Daftar Shortlink Terbaik dan Paling Aman

Daftar Shortlink

Di zaman internet seperti saat ini, ada banyak cara menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan menjadi blogger atau pemilik website. 

Jika Anda memiliki sebuah blog atau website yang punya banyak pembaca atau viewer, maka penghasilan bisa diperoleh dari situ.

Semua tergantung dari cara mempromosikan website Anda. Membagikan link website dengan cara shortlink bisa menjadi salah satu alternative. 

Ada banyak daftar shortlink terbaik yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Pastinya anda akan Penasaran bukan? Simak penjelasan berikut dibawah ini

Apa  Shortlink Sebenarnya?

Shortlink merujuk pada arti sebenarnya dalam bahasa Inggris adalah link pendek. Shortlink adalah sebuah layanan untuk memperpendek link yang berguna agar konten semakin rapi.

Link yang memiliki karakter panjang dianggap kurang rapi sehingga harus dipendekkan untuk kebutuhan konten. Istilah Shortlink bukan menjadi hal yang asing terutama buat para blogger.

Para blogger menggunakan daftar shortlink terbaik untuk mendistribusikan link konten di dalam blognya karena bisa juga menambah penghasilan lewat setiap klik yang dilakukan oleh pembaca atau pengunjung blog.

Beberpaa situs penyedia shortlink seperti bit.ly atau ad.fly bisa dimanfaatkan untuk memeroleh uang.

Lantas Apa Keuntungan Menggunakan Shortlink

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan shortlink, antara lain:
  1. Membuat Link menjadi lebih pendek. Seperti disinggung sebelumnya, link yang pendek terlihat lebih rapi dan juga mudah untuk didistribusikan dan dipromosikan.
  2. Memudahkan pengguna mengingat link. Link yang pendek juga memudahkan pembaca atau viewers mengingat. Jika gampang diingat, maka pengguna atau viewer lebih gampang membagikannya.
  3. Mendapat penghasilan Tambahan. Beberapa shortlink yang menghasilkan uang, dimanfaatkan oleh pembuat konten seperti blogger untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
  4. Mendapatkan Informasi Analisis. Memperpendek link melalui shortlink juga berguna dalam memberikan analisis statistic website Anda. Statistik tersebut berupa seberapa efektif link yang Anda perpendek berpengaruh pada klik, informasi mengenai pengguna yang paling banyak melihat website Anda dan lain-lain.
Walau demikian, penggunaan shortlink juga memberikan dampak lain pada aksebilitas link website Anda. Karena harus mampir ke shortlink terlebih dahulu, maka website Anda lebih lama diakses.

Ditambah lagi, jika shortlink mengalami gangguan, pengguna tak bisa mengakses langsung ke link asli yang Anda bagikan.

Daftar Website Shortlink

Berikut ini daftar shortlink terbaik yang sering digunakan dan populer di kalangan blogger, antara lain:
  • Bitly
Bitly menjadi salah satu shortlink terbaik yang sering digunakan oleh para blogger karena gratis. Untuk menggunakannya, Anda tak perlu membuat akun.

Bitly juga tak membatasi berapa link yang bisa Anda perpendek. Enkripsi https dari Bitly membuat link yang Anda pendekkan menjadi aman untuk disebarluaskan
  • TinyURL
Salah satu situs yang menjadi pelopor shortlink adalah TinyURL. KArena situs ini sudah ada sejak 2002. TinyURL memperpendek link di situs Anda yang abadi, jadi Anda tak perlu khawatir mengalami broken link nantinya.
  •  Rebrandly
Satu lagi shortlink yang punya fitur terbaik adalah Rebrandly. Situs ini memungkinkan link yang Anda masukkan dikustomisasi menjadi brand atau merk yang anda bikin sendiri. Untuk berlangganan layanan Rebrandly, Anda harus merogoh kocek 29 dollar per bulan.
  • Tiny.cc
Tiny.cc memiliki fitur yang hamper mirip dengan Rebrandly yaitu kustomisasi link menjadi brand yang Anda ciptakan. Hal ini berguna agar brand atau merek Anda sendiri semakin luas penyebarannya Sehingga bisnis milik Anda bisa semakin berkembang.
  • BL.INK
BL.INK adalah satu situs shortlink yang memiliki fitur paling lengkap di kelasnya. Kustomisasi link menjadi fitur utama, juga pelacakan lokasi pengguna atau pembaca yang melakukan klik.

Ada juga fitur smart link, yakni pembuatan link berdasarkan keyword popular. Hal ini bertujuan untuk menaikkan traffic website atau situs Anda.
  • T2M
T2M juga jadi shortlink yang punya fitur lengkap. Anda juga bisa melihat statistic pada dashboard yang tersedia. Anda bisa memantau traffic link yang sudah diperpendek dalam menu yang disediakan.

Ada pula fitur Custom Analytic Reports, yang menyediakan laporan statistic pengguna atau pembaca yang melakukan klik website Anda.
  • Polr
Polr adalah shortlink yang dikenal dengan keunggulan utama self-hosting. Maksudnya adalah link yang diperpendek bisa dikustomisasi sendiri tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Walau demikian untuk menggunakan Polr Anda harus lebih tahu terlebih dulu mengenai PHP, Lumen, dan MySQL.
  • Yourls
Yourls adalah singkatan dari Your Own URL Shortener. Dari namanya saja, kita sudah mengetahui bila situs ini menyediakan layanan shortlink. Beberapa fitur menarik yang ditawarkan Yourls antara lain adalah link private, statistic performa, dan link public.

Bagaimana Cara Kerja Shortlink

Untuk memahami cara kerja shortlink, tidak terlalu sulit. Orang awam pun bisa memahami konsep dasarnya. Simak langkah-langkah berikut ini:
  • Pertama-tama, siapkan link di website Anda yang akan diperpendek linknya.
  • Lalu akses salah satu website penyedia shortlink di browser. Ambil contoh, kita mengakses Adfly.
  • Lalu copy-pastekan link website atau situs milik Anda tadi ke dalam kolom yang disediakan di Ad.fly
  • Setelah itu, proses memperpendek link berjalan dan muncul link dari adfly baru dengan karakter lebih pendek. Link baru itu terdiri dari nama website penyedia shortlink, huruf kecil dan angka yang tidak sampai sepuluh karakter.
Daftar shortlink terbaik yang sudah dibahas di atas sangat membantu buat Anda blogger yang ingin memaksimalkan kinerja website. 

Shortlink juga menjadikan link semakin pendek sehingga penulisannya rapid an semakin enak dilihat. 

Terima kasih atas kunjunganya semoga dapat menambah pengetahuan kita.

0 Response to "Daftar Shortlink Terbaik dan Paling Aman"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak