Manfaat Tumbuhan Jambu Biji

Daun Jambu Biji, mepunyai banyak Khasiatnya diantaranya dapat Atasi Diare, Obesitas, Diabetes, Kolestrol Hingga Kanker Lambung. Selain buahnya, jambu biji juga memiliki manfaat pada daunnya.

Bahkan faktanya, secara medis daun jambu biji sama bermanfaatnya dengan buahnya. Daun jambu biji memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri. Hal ini tentu saja membuat daun jambu biji menjadi sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kalau kita mengenal daun jambu biji yang dapat diolah menjadi jus dan makanan lainnya yang bermanfaat, daun jambu ternyata juga dapat diseduh seperti membuat teh. Teh yang terbuat dari daun jambu biji ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, teh daun jambu biji dipercaya mampu mengobati diare dan gangguan pencernaan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh.

Mengobati diare

Daun jambu dipercaya dapat mengobati diare dan banyak digunakan oleh orang-orang. Daun ini mampu membantu melonggarkan usus dan mengobati diare.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Smooth Muscle Research, para peneliti pernah membuktikan sifat anti-diare pada tikus.

Mereka menemukan ekstrak daun jambu biji yang mampu menunda timbulnya yang disenankan oleh minyak tanaman jarak.

Selain itu, daun jambu biji juga mengurangi frekuensi buang air besar dan mengurangi keparahan pada tikus.

Maka dari itu, banyak orang yang memanfaatkan daun jambu biji untuk menyembuhkan diare.

Diabetes

Daun jambu memiliki kandungan serat yang tinggi dan mampu mengatasi diabetes. Juga mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Selain itu, daun jambu biji juga dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes.

Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Nutririon and Metabolism, teh daun jambu biji adalah salah satu bahan yang bisa mengelola kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Obesitas

Ekstrak daun jambu biji dapat membantu menurunkan berat badan sehingga terhindar dari obesitas. Daun jambu biji mampu menghambat pati kompleks agat tidak berubah menjadi gula. Gula akan diolah oleh hati menjadi lemak dan kemudian di sekresikan ke dalam darah, hal inilah yang membuat berat badan naik dan obesitas.

Kolesterol

Konsumsi ekstrak daun jambu biji secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut penelitian yang dimuat dalam Nutrition and Metabolism, daun jambu biji hanya memiliki 0,1 gram lemak jenuh dan 0,2 gram lemak tak jenuh. Karena memiliki tingkat lemak yang rendah, maka daun jambu bji bisa mengurangi kadar kolesterol.

Kanker lambung

Ekstrak daun jambu biji memiliki manfaat untuk mengobati kanker lambung. Daun jambu biji memiliki senyawa likopen, kuersetin dan vitamin C, dimana ketiga senyawa tersebut memiliki sifat antikanker dan antitumor. Ketiga senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Studi yang dimuat dalam Journal of Food Chemistry, menjelaskan bahwa ekstrak daun jambu jika dikonsumsi akan menyebabkan sel kanker lambung menyerang diri mereka sendiri.

Cara Obati Rambut Rontok Secara Alami

Pilih Gunakan Daun Jambu Biji, Begini Caranya

Rambut adalah salah satu anggota tubuh yang sangat penting dan harus dijaga. Karena rambut yang sehat dan kuat dapat menunjang sebuah penampilan. Dengan rambut yang sehat dan kuat dapat membuat seseorang semakin percaya diri. Namun masalah paling besar yang sering dikeluhkan semua orang adalah rambut yang rontok.

Rambut rontok tentunya bisa mengganggu penampilan. Penyebab rambut yang rontok karena kebersihan rambut yang kurang terjaga. Selain itu nutrisi yang kurang dan salah dalam penggunaan shampo juga bisa menyebabkan rambut rontok. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bebas rontok.

Namun cara yang paling aman dan tidak memiliki efek samping adalah dengan melakukan pengobatan secara alami.

Salah satunya mengobati rambut dengan daun jambu biji. Hal ini seperti dilansir TribunStyle.com dari Reward Me berikut.

Daun jambu biji memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Karena daun jambu biji memiliki vitamin B2, B3, dan B5. Kandungan vitamin tersebut dapat menjaga rambut dari masalah kerontokan.

Cara menggunakan:

  • Ambil 20-30 lembar daun jambu biji yang masih segar.
  • Kemudia cuci daun jambu biji sampai bersih.
  • Lalu rebus dengan menggunakan air sebanyak 1 liter selama kurang lebih 15 hingga 20 menit atau sampai warnanya berubah menjadi berwarna agak kecokelat-cokelatan.
  • Diamkan rebusan daun jambu biji selama kurang lebih satu malam sampai dingin.
  • Saring air rebusan tersebut kemudian gunakan sebagai masker pada rambut.
  • Gunakan air rebusan daun jambu biji ke bagian rambut sampai kulit kepala atau akar rambut.
  • Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas rambut lalu keramas seperti biasanya sampai rambut bersih.

Lakukan secara rutin setiap 2 hari sekali.

Dengan melakukan cara ini secara teratur maka rambut akan lebih kuat dan terbebas dari maslaah rambut rontok.


0 Response to "Manfaat Tumbuhan Jambu Biji"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak