Perkembangan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Bahasa ini berasal dari bahasa Melayu yang telah digunakan di Nusantara sejak abad ke-7.

Asal-usul bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang telah digunakan di Nusantara sejak abad ke-7. Bahasa Melayu ini digunakan sebagai bahasa perdagangan dan perhubungan antara berbagai kerajaan dan suku bangsa di Nusantara.

Perkembangan bahasa Indonesia

Pada abad ke-19, bahasa Melayu mulai digunakan sebagai bahasa resmi oleh pemerintah kolonial Belanda. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan untuk berkomunikasi dengan masyarakat pribumi.

Pada abad ke-20, bahasa Melayu mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini disebabkan oleh munculnya kesadaran nasional di kalangan masyarakat Indonesia.

Pada tahun 1928, para pemuda Indonesia mengikrarkan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia. Ikrar ini dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Pembakuan bahasa Indonesia

Pembakuan bahasa Indonesia dimulai pada tahun 1945, setelah Indonesia merdeka. Proses pembakuan ini dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) yang saat itu bernama Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Pada tahun 1972, ditetapkanlah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) sebagai ejaan baku bahasa Indonesia. EYD menggantikan ejaan sebelumnya, yaitu Ejaan Van Ophuijsen.

Perkembangan bahasa Indonesia saat ini

Bahasa Indonesia terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Bahasa Indonesia kini digunakan di berbagai bidang, seperti pendidikan, pemerintahan, media massa, dan hiburan.

Kesimpulan

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya dan dinamis. Bahasa ini terus berkembang dan menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Indonesia.

0 Response to "Perkembangan Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak