BAHAN ALAMI YANG BISA JADI OBAT GONDONGAN

Gondongan merupakan infeksi yang disebabkan oleh suatu virus yang biasanya menyerang kelenjar liur atau kelenjar parotis yang ada dikedua belah pipi bagian belakang. Kelenjar liur ini menjadi meradang dan membengkak. Oleh karena itu gondongan juga disebut sebagai parotitis atau penyakit mumps.

Gondongan sudah jarang ditemui, tapi tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada anak kita. Meski pun menular, penyakit ini bisa memberikan imunitas alami. Gondongan disebabkan virus paramyxovirus. Jika seseorang yang pernah terkena gondongan,  bisa mendapatkan vaksin alamiah dan antibodi untuk melawan virus ini.Virus gandongan biasanya banyak menyerang pada anak-anak yang usianya dibawah 15 tahun.tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang orang dewasa.

Jika pernah terkena gondongan karena virus, maka sudah dipastikan tubuh sudah punya memori jadi mungkin tidak terkena lagi. Tapi masih bisa terkena jika penyebabnya karena bakteri. Selama ini belum ada obat yang di kususkan untuk mengobati gandongan ,pengobatan yang sering dilakukan hanya untuk mengurangi rasa sakit pada penderitanya, dan juga untuk menjaga imunitas hanya sebatas itu saja. Salah satu pengobatan yang sangat efektif bagi penderita gondongan adalah beristirahat yang cukup. Namun, ada cara tradisional  yang bisa kita lakukan untuk meringankan.

Berikut ini ada bahan alami yang diyakini oleh banyak masyarakat bisa jadi obat tradisional gondongan. Bahan alami ini juga sudah dipercaya bisa meredakan nyeri dan pembengkakan saat gondongan.


1. Lidah Buaya
Aloe Vera gel merupakan obat gondongan alami yang sangat efektif untuk meredakan rasa sakit. Gel aloe vera ini bisa didapatkan dengan  cara membuka daun segar dari tanaman lidah buaya. Gosokkan gel lidah buaya pada daerah yang meradang biasanya dengan menambahkan sedikit bubuk kunyit, melakukanya bisa sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari. Dalam beberapa hari, rasa sakit dan pembengkakan pun akan hilang.

2. Jahe
Jahe memiliki kandungan sebagai antivirus, anti-inflamasi, yang dapat pengurang rasa nyeri pada peradangan. Caranya bisa langsung  atau dihaluskan lalu mengoleskannya di area yang meradang dan  bengkak.bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkaan akan segera reda.


3. Bawang putih
Caranya dengan menghaluskan bawang putih dan oleskan di area bengkak dan meradang. Bawang putih dikenal mempunyai kandungan anti oksidan yang tingi,  sehingga dapat mengurangi nyeri dan juga peradangan.

4. Lada hitam
Cara membuat ramuanya campur bubuk lada hitam dengan air sampai mengental dan menjadi seperti adonan. Ramuan ini bisa langsung di oleskan ke dearah yang bengkak atau pada bagian yang sakit karena meradang. Lada hitam dipercaya dapat mengurangi nyeri dalam waktu singkat.

5. Biji fenugreek 
Fenugreek merupakan jenis rempah yang memiliki banyak manfaat. Bijinya berbentuk persegi dan bewarna kuning. Sama seperti jahe, fungsinya sebagai antivirus dan anti-inflamasi. Biji fenugreek merupakan obat yang sangat bermanfaat untuk banyak infeksi virus, termasuk penyakit gondongan.

6. Asparagus
Dengan cara di haluskan asparagus  bisa cam pur biji fenugreek. Dengan menggunakan bahan ini bisa jadi ramuan herbal tradisional yang sangat efektif untuk menghilangkan sakit nyeri di area bengkak akibat sakit gondongan.Sehingga akan cepat mereda.

7. Jus wortel dan nanas
Wortel dan nanas menjadi salah satu obat untuk penghilang rasa nyeri yang dapat mengurangi pembengkakan karena peradangan. Wortel dan nanas bisa dibuat menjadi jus dan dimunum tiga kali dalam sehari.Hingga berangsur rasa sakit akan hilang.

8. Baking soda
Baking soda mengandung bahan anti-inflamasi yang efektif mengatasi gondongan. Kandungannya mampu menghentikan pertumbuhan virus. Cara membuatnya campur baking soda dengan air dan aduk sampai bertekstur kental. Setelah itu, oleskan pasta baking soda di area bengkak dan tunggu sampai kering, kemudian, bersihkan dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

Itulah bahan bahan alami yang dapat meringankan penderita gondongan yang disebabkan oleh virus.Terima kasih Salam hangat Nilibas.

0 Response to "BAHAN ALAMI YANG BISA JADI OBAT GONDONGAN "

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak