Iklan AdSense Tidak Tampil di Blog Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Iklan AdSense Tidak Tampil di Blog Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya
Pertanyaan yang sering Muncul di suatu forum blogger dan AdSense. Mengapa iklan Adsense tidak tampil di blog saya? Apa yah yang salah? Lantas Bagaimana cara mengatasinya? Ini merupakan masalah yang sulit untuk di pecahkan karena kita harus mengetahu dahulu penyebabnya. Dan bagi masing-masing blogger penyebabnya bisa jadi berbeda satu sama lainya.


Sebelum kita mencari penyebab  iklan AdSense tidak tampil di blog kita. Alangkah baiknya kalau kita masuk terlebih dahulu ke akun AdSensenya, Untuk pastikan bahwa tidak ada peringatan atau catatan apapun dari Google terkait penayangan iklan di akunAdSense.


Memang tidak sedikit para blogger yang tidak memiliki petunjuk apapun bagaimana cara untuk memecah masalah tersebut.  Untuk mengatasinya; biasanya harus memeriksa secara manual terhadap blog yang bersangkutan lalu mencoba  untuk mencari apa yang salah.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa penyebab yang paling umum mengapa iklan Adsense tidak tampil di blog:

1.Up grade akun Hosted menjadi akun Nonhosted

Ini terjadi jika  meng-upgrade blog blogspot.com ke custom domain. Sekali pindah ke custom domain, blog bukan lagi bagian dari platform hosted Adsense, karenanya iklan Adsense akan berhenti ditayangkan. solusinya harus mendaftarkan ulang blognya ke akun AdSense hingga di setujui kembali

2. Unit iklan baru

Pada umumnya, iklan akan mulai ditampilkan paling lambat 15 menit setelah unit iklan dibuat. Tapi terkadang, butuh waktu hingga 1 jam lamanya sampai iklan tampil. Untuk itu, jika  baru saja membuat unit iklan baru, tidak perlu panik. Coba refresh halaman setiap 5 menit, dan jika setelah 1 jam iklan tidak tampil juga, baru Kamu berusaha cari apa penyebabnya.

3. Skrip iklan belum terpasang di blog

Karena Skrip iklan harus benar-benar  sudah terpasang diblog  kalau ini belum di lakukan maka iklan tidak akan tampil di blog

Banyak yang menggunakan widget pada CMS yang digunakan untuk memasang iklan Adsense, dan ini sangat memungkinkan widget Adsense tidak bekerja dengan benar. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa source code halaman.

Klik kanan pada halaman, lalu klik “Lihat sumber halaman”. Sekarang coba cari script AdSense pada kode sumber. Apakah  menemukan kode script iklan terpasang dengan benar? Jika tidak, coba periksa setting widget. Pastikan juga menggunakan ID penayangan yang benar dan script terpasang dengan sintaks yang benar.

4. Script Asinkron

Apakah menggunakan kode iklan asinkron? Ini adalah tergolong script terbaru AdSense dan merupakan cara yang lebih efisien untuk menayangkan iklan, dan secara umum sangat bermanfaat untuk me-load iklan tanpa banyak mempengaruhi waktu pemuatan halaman.

Namun demikian, diketahui pula, bahwa kode asinkron ini memiliki masalah kompatibilitas dengan banyak script lainnya. Beberapa skrip lainnya, mungkin memblokir kode asinkron AdSense untuk menampilkan iklan.

Untuk itu, cobalah menggunakan kode iklan AdSense biasa, dan lihat apakah bisa bekerja dengan baik. Jika ya, baru kemudian  cari script mana yang kira-kira bermasalah dengan skrip  asinkron AdSense.

5. Terlalu banyak widget dan script

Karena terlalu bayak Widget yang terpasang, Terkadang beberapa di antaranya mungkin memblokir iklan. Sebagai langkah awal, coba catat semua widget atau script yang  digunakan di blog. Kemudian buang dulu semuanya. Cek, apakah iklan AdSense bisa tampil setelah memberinya waktu load yang lebih banyak.

Jika ternyata iklan dapat tampil, maka dapat menambahkan widget dan script tadi satu per satu, untuk menemukan mana yang bermasalah dengan iklan AdSense.

6. Tertutup elemen lain

Dalam beberapa kasus, Kadang menemukan blogger yang memasang iklan AdSense tapi tertutup oleh elemen lain pada halaman, yang disebabkan susunan  tag kontainer lainnya. Cobalah untuk memindahkan iklan AdSense pada lokasi lain dan lihat apakah iklan bisa muncul atau tidak.

7. Review tahap kedua

Google menerapkan 2 tahap review dalam proses persetujuan AdSense. Pada saat Kamu mendaftar, Kamu akan dapatkan jawaban cepat, persetujuan tahap pertama. Pada tahap ini, Memang sudah bisa membuat unit iklan dan memasangnya di blog. Namun, alih-alih menampilkan iklan sesungguhnya,  mungkin hanya akan melihat space kosong.

Nah, setelah iklan yang terpasang tadi mulai mendapat impresi, maka akun  akan masuk ke daftar antrian, lalu pada gilirannya tim AdSense akan me-review-nya. Hanya setelah  lolos dalam proses review kedua inilah, iklan akan ditayangkan.

8. Ads Blocker

Jika Kamu tidak melihat tampilan iklan, sementara orang lain melihat iklan di blog, maka ini bisa jadi kerjaan dari virus, antivirus atau aplikasi pemblokir iklan yang mencegah Kamu melihat iklan. Periksa ekstensi browser atau antivirus untuk melihat apakah mereka memblokir iklan yang Muncul.

9. Iklan pernah dinon-aktifkan sebelumnya

Jika akun sebelumnya pernah dinon-aktifkan menampilkan iklan di blog tertentu karena pelanggaran tertentu, maka butuh waktu hingga 48 jam agar iklan tampil kembali.

10. Verifikasi PIN

Jika pihak Adsense telah mengirimkan PIN tapi pin tersebut tidak memasukkan ke akun AdSensenya, maka iklan juga tidak akan ditampilkan lagi, sampai  berhasil memverifikasi alamat yang benar.

11. Kode Iklan Belum di parse

Parse adalah cara mengubah atau mengkonversi kode iklan Google AdSense  agar dapat disisipkan ke dalam template Blogger. Jika, kode iklan Google AdSense tidak di parse, maka biasanya iklan tidak akan tampil di blog. Untuk memparse kode iklan Google AdSense ini, kita hanya memerlukan yang namanya sebuah Tools Parse. Ada banyak sekali situs atau website yang menyediakan Tools Parse ini secara gratis,

Demikian ulasan mengenai iklan adsen tidak tampil di blog semoga bermanfaat buat kita semua

0 Response to " Iklan AdSense Tidak Tampil di Blog Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak