MENGENAL CABE HITAM DAN MANFATNYA UNTUK KESEHATAN

Cabai hitam atau Lombok hitam nama lainya dalam bahasa inggris adalah Black Hungarian Pepper / Black Royal adalah satu jenis tanaman cabai yang mulai banyak ditanam oleh para penggemar tanaman hias. Pada dasarnya cabai hitam yang memiliki nama ilmiah Capsicum annuum longum adalah satu satu jenis cabai rawit yang sering kita gunakan dalam bumbu memasak di dapur kita. 

Namun perbedaan yang sangat mencolok adalah scoville heat units (SHU)  adalah di antara 5,000 hingga 10,000. Tentunya jauh dari level kepedasan cabe rawit yang berwana orage atau cenderung ke merah terang yang sering kita temuka di pasar-pasar tradisional yakni 30,000 hingga 50,000 SHU. Bagi yang maniak pedas pastinya level kepedasan itu tidak begitu menantang. Dengan kata lain, kepedasannya tidak seperti warna yang dihasilkannya.

Black Hungarian Pepper/ Black Royal di Indoensia banyak dikenal sebagai salah saatu tanaman hias. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunga yang dihasilkannya berwana ungu atau warna yang sering dominan kita lihat pada tanaman jenis anggrek atau lavender. Tanaman yang mengashilkan wana ungu adalah satu primadona tanaman hias di Indonesia bahkan di beberapa negara.

Cabe hitam atau Lombok hitam termasuk pada golongan tanaman Heirloom Open Pollination atau tanaman yang melakukan penyerbukan di luar wilayah tanamnya. Jenis tanaman ini membutuhkan bantuan angin, serangga, atau burung untuk melakukan penyerbukaan. Tanaman jenis ini sangat cocok ditanam di tempat dengan temperatur hangat hingga panas seperti Indonesia (tropical zone).

Selain itu arti Heirloom dalam kata di atas adalah salah satu jenis tanaman hias yang menambah warna-warni di rumah anda atau kebun anda. Apalagi jenis tanaman ini adalah jenis tanaman keras yang mudah beradaptasi di kondisi apa pun.

Cabe hitam memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh yaitu:

1.Meningkatkan metabolisme tubuh

Dari mengonsumsi cabe hitam tanpa kita sadari cabe hitam memiliki peranan penting untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita. Karena itu tidak ada salahnya dong kalo kita mengonsumsi cabe hitam.

2.Jantung lebih sehat

Jantung merupakan bagian penting dalam tubuh manusia, karena jantung memompa darah ke seluruh tubuh manusia sehingga jantung merupakan komponen utama dalam kehidupan manusia. Cabe hitam memiliki fungsi untuk membuat jantung lebih sehat tetapi mengonsumsinya jangan berlebihan karena hal yang berlebihan itu juga tidak baik.

3.Menurunkan berat badan
Bagi yang kesusahan untuk menurunkan berat badan, cabe hitam mungkin salah satu solusi untuk menurunkan berat badan walaupun prosesnya tidak sebentar jika tekun dalam melakukannya pasti akan berhasil, cara yang dapat digunakan yaitu mencampurkan dengan nasi dan juga lauk. Tetapi jika ingin hasil yang maksimal harus diimbangi dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

4.Dapat meredakan sakit tenggorokan

Manfaat yang selanjutnya yaitu dapat meredakan sakit tenggorokan, cabe hitam bisa meredakan sakit tenggorokan dengan cara mengonsumsinya secara langsung dengan rutin hingga sakit tenggorokannya hilang.

5.Dapat meredakan sakit nyeri

Pasti tidak enak bila ada rasa nyeri di tubuh tapi cabe hitam dapat meredakannya dengan cara mengonsumsi secara rutin.

Dapat kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari cabe hitam jadi masyarakat yang belum mengetahui apa itu cabe hitam, tapi setelah membaca artikel ini kalian akan mengetahui tentang cabe hitam.

Di sebagian wilayah di indonesia ada yang belum mengetahui tentang cabe hitam, mungkin mereka mengira cabe hitam adalah cabe yang berbahaya karena dari warna nya terlihat menyeramkan, namun rasanya tidak semengerikan warnanya. 

Itulah sedikit ulasan mengenai cabai hitam semoga bermanfaat bagi orang yang belum mengetahui apa itu cabe hitam.

0 Response to "MENGENAL CABE HITAM DAN MANFATNYA UNTUK KESEHATAN"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak