Manfaat Tanaman Kersen yang Sangat Luar Biasa

Kersen,seri,ceri, talok atau kerukup siam dengan nama latinMuntingia calabura sunting secara lokal disebut dengan kersen atau kersem adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri  

Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri

Kersen atau talok merupakan tumbuhan berbuah kecil yang bentuknya mirip ceri dan memiliki rasa manis jika sudah matang. Kersen tumbuh di beberapa negara di Asia Tenggara, di antaranya Filipina, Vietnam, Laos, Thailand, Kamboja, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri kita dapat dengan mudah menemukan tumbuhan ini di berbagai tempat.

Diketahui, tumbuhan yang bisa tumbuh hingga 12 meter ini ternyata buahnya mengandung berbagai gizi. Di antaranya air, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karotin, vitamin B1, riboflavin, niacin, dan vitamin C.

Bagian-bagian lain dari pohon kersen atau talok, yakni bunga, daun, dan pepagan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kersen atau talok dapat mengobati sakit encok atau asam urat, kram perut, dan mengurangi demam.

Berikut ini manfaat kersen atau talok dilansir dari steemit.com.

1. Antioksidan

Berdasarkan penelitian, buah kersen atau talok mempunyai kadar antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

2. Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau dapat digunakan sebagai antiseptik. Sifat anti-bakteri berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun talok, seperti tanin, flavonoid, dan saponin.

3. Antiinflamasi, mengurangi demam

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat antiinflamasi dan juga dapat mengurangi demam. Daun talok dapat dikonsumsi dengan cara seperti menyeduh teh.

Caranya: keringkan daun talok, kemudian tumbuk, dan hasil tumbukan dapat ditambah gula atau madu lalu diseduh.

4. Anti tumor/kanker

Daun talok juga memiliki efek anti tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki daun tumbuhan ini diketahui dapat menghambat sel kanker.

5. Mengobati asam urat

Talok sering digunakan untuk mencegah encok atau asam urat dan bisa menghilangkan rasa sakit yang disebabkan penyakit ini.

6. Melindungi hati

Ekstrak daun talok dapat melindungi miokardium yakni dengan cara membatasi kebocoran enzim dari miokardium.

7. Keram perut

Bunga kersen atau talok dapat digunakan sebagai antiseptik dan mengobati kram perut.

Caranya: merebus bunga kersen atau talok, kemudian meminum air rebusan dari bunga tersebut.

Itulah manfaat Tanaman kersen yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh.Terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Tanaman Kersen yang Sangat Luar Biasa"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak