon, ini yang bisa Anda lakukan:

1. Cari informasi mengenai undian yang berlangsung dimana Anda menjadi pemenangnya, apakah undian tersebut resmi atau tidak dapat dilihat di website resmi penyelenggara undian, misalkan operator telekomunikasi, bank dll.


2. Telepon ke call center institusi resmi yang dijadikan modus penipuan untuk menanyakan apakah undian tersebut resmi atau tidak.

3. Cari informasi ke sanak keluarga terdekat bila Anda merasa mendapatkan kabar penipuan yang berhubungan dengan keluarga Anda.
Jangan terpancing iming-iming hadiah yang besar terhadap undian yang tidak pernah Anda ikuti.
Masih banyak modus penipuan berkedok SMS atau telepon yang sering terjadi. Modus penipuan di atas adalah sebagai contoh yang perlu diwaspadai disamping modus yang lain. Kunci utama adalah selalu berpikir jernih agar bisa menilai aksi yang sedang Anda hadapi adalah penipuan atau tidak.

Demikian mengenai maraknya penipuan yang sekarang ini cukup banyak korbanya. agar kita selalu waspada terhadap penipuan dengan berbagai modus dan kedok. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

0 Response to "Waspadalah Penipuan Berbasis SMS dan Telepon Sedang Mengintai Anda "

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak