MEMBERIKAN PERHATIAN PADA ANAK DI FASE MUROHAQOH (PRA BALIGH)

MEMBERIKAN PERHATIAN PADA ANAK DI FASE MUROHAQOH (PRA BALIGH)

Di fase ini, perkembangan fisik anak berkembang pesat, kemampuan akal (rasio)nya semakin bertambah luas, emosinya menjadi semakin kuat dan bertambah besar, serta mulai bangkit naluri seksualnya. Fase ini dianggap sebagai fase pra baligh.

Bagi para pendidik hendaknya memperhatikan beberapa hal berikut ini di dalam berinteraksi dengan anak-anak murôhiq (pra baligh) :

1. Anak pra baligh baik putera maupun puteri sudah mulai merasakan bahwa dirinya sudah mulai dewasa, dan dirinya sendiri pun menuntut agar diperlakukan seperti orang dewasa dan tidak mau lagi diperlakukan seperti anak kecil.

2. Anak pra baligh diajarkan hukum-hukum syariat bagi orang yang sudah baligh dan diceritakan pula kepada mereka kisah-kisah yang dapat menumbuhkan ketakwaan dan dapat menjauhkan dirinya dari perbuatan haram.

3. Anak pra baligh didorong untuk turut berperan serta di dalam tanggung jawab terhadap sejumlah pekerjaan rumah yang dapat menimbulkan perasaan bahwa dirinya sudah dewasa.

4. Pendidik hendaknya terus mengawasi anak pra baligh dan memberikan kesibukan bermanfaat yang dapat mengisi waktunya serta mencarikan untuknya teman-teman yang shalih.

0 Response to "MEMBERIKAN PERHATIAN PADA ANAK DI FASE MUROHAQOH (PRA BALIGH)"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak