Fitur Ferifikasi Muka Driver Go-Jek

Untuk Mitra Driver. Untuk keamanan Akun Drivernya dari Penyalahgunaan Gojek merillis Fitur verifikasi muka.
verivikasi

Demi keamanan & melindungi Mitra Driver dari penyalahgunaan akun, Gojek merilis fitur ‘Verifikasi Muka’ atau ‘Vermuk’ di Aplikasi Driver.

Fitur Verifikasi Muka adalah fitur biometrik pengenalan wajah & ditambahkan pada proses login ke Aplikasi Driver untuk memperketat keamanan akun dan aplikasi. Fitur saat ini masih dirilis secara bertahap dan akan hadir jika Anda telah menggunakan Aplikasi Driver versi 4.19.1.

Sebelum vermuk, yuk kenali dulu kriteria foto yang baik

1. Seluruh wajah terlihat jelas tanpa memakai aksesoris apapun seperti helm, topi, masker atau penutup mulut, & kacamata
verivikasi
2. Tidak ada rambut yang menutupi wajah
verivikasi
3. Pencahayaan baik & pas, tidak terlihat gelap/redup, tidak ada cahaya berlebihan di latar belakang, tidak terlalu terang, tidak ada bayangan.
verivikasi
4. Asli & tidak diedit (bukan menggunakan foto yang telah dicetak/print terlebih dulu, tidak menggunakan filter)
5. Arah pandang saat vermuk harus mengarah lurus ke kamera dengan posisi wajah tengah bingkai
verivikasi

Bagaimana cara melakukan ‘Verifikasi Muka’?

Simak langkah-langkahnya di bawah atau Anda juga menontonnya di video ini.
1. Login ke Aplikasi Driver seperti biasa melalui kode rahasia (OTP)
2. Setelah memasukkan OTP & berhasil login, Anda akan mendapat tampilan seperti ini. Klik ‘Mulai vermuk’ untuk lanjut melakukan verifikasi melalui foto.
verivikasi
3. Pada tampilan ini, pastikan HP dalam kondisi tegak (bukan menyamping) & keseluruhan wajah Anda terlihat juga berada di dalam lingkaran. Penting diingat agar tidak menggunakan aksesoris berupa helm, masker, dan kacamata sebelum melakukan vermuk ya.
verivikasi
4. Jika wajah sudah terdeteksi, harap menahan posisi HP & wajah di dalam lingkaran hingga proses pengambilan foto selesai. Anda tidak diperlukan untuk memencet tombol apapun karena sistem akan secara otomatis mendeteksi wajah untuk mengambil foto.
5. Apabila verifikasi berhasil, maka Anda akan bisa langsung masuk ke halaman utama Aplikasi Driver
6. Apabila verifikasi tidak berhasil, Anda akan diinformasikan untuk mencoba foto ulang kembali dengan klik tombol ‘Coba lagi’. Pastikan Anda sudah mengikuti kriteria foto yang ditentukan ya.
verifikasi
7. Apabila setelah 3 kali mencoba masih gagal, segera telepon CS Gojek, siapkan KTP & SIM Anda ya. Atau, klik tombol ‘Kirim Laporan’ untuk informasi lebih lanjut.
verivikasi
Catatan:
Mulai 29 Juli 2020, untuk menghilangkan potensi terjadinya kasus pengambilalihan akun Mitra dan untuk menjaga keamanan pelanggan, akan ada Re-verifikasi muka.
Re-verifikasi muka adalah kegiatan pengenalan wajah biometrik yang wajib dilakukan oleh Mitra setiap harinya pada Aplikasi Driver.
Seberapa sering Re-verifikasi muka ini harus dilakukan oleh Mitra & bagaimanakah pelaksanaannya?
  • Saat ini, Mitra diwajibkan untuk melakukan kegiatan pengenalan wajah setidaknya sekali dalam sehari
  • Harus menggunakan versi Aplikasi Gojek Driver 4.22.0 atau versi yang lebih baru
  • Re-verifikasi muka akan timbul pada saat Mitra tidak sedang menjalankan order atau setelah order selesai. Dengan demikian, kegiatan ini tidak akan mengganggu kegiatan Mitra dalam mengambil order.
Catatan:
Jika gagal melakukan verifikasi muka, pastikan Anda mencoba minimal 3 kali dalam kurun waktu 12 jam sebelum menghubungi CS gojek ataupun email ke driversupport@gojek.com

Contoh:
Anda gagal melakukan re-verifikasi muka & telah mencoba pada jam 08.01 AM, 08.02 AM dan 08.03 AM, maka Anda dapat segera menghubungi CS gojek ataupun email ke driversupport@gojek.com sebelum pukul 20.00 PM untuk dapat diproses oleh tim CS Gojek.

0 Response to "Fitur Ferifikasi Muka Driver Go-Jek"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak