Perbuatan yang dapat Menghapus seluruh pahala

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam keluarga sahabat dan para pengikutnya yang setia dan istiqamah.

Banyak orang yang beramal kebaikan dan amalan-amalan shalih, namun banyak juga yang pahala amalannya terhapus seketika, karena adanya sebab dan problem yang masih terpatri dalam diri para pelakunya, apa saja amalan yang bisa menghapus pahala seperti  yakni:

1. Murtad

Barangsiapa yang keluar dari Islam/murtad, maka semua pahala amalan yang dikerjakan sebelumnya terhapus dan tak bernilai apa-apa di hadapan Allah ta’ala, dan di akhirat ia akan dijerumuskan dalam neraka selama-lamanya.

2. Syirik Besar

Kesyirikan besar dengan berbagai jenisnya merupakan bentuk kezaliman besar dan penghinaan terhadap Allah ta’ala, sebab ia adalah menyamakan antara derajat Allah dan makhluk-Nya.

3. Riya’

Riya’ atau sum’ah ini pasti akan menghapus amalan yang dilakukan atau diceritakan dengan tujuan agar dipuji dan disanjung oleh orang yang melihat atau mendengarnya.

Hadits Riwayat Ahmad  dan Ibnu Majah  Rasulullah mencontohkan bahwa riya’ ini yang merupakan syirik kecil/syirik khofii (tersembunyi) seperti orang yang berdiri shalat lalu memperindah shalatnya demi dilihat dan dipuji oleh orang-orang yang melihatnya.

4. Al-Mann

Mengungkit-ngungkit sedekah dan pemberian yang diserahkan pada si penerima. Ini juga sama halnya dengan memberikan sedekah tapi dengan cara yang membuat si penerima tersakiti dan terhina, seperti bersedekah dengan penuh sombong, sambil mengejek, atau pun menceritakan perihal sedekah ini pada orang yang membuat si penerima malu dan tersakiti.

5. Sumpah Atas Nama Allah bahwa Seseorang Tak Akan Diampuni

Dalam hadis Jundub radhiyallahu’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam mengisahkan ada seseorang berkata, “Demi Allah, Allah pasti tidak akan mengampuni si fulan”. Maka, Allah ta’ala berfirman, “Siapakah yang bersumpah atas nama-Ku, bahwa Aku tidak akan mengampuni Si Fulan, sesungguhnya Aku telah mengampuni Si Fulan, dan Aku menggugurkan amalmu”. (HR Muslim)

0 Response to "Perbuatan yang dapat Menghapus seluruh pahala"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak