Manfaat Dari Menggunakan VPN Yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin saja diantara Anda masi ada yang belum mengetahui apa itu yang dinamaan VPN atau bahkan Anda sudah menggunakan VPN ini. 

Tetapi apakah Anda sudah mengetahui apa manfaat yang sebenarnya dari VPN itu sendir? Apa hanya  mengetahui sebatas untuk membuka website yang diblokir saja?

Sebelum kita melanjutkan membahas mengenai manfaat dariVPN, tidak ada salahnya bila kita membahas terlebih dahulu apa itu 

VPN (Virtual Private Network) atau lebih dikenal dengan VPN adalah suatu teknologi komunikasi yang menggunakan layanan koneksi pribadi (private) yang terhubung dengan jaringan publik. 

Gambaran gampangnya VPN akan membuat jalur sendiri dalam suatu jaringan publik dengan tunnel (terowongan). Jadi bisa dibayangkan VPN lebih eksklusif kan daripada jaringan publik?

Hebatnya lagi karena menggunakan tunnel, tidak semua orang bisa tahu apa saja yang sedang dikirimkan dalam tunnel VPN tersebut. 

Bahkan paket data yang dikirimkan akan dienkripsi secara otomatis sehingga aman dari tindakan bahaya dari cyber crime.

Lantas Apa Saja Manfaat VPN

Selain memiliki tunnel sendiri, masih ada 10 manfaat dari VPN yang perlu Anda ketahui, berikut pemahasannya:

1. Keamanan

Hebatnya VPN adalah masalah keamanan yang terjamin, sudah menggunakan tunnel di jaringan public masih ditambah dengan enkripsi setiap pengiriman data. 

Selain itu VPN bisa mengakses apa saja di internet tanpa diketahui oleh orang lain. Jadi VPN menjadi solusi keamanan data di internet untuk menjaga dari serangan cyber crime.

2. Akses remote control

VPN memungkinkan Anda untuk melakukan remote komputer ditempat lain asalkan masih terhubung dengan jaringan internet. 

Manfaat VPN ini cocok untuk Anda yang menyimpan data-data penting pada komputer dilokasi lain.

3. Mempercepat Download

Ketika Anda menggunakan VPN, Anda akan dibuatkan tunnel pada jaringan public sehingga tidak ada intervensi dari jaringan public lain. Hasilnya yang pasti kecepatan download menjadi meningkat.

4. Mengakases sumber daya secara mudah

Banyak perusahaan menggunakan layanan VPN yang memungkinkan karyawan dan para pekerja bisa mengakakses file, aplikasi, printer, hardisk dan sumber daya lain yang ada dikantor secara mudah dan yang pasti aman karena VPN memiliki jalur khusus dalam jaringan public.

5. Melindungi privasi online

Masalah utama dari internet adalah isu keamanan. Apalagi bagi Anda yang sering menggunakan jaringan WiFi public, sangat rawan sekali terhadap tindak kejahatan. 

Biasanya yang paling banyak ditarget adalah username dan password dari akun-akun penting Anda. Dengan bermodalkan aplikasi seperti WireShark Anda sudah bisa membobol username dan password yang terhubung melalui WiFi public.

Solusinya Anda bisa menggunakan jaringan pribadi agar lebih aman, selain itu jika terpaksa Anda harus mengaktifkan VPN agar semua data yang dikirimkan terenkrispi sehingga lebih aman dari pembobolan password dan akun penting lainnya.

6. Mengatasi geolocation block

Geolocation block adalah blocking yang dilakukan website terhadap suatu wilayah tertentu, sehingga jika diakses lewat yang negara yang diblokir yang pasti tidak bisa terbuka. 

Tujuan geoblock ini yang pasti Negara yang diblok memang bukan menjadi target atau memiliki masalah.

Contoh saja Negara China yang memblokir Google, sehingga warga China tidak bisa menggunakannya. Tujuannya yang pasti China tidak mau dikuasai oleh layanan dari Google.  

Solusi yang bisa dilakukan oleh warga China agar bisa mengakses Google adalah dengan menggunakan VPN.

7. Membuka website yang diblokir pemerintah

Akhir-akhir ini pemerintah sering memblokir website-website yang memang menyalagi aturan, tetapi ada juga website yang tidak bersalah ikutan kena blokir dari kominfo. Solusinya Anda bisa menggunakan VPN untuk membuka website yang kena blokir tersebut. 

Tetapi Anda perlu bijak dalam menggunakan VPN, jangan membuka website-website yang memang dilarang pemerintah dan memang berbahaya.

8. Mengubah alamat IP

VPN memiliki manfaat bisa mengubah alamat IP. Karena saat Anda tersambung dengan server VPN pada negara yang sudah dipilih, Anda akan mendapatkan IP sesuai dengan negara tersebut, jadi Anda bisa dengan mudah menganti lokasi IP sesuai dengan pilihan.

9. Performa menjadi lebih baik

Bandwidth dan efisiensi jaringan dapat ditekan dengan mengaksesnya dari IP Negara lain. Jadi bagi Anda yang menginginkan performa menjadi lebih baik solusinya bisa menggunakan layanan VPN.

10. Efektifitas biaya

Yang terakhir adalah masalah biaya, dengan menggunakan VPN Anda hanya cukup membayar biaya bulanan atau tahunan saja. Ini lebih murah daripada Anda harus investasi komputer server yang diletakan diberbagai negara, belum lagi biaya sewa, perawatan dan lainnya.

Nah bagaimana apakah Anda sudah tahu manfaat sebenarnya dari VPN? jika sudah silahkan cari layanan VPN yang menurut Anda paling bagus. 

0 Response to "Manfaat Dari Menggunakan VPN Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak