APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MEMBELI LAPTOP BARU

Sebelum membahas topik tentang apa yang harus dilakukan setelah membeli laptop baru, alangkah baiknya mengetahui tentang laptop itu sendiri.laptop merupakan sebuah komputer yang ukuranya lebih kecil dan lebih ringan tergantung sepesifikasinya.Yang mudah digunakan dimana saja, sumber daya laptop berasal dari batrai yang bisa di isi ulang yang bisa bertahan hingga 2 jam lebih tergantung dari pemakaiannya. Komponen yang digunakan sama persis seperti komputer pada umumnya hanya ukuranya diperkecil dan lebih ringan tahan panas dan juga hemat daya.

Sekarang sudah paham tentunya apa itu laptop,tentu setelah mengetahui tinmbul keinginan untuk memiliki dan membeli laptop yang baru.Hal yang perlu diperhatikan adalah cara menggunan laptop supaya tetap awet dan tahan lama.Karena jika salah dalam pemakaian, mungkin masalah  akan timbul pada laptop di kemudian hari. Untuk itu dalam penggunaan laptop yang baik dan benar saat laptop masih baru ini harus diperhatikan juga, karena sangat  berpengaruh untuk keberlangsungan laptop itu. Jika awal pemakaian  sudah baik dan benar, maka selamanya pasti akan baik dan benar.Sehinggga laptop bisa awet tentunya. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan setelah membeli laptop baru.Diantaranya yaitu :

1.Memastikan semua  kelengkapan laptop
Pastikan dahulu  semua isi  yang ada di dalam dus laptop,dengan cara memeriksa semua kelengkapan perangkat seperti baterai, cas, buku panduan, CD Driver, kartu garansi, dan juga segel. Pastikan semuanya lengkap.Hal ini sebaiknya dilakukan saat masih bertransaksi dengan penjual.

2.Pastikan laptop tidak ada cacat apapun
Hal ini sebaiknya di lakukan juga  pada saat transaksi dengan penjual,karena ini sangat penting. Disini harus sangat teliti dalam memeriksa keseluruhan  laptop, mulai dari bentuk body, keyboard, mousped, hingga layar dan juga kelengkapan yang lainya. pastikan semua aman dari adanya cacat apapun.


3.Membaca buku panduan dan berkas garansi
Tidak ada salahnya untuk membaca buku panduan.Pada dasarnya buku panduan ini berisi tata cara penggunaan dan merawat laptop dengan baik dan benar,dengan membaca dan memahami isi buku panduan, dapat meminimalisir kesalahan saat menggunakan laptop tersebut. Karena setiap product  yang dikeluarkan memiliki tata cara dalam penggunaan juga berbeda-beda. Tentunya, hal ini akan membuat performa laptop menjadi lebih tahan lama.Sedangkan berkas garansi biasanya berisi tentang jaminan dari pihak distributor. Dengan tujuan,jika laptop bermasalah pada masa garansi, bisa melakukan perbaikan secara gratis. berkas garansi seharusnya disimpan dengan baik.

4.Membagi partisi hardisk
Sebagian besar saat beli laptop yang baru, tidak perlu menginstall OS. Kebanyakan laptop yang masih baru hanya tersedia Local Disk C saja, masih belum tersedia Local Disk D dan E. Alangkah baiknya  membagi partisi Local Disk C dengan menambahkan partisi Local Disk D dan E. Agar memudahkan dalam menyimpan file. Tapi jika saat membeli laptop yang baru  partisi sudah terbagi, tidak perlu lagi membagi partisi seperti diatas.

5.Install driver
Fungsi dari CD driver yang harus  diinstal adalah untuk memaksimalkan kinerja dari laptop saat digunakan. Cara instal driver sangat mudah cukup masukkan saja kepingan CD ke VCD/DVD, biasanya akan timbul pop-up yang isinya panduan untuk  instal. ikuti saja panduanya.

6.Menghapus software yang tidak penting atau tidak digunakan
Tujuan menghapus softwawe yang tidak penting ini adalah untuk menghemat ruang data atau ruang drive. Untuk itu sebelum  menginstall software yang  dibutuhkan, sebaiknya hapus terlebih dahulu bloadware bawaan yang ada di laptop.

7.Install software antivirus
Tujuan menginstal antivirus adalahSemua  agar laptop terhindar dari virus yang dapat merusak perangkat laptop. Apalagi laptop  menggunakan sistem operasi windows sangat  rentan terhadap virus dari pada sistem operasi lainnya. Maka dari itu, wajib menginstall software antivirus terlebih dahulu untuk memastikan software yang akan install selanjutnya aman dari virus.

8.Install Microsoft office
Microsoft office ini wajib ada pada laptop baru. Karena Microsoft office ini sangat banyak manfaatnya. Microsoft Office yang didalamnya ada berbagai macam software, seperti One Note, Word, Excel, Power Point, Publisher, dan lain lain sebagainya biasanya digunakan untuk menyelesaikan keja kantor danlain sebagainya.

9.Install web browser
Browser juga tidak kalah  penting wajib ada dalam laptop. Web browser banyak jenisnya bisa intal yang paling mudah dan juga aman digunakan. dalam laptop juga sudah ada browser bawaan yaitu Internet Explorer 

10.Install software yang sesuai dengan kebutuhan dan kegunannya
Sangat disarankan untuk  menginstall software yang sesuai dengan kebutuhan dan kegunanya saja. Seperti misalnya software editing install photoshop, editing fhoto atau video, dan sebagainya. Jika ingin memutar musik atau video  install software pemutar musik  dan video yang diinginkan seperti Winamp, dan sebagainya sesuai kebutuhan dan kegunaanya. 

Demikian ulasan tentang apa yang harus dilakukan saat  membeli laptop baru. terima kasih salam hangat Nilibas.

0 Response to "APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MEMBELI LAPTOP BARU"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak