Kurma Buah Yang Dianjuran Rasulullah Untuk Buka Puasa

Pastinya sudah bukan Rahasia lagi kalau buah kurma menjadi menu faforit  buka puasa yang paling sering ditemukan saat bulan Ramadhan. Karena Rasulullah sangat menganjurkan, untuk mengonsumsi beberapa butir buah kurma saat berbuka puasa. 

Kehadiran buah kurma dipasar-pasar pun menjadi pertanda bahwa bulan puasa akan segera tiba. Sebenarnya, apa saja kelebihan  yang  terdapat di dalam buah kurma,mengapa menjadi buah yang sangat dianjurkan untuk menu buka puasa? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Buah Kurma Rasanya manis dan bisa menjadi penambah energi

Buah kurma yang berwarna kecokelatan ini memiliki rasa yang manis karena mengandung gula berupa glukosa atau fruktosa. Satu buah kurma tanpa biji sudah mengandung 23 kalori. Selain itu, serat buah manis ini juga sangat lambat dicerna dan dikeluarkan dari saluran pencernaan. Oleh karena itu, salah satu khasiat buah kurma adalah memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat menurunkan berat badan karena pengosongan makanan di lambung.

Jumlah kalori dalam kurma mencapai lebih dari 60 persen dan mengandung kalium serta asam salisilat. Buah ini menjadi sumber energi yang baik serta dapat berperan menjadi antinyeri dan mengurangi risiko terkena stroke.

2. Buah Kurma Kaya akan vitamin

Buah ini kaya akan vitamin berupa niasin, B6, riboflavin, tiamin, dan asam pantotenat. Selain itu, buah kurma ini mengandung mineral berupa tembaga, kalium, mangan, magnesium, zat besi dan fosfor, serta beberapa mineral makro seperti zink dan selenium. Dalam jumlah yang sama, kandungan kalium dalam kurma lebih banyak 260 persen dari jeruk dan nanas.

3. Buah Kurma Mengandung lemak tak jenuh

Kurma mengandung lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kehadiran lemak ini membantu tubuh untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K yang terdapat di dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal. Selain itu, buah ini aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Perbandingan kandungan kurma basah dan kering
Jenis buah kurma yang kering memiliki kandungan aktivitas oksidan, total fenolik dan flavanoid yang lebih tinggi dibandingkan buah kurma yang basah dan semi basah.

Kandungan gula kurma
Kandungan gula dalam buah kurma ini lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding daya absorbsi pati nasi yang menbutuhkan waktu berjam-jam. Oleh karena itu, buah kurnma ini sangat baik dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa.

Iulah mengapa Buah kurma sangat baik untuk menu buka puasa, sesuai anjuran Rasulullah. Teria kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

0 Response to "Kurma Buah Yang Dianjuran Rasulullah Untuk Buka Puasa"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak