Adab Bertamu

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

6 Adab-Adab Dalam Bertamu

1. Tidak Bertamu di siang bolong dan tengah malam.

Dilarang nya hal ini agar kita dapat saling menghargai waktu satu sama lain karena dau waktu tersebut adalah waktu istirahat dan tidak sepantasnya kita mengganggu saudara kita ketika sedang beristirahat.

2. Mengetuk pintu dan mengucapkan salam dengan suara yang sopan maksimal 3 kali.

Jika sudah mengetuk dan mengucapkan salam sebanyak 3 kali dan tidak di buka kan pintu maka kita di wajibkan untuk pergi karena pemilik rumah tidak mengizinkan untuk masuk rumah.

3. Ketika Mengetuk pintu hendak nya tidak berdiri di depan pintu dan memalingkan pandangan.

Tujuan nya adalah agar kita tidak melihat privasi pemilik rumah ketika membukakan pintu. Bisa saja ada hal yang tidak ia inginkan untuk tidak kita lihat maka kita sebaik nya tidak menghadap pintu ketika mengetuk.

4. Hendak nya menundukkan pendangan dan tidak melihat-lihat ke seisi rumah ketika bertamu.

Kita diharuskan setiap saat untuk menjaga pandangan agar tidak melihat aib sang pemilik rumah.

5. Hendak nya seorang yang bertamu tidak bertanya-tanya tentang rumah yang dia kunjungi kecuali bertanya arah kiblat dan toilet.

Ini adalah salah satu dari cara menghargai pemilik rumah karena jika kita bertanya-tanya “kenapa atap nya begini kenapa tembok nya begini?” dan semacam nya akan memyakiti hati sang pemilik rumah maka kita tidak boleh melakukan hal ini.

6. Hendak nya jika seorang bertamu maka tidak lebih dari 3 hari Dan Meminta izin pamit ketika hendak pergi.

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ جَائِزَتَهُ قَالُوا وَمَا جَائِزَتُهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ يَوْمُهُ وَلَيْلَتُهُ وَالضِّيَافَةُ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ فَمَا كَانَ وَرَاءَ ذَلِكَ فَهُوَ صَدَقَةٌ عَلَيْهِ وَقَالَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah memuliakan tamu dan menjamunya?" mereka bertanya, "Apa yang dimaksud dengan menjamunya wahai Rasulullah?" beliau menjawab: "Yaitu pada siang dan malam harinya, bertamu itu tiga hari, lebih dari itu adalah sedekah bagi tamu tersebut." Dan beliau bersabda: "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya dia berkata dengan perkataan yang baik atau diam." [HR.Muslim]

Wallahua'lam Bishowab

Yuk bantu share ke teman-teman agar sama-sama mendapatkan manfaat dan aliran pahala.

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.


0 Response to "Adab Bertamu"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak