Maksiat Dapat Memperpendek Umur

Maksiat Dapat Memperpendek Umur

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut bisa berupa dosa kecil maupun besar. 

Namun, kita harus menyadari bahwa perbuatan maksiat dapat membawa dampak yang buruk, salah satunya adalah dapat memperpendek umur.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa maksiat dapat memperpendek umur:

  • Maksiat dapat menyebabkan penyakit

Perbuatan maksiat, seperti zina, narkoba, dan minuman keras, dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit yang mematikan. Misalnya, zina dapat menyebabkan penyakit HIV/AIDS yang dapat menyebabkan kematian. Narkoba dapat merusak syaraf dan otak sehingga dapat menyebabkan kematian. Minuman keras dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, stroke, dan penyakit jantung.

  • Maksiat dapat menyebabkan stres

Perbuatan maksiat dapat menyebabkan seseorang merasa bersalah, cemas, dan takut. Kondisi ini dapat menyebabkan stres yang dapat berdampak buruk pada kesehatan, termasuk memperpendek umur.

  • Maksiat dapat menyebabkan hilangnya keberkahan umur

Keberkahan umur adalah umur yang digunakan untuk beribadah dan berbuat kebaikan. Maksiat dapat menyebabkan seseorang kehilangan keberkahan umur sehingga umurnya terasa sia-sia.

Sebuah hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyebutkan bahwa silaturahmi dapat menambah umur dan rezeki. Hal ini menunjukkan bahwa perbuatan baik, seperti silaturahmi, dapat memperpanjang umur.

Para ulama mengatakan bahwa bertambahnya umur dan berkurangnya umur pasti terjadi karena sebab. Walaupun itu semua terjadi dengan ketetapan Allah, tetapi pasti ketetapan Allah ini diilustrasikan dengan sebab akibat.

Selain itu, para ulama lain mengatakan bahwa dampak maksiat dapat menghilangkan keberkahan umur karena hakikat kehidupan adalah hidupnya hati. 

Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebut orang kafir dengan sebutan mayat karena memang mereka adalah orang yang mati hatinya.

Oleh karena itu, kita harus menjauhi perbuatan maksiat agar dapat hidup dengan umur yang panjang dan penuh keberkahan.

0 Response to "Maksiat Dapat Memperpendek Umur"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak