Manfaat Tanaman Anting-anting untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Tanaman Anting-anting untuk Kesehatan yang Luar Biasa
Tanaman anting-anting yang memiliki nama latin Acalypha australis linn yang masih termasuk di dalam keluarga Euphobiaceae. 

Jika di Indonesia tumbuhan ini dinamakan dengan tumbuhan anting-anting maka jika di china tumbuhan ini dikenal dengan nama Tie Xian.

Apakah dari kita pernah melihat tanaman anting-anting tetapi namun belum mengetahui apa kegunaan bahkan nama dari tanaman tersebut, tanaman anting-anting ini sangat mudah ditemukan dan mudah tumbuh. 

Biasanya pohon ini dapat kita temukan bercampur dengan rumput-rumput liar, atau di semak -semak dimana saja asalkan tidak tumbuh pohon alang - alang disekitarnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik tanaman anting-anting :

Daun anting-anting:
Ciri daun anting-anting adalah bulat dan lonjong memiliki bentuk lanset dan letaknya berseling dengan ujung pada pangkal yang lancip serta pada tepi daun anting-anting ini bergerigi. Panjangnya dari daun anting-anting ini 2,5 hingga 8 cm dan memiliki lebar 1,5 hingga 3,5 cm.

Bunga Anting-anting:
Ciri Bunga anting-anting memiliki kelamin tunggal dan berumah satu yang keluar dari ketiak daun, bunganya kecil-kecil yang terkumpul dalam suatu rangkaian yang memiliki bentuk malai

Batang Anting-anting:
Ciri Tanaman anting-anting Memiliki batang dengan tinggi sekitar 30 sampai 60 cm, memiliki garis memanjang yang kasar

Buah Anting-anting:
Ciri Buah anting-anting berbentuk bulat, warna hitam.

Biji Anting-anting:
Tanaman Anting-anting memiliki biji berbentuk bulat panjang berwarna coklat

Untuk dapat meyakinkan apakah pohon tersebut adalah pohon anting-anting atau bukan, kita dapat mengeceknya dengen tes sederhana. 

Yaitu cukup dengan mencabut pohon tersebut hingga ke akar lalu biarkanlah beberapa saat, maka secara otomatis akan berdatangan kucing-kucing untuk memakan akar tanaman tersebut. 

Karena memang bagian akarnyalah yang bermanfaat bagi berbagai macam penyembuhan. Bahkan untuk kucing sekalipun dapat berguna untuk melancarkan pencernaannya.

Manfaat Tumbuhan Anting-Anting untuk Kesehatan :

Karena kandungan gizi dan nutrisi Acalypha Australis Linn diatas, sehingga terdapat manfaat tanaman anting-anting untuk kesehatan. 

Mungkin selama ini sebagian dari kita menganggap tumbuhan ini sebagai tumbuhan liar. Tapi, teryata memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, bahkan sekarang banyak yang membudidayakan bonsai anting putri. 

Inilah khasiat tanaman anting-anting bagi kesehatan :

1. Membantu pengobatan batuk
Bagian dari tanaman ini yang digunakan adalah bagian daunnya. Salah satu manfaat daun anting-anting ini adalah mengatasi batuk.  

Kandungan dari daunnya bisa meluruhkan dahak dalam saluran pernapasan. Sehingga, dahak bisa keluar dengan mudah dan batuk reda.

2. Mengatasi disentri
Khasiat anting-anting berikutnya juga dapat mengobati sakit disentri. Disentri merupakan penyakit akibat peradangan usus yang akhirnya menimbulkan gejala diare. 

Sementara tumbuhan ini bisa memberikan efek penenang pada usus, maka sangat tepat menggunakannya sebagai obat disentri secara alami.

3. Mengobati luka di kulit
Tanaman ini memiliki efek hemostatik yakni menghentikan pendarahan. Itu berarti bisa menyembuhkan luka terutama yang menimbulkan pendarahan. 

Tak hanya menghentikan pendarahan, melainkan juga bisa mengeringkan luka dengan cepat. Menggunakan tanaman anting-anting bisa mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

4. Menyembuhkan BAB berdarah
Sulit buang air besar bisa menyebabkan kondisi yang buruk bagi tubuh, apalagi sampai mengeluarkan darah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. 

Kamu dapat mengatasinya dengan mengambil manfaat daun anting-anting. Sebab, mengandung efek antibiotik yang dapat melawan bakteri penyebab bAB berdarah.

5. Mengobati infeksi saluran kemih
Seperti manfaat daun-daun dari tumbuhan liar lainnya, anting-antingan juga merupakan tanaman untuk mengobati asam urat. Namun, selain itu berguna dalam membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Hal itu karena adanya antibakteri di dalamnya.

Cara Memanfaatkan Tumbuhan Anting-Anting untuk Kesehatan :

Penggunaan tumbuhan anting anting untuk kesehatan bisa seperti jamu. Caranya mengambil daun sebanyak 30-60 g, lalu tambahkan dua gelas air dan rebus sampai tersisa satu gelas. Kemudian, bagi dua dan minum dua kali sehari. 

Langkah ini bisa dipakai untuk pengobatan asam urat, infeksi saluran kemih, BAB berdarah dan penyakit lainnya. Sedangkan bila ingin menyembuhkan luka berdarah atau luka bakar dengan cara menghaluskan daunnya, lalu dicampur dengan gula putih. Kemudian, terapkan pada kulit yang terluka.

Manfaat Tumbuhan Anting-Anting untuk Kecantikan :

Selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Anda bisa menggunakan tumbuhan ini sebagai perawatan kecantikan alami. Berikut manfaat tanaman anting-anting untuk kecantikan :

1. Menyembuhkan gangguan kulit
Koreng, psoriasi, dermatitis merupakan penyakit kulit yang bisa mengganggu penampilan. Bila kulit kamu memilih beberapa gangguan itu, pastilah tidak menyenangkan. 

Tidak hanya memperburuk penampilan, tetapi juga menimbulkan rasa gatal dan gejala lainnya. Kamu dapat mengambil khasiat anting-anting untuk mengobatinya. Sehingga, kulit kembali halus, bersih dan terbebas dari penyakit kulit.

2. Mengecilkan pori-pori
Efek astringent pada tanaman ini bisa mengecilkan pori-pori kulit. Jika pori-pori kulit mengecil, maka bisa menghindarkan beberapa masalah pada wajah. Selain itu, wajahpun menjadi cantik dan bisa mudah dalam meriasnya.

3. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit
Kalau kamu memiliki kulit berminyak atau produksi minyak tinggi, tentulah dapat membuat wajah kusam. Kamu bisa menghambat produksi minyak berlebih dalam kulit. Wajahpun tidak kusam lagi karena kebanyakan minyak.

4. Mencegah jerawat
Kalau minyak berlebih dapat diatasi, maka bisa menghindarkan wajah dari jerawat. Efek antibakteri pada tanaman anting-anting juga bisa membasmi bakteri di kulit, sehingga dapat mencegah terbentuknya jerawat dan masalah wajah lainnya.

Adapun cara untuk membuat ramuan  pengobatan penyakit Asam Urat adalah sebagai berikut:
  • 2 buah bonggol anting-anting kering dicuci bersih
  • Potong-potong bonggol anting-anting tersebut
  • Rebus di dalam 3 gelas air bersih dan didihkan sampai airnya tinggal 1 gelas
  • Biarkan dingin dalam suhu kamar
  • Setelah dingin minum dengan dosis dua kali sehari, masing-masing setengah gelas
Itulah manfaat yang luarbiasa dalam tanaman Anting-anting yang dianggap tanaman liar namun kasiatnya sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh.Terimakasih  atas kunjunganya.

0 Response to "Manfaat Tanaman Anting-anting untuk Kesehatan yang Luar Biasa"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak