Teknik SEO Terbaru Untuk Meningkatkan Peringkat Dan Traffic Website
Pastinya semua yang membuat dan membangun sebuah blog apa pun jenisnya dan tujuanya tentunya ingin menyajikan informasi yang bermanfaat bagi pembacanya dan juga ingin membuat blog yang berkualitas sehinga bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google itulah semua tujuan pemilik website dan blog. Semakin tinggi peringkat di hasil pencarian Google, semakin banyak traffic website yang didapatkan.
Bagi pemilik website apa pun itu, trafik tinggi artinya semakin banyak pengunjung yang bisa didapatkan akan menjadikan blognya semakinbesar dan makin ramai pelanganya. Bagi blogger, trafik tinggi artinya bognya bisa mendaftar Google AdSense dan bisa menjadi terkenal.
Tujuan tersebut tidak dapat dicapai hanya dengan menerbitkan banyak konten tanpa dibarengi dengan adanya optimasi blog tersebut. Sebab halaman-halaman website Anda yang diposkan tidak bisa naik dengan sendirinya ke peringkat teratas dari hasil pencarian /search engine.
Diperlukan adanya berbagai teknik SEO yang juga efektif agar website Anda dapat naik keperingkat di dalam hasil pencarian Google. Persoalannya sekarang adalah, bagaimanakah kita dalam membuat dan membangun blog yang disukai oleh mesin pencari dan juga oleh pengujng dengan tujuan untuk mendapat kan suatu informasi yang dibutukanya?
Teknik SEO ini akan selalu berubah dengan mengikuti update algoritma Google.Dikarenakan sekarang Google selalu memperbarui algoritmanya dengan tujuan untuk memberikan hasil pencarian yang terbaik kepada penggunanya. Hasil pencarian yang mampu untuk menjawab dari suatu pertanyaan pencari secara lengkap.
Berikut dibawah ini adalah teknik SEO terbaru untuk meningkatkan peringkat dan traffic website yang sedang Anda bangun:
Memanfaatkan Google Search Console
Google Search Console pertama kali dikenal aladalah sebagai Google Webmaster Tools yaitu layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk para pemilik website yang berguna untuk membantu dalam memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran websete/situs di hasil Google Penelusuran.
Dengan Google Search Console dapat membantu dalam memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs yang kita bangun.
Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:
- Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs yang kita bangun.
- Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
- Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
- Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
- Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
- Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.
Berikut di bawah ini cara menggunakan Google Search Console untuk website:
- Login ke Akun Google
- Buka Webmaster Tool/Google Search Console
- Klik Add Property
- Pilih “Website”
- Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda.
- Klik “Continue”
Domain baru
Semua URL pada semua subdomain (m., www. ...)
Semua URL di seluruh https atau httpMemerlukan verifikasi DNS
contoh: domain.com
Awalan URL
Hanya URL di bawah alamat yang dimasukkan
Hanya URL di bawah protokol yang ditetapkan
Mengizinkan beberapa metode verifikasi
contoh: https://www.domain.comGoogle Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file
- HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
- Tambahkan Domain Secara Terpisah
- Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah
Sitemap adalah suatu daftar berisi semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan oleh mesin pencari. Dengan adanya sitemap, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat terindeks. Sitemap juga akan memberitahu mesin pencari ketika
terjadi perubahan struktur di website. Dengan membuat sitemap termasuk dalam teknik SEO dasar namun sangat penting peranannya.
Terdapat dua jenis sitemap, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap XML adalah sitemap
yang diakses oleh mesin pencari, sedangkan sitemap HTML adalah yang diakses oleh pengunjung.
Memanfaatkan Google Analytics
Google Analytics adalah suatu layanan gratis yang disediakan Google yang dapat digunakan untuk menampilkan statistik pengunjung dari sebuah situs. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen
Dengan Google Analytics, Anda bisa mengetahui pergerakan pengunjung dari halaman pertama yang mereka kunjungi sampai di halaman apa mereka menutup website Anda. Selain itu, Google Analytics juga akan membantu Anda mengetahui halaman mana yang paling banyak menghasilkan conversion rate dan halaman mana yang masih kurang maksimal.
Meningkatkan Kecepatan Website
Website yang lola/lemot adalah Salah satu hal yang paling dibenci oleh para pengunjung website karena lama loding atauloading lambat mempbuat pengunjung malas untuk membuka.
Loading website yang lama membuat pengunjung website pindah kelain hati yang menyajikan informasi sama untuk mencari website yang lain tentunya yang bisa memberikan informasi lebih cepat.
Sebagus apa pun artikel/konten yang Anda buat dan sajikan, pengunjung website tidak akan mempunyai toleransi untuk website yang loading lambat. Menurut analisa dari Google, 53 persen pengguna internet meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.Dan selain dari semua itu, 79 persen pengguna internet yang kecewa dengan website dengan loading lama dengan menyatakan tidak akan kembali lagi ke website tersebut.
Dengan meningkatkan kecepatan loding sebuah website ini juga merupakan suatu teknik SEO On Page yang wajib dilakukan oleh para pemilik website untuk optimasi.
Riset Keyword
Bagi para pengguna website yang tidak melakukan riset keyword sebelum membuat konten adalahsuatu kesalahan yang fatal bagi pemilik website dan blog.Dengan melakukan Riset keyword maka akan membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang relevan bagi para pembaca. Kurang lebih ada lima indikator riset keyword yang perlu Anda perhatikan diantaranya, volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, SERP, dan search intent.
1. Volume pencarian adalah banyaknya pencarian sebuah kata kunci dalam kurun waktu tertentu.
2. Tingkat kesulitan keyword menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.
3. Saran kata kunci adalah kumpulan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda riset.
4. SERP atau Search Engine Result Page menunjukkan halaman-halaman yang menduduki 10 peringkat teratas di hasil pencarian kata kunci yang Anda riset.
5. Search intent adalah maksud yang diinginkan pencari untuk sebuah kata kunci. Satu kata kunci bisa memiliki lebih dari satu interpretasi dan Google mengutamakan interpretasi yang sesuai dengan keinginan pencari
Menggunakan Target Long Tail Keyword
Terdapat dua jenis kata kunci berdasarkan jumlah kata yang ada di dalamnya, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata sebagai contoh: “membuat blog” dan “membuat website”
Di sisi lain, long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih sebagai contohnya: “cara membuat blog dengan WordPress” dan “cara membuat blog dengan Blogger”.
Volume pencarian long tail keyword cenderung lebih kecil dibandingkan short tail keyword. Namun, long tail keyword akan lebih efektif untuk mendatangkan trafik. Menurut Neil Patel, long tail keyword mendatangkan trafik 70 persen lebih tinggi dibandingkan short tail keyword.
Ketika Pengguna internet mencari sebuah kata kunci di mesin pencari, mereka menginginkan jawaban yang Informasi yang lengkap sehingga bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Google pun akan menyadari hal ini sebagai kebutuhan penggunanya dan mulai akan mengutamakan konten-konten yang lengkap untuk menduduki posisi teratas di hasil pencarian.
Dengan Info ini Anda bisa menambahkan sebuah gambar ilustrasi, infografik, atau video untuk melengkapi artikel yang anda buat. Media visual akan membantu pembaca untuk memahami informasi isi artikel Anda dengan mudah. Jika mereka puas dengan konten lengkap Anda, bukan tidak mungkin mereka akan membagikan konten tersebut di media sosial yang mereka punya.
Mengoptimasi Gambar
Menambahkan gambar ke konten website/blog adalah langkah bagus agar pengunjung tidak bosan dengan teks. Selain itu, gambar juga dapat membantu pengunjung untuk memahami konten Anda. Namun, Anda juga perlu untuk mengoptimasi gambar yang Anda unggah supaya tidak akan memperlambat loading website atau blog.Ada banyak cara untuk mengoptimasi gambar di website/blog Anda, dari cara yang manual hingga dengan cara yang otomatis.
Maksimalkan Internal Link
Selain backlink (external link), internal link juga akan memegang peranan penting dalam optimasi SEO sebuah website/blog. Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama.
Internal link akan membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antara halaman di dalam sebuah website. Google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan dan Anda bisa menunjukkan hubungan antar konten itu melalui internal link.
Internal link secara tidak langsung juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website/blog Anda. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah ke halaman lain dalam website untuk membaca konten yang berhubungan dengan konten sebelumnya. Semakin banyak internal link yang pengunjung klik, semakin banyak halaman yang mereka kunjungi dalam website. Artinya semakin banyak waktu yang mereka habiskan di website Anda.
Membuat Guest Post
Guest post adalah menulis artikel bukan untuk diterbitkan di blog sendiri, melainkan di blog/website orang lain. Di artikel tersebut terdapat link yang mengarah ke blog/website Anda. Metode ini cukup efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas.
Supaya menghasilkan backlink berkualitas, Anda perlu memilih dengan cermat website yang akan menerbitkan guest post Anda. Pilihlah website atau blog yang kualitasnya jauh lebih baik dari blog Anda, baik dari segi trafik maupun domain rating. Anda bisa bekerja sama dengan blogger influencer atau media online untuk melakukan guest post. Teknik SEO dengan backlink merupakan strategi dasar SEO yang dapat diandalkan hingga saat ini.
Memeriksa Link Tautan
Coba perhatikan satu per satu artikel yang sudah Anda terbitkan. Hampir semua artikel tersebut kemungkinan besar mengandung tautan/link, baik link internal maupun link eksternal. Niat awal Anda meletakkan tautan-tautan tersebut adalah untuk mempermudah pengunjung website berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain atau untuk mengakses sumber informasi dari website lain.
Sayangnya, terkadang tautan-tautan tersebut mengalami kedaluwarsa. Tautan kedaluwarsa akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak sesuai atau bahkan halaman error 404. Hal tersebut bisa menurunkan kualitas pengalaman pengunjung.
Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan link secara reguler agar pengunjung selalu diarahkan ke halaman yang semestinya. Untuk melakukan pemeriksaan link, Anda bisa menggunakan Google Search Console dan penjelasan lengkapnya dapat Anda
Optimasi Meta Tags
Ketika melakukan pencarian di Google, Anda akan melihat hasil pencarian seperti di bawah ini:
Setelah menulis konten yang terdiri dari ribuan kata, hanya sebagian kecilnya saja yang akan muncul di hasil pencarian. Hasil pencarian hanya menampilkan meta tags yang terdiri dari title tag dan meta description.
1. Title tag adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang karena Google akan memotongnya dan disesuaikan dengan standarnya.
2. Meta description adalah teks singkat yang berisi ringkasan konten Anda di hasil pencarian. Teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel.
Meta description biasanya terdiri dari 110 sampai 120 karakter. Tantangan Anda adalah untuk bisa membuat judul semenarik mungkin tanpa melebihi batasan yang ditentukan Google. Selain itu, Anda juga harus bisa merangkum keseluruhan isi artikel ke dalam 110 sampai 120 karakter.
Update Konten Lama
Konsisten membuat konten baru untuk website atau blog memang langkah bagus. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan konten-konten lama yang sudah Anda terbitkan. Bisa jadi konten-konten tersebut adalah sumber trafik yang tidak kalah banyak dari konten baru.
Mungkin ada banyak konten lama yang performanya masih bisa ditingkatkan. Sebelum melakukan optimasi konten lama, Anda perlu melakukan evaluasi untuk menentukan konten mana yang berpotensi menghasilkan trafik.
Anda bisa melakukan evaluasi ini menggunakan bantuan Google Search Console. Melalui Google Search Console, Anda bisa mengetahui performa masing-masing halaman website di hasil pencarian.
Temukan konten yang mendapatkan impression tinggi dengan CTR rendah. Keadaan tersebut mengindikasikan konten sudah muncul di hasil pencarian, tetapi tidak banyak orang yang membuka/mengklik konten tersebut. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya kata kunci yang sesuai dengan maksud para pencari.
Untuk mengecek kinerja per halaman website di Google Search Console, ikuti langkah berikut:
- Buka tab Performance
- Klik Pages
- Pilih halaman website yang ingin Anda lihat kinerjanya
- Lalu klik tab “Queries”
- Setelah itu, akan muncul kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut.
Berdasarkan laporan dari Queries, Anda bisa melengkapi informasi di artikel menggunakan kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut. Dengan begitu kemungkinan halaman website tersebut untuk muncul di berbagai kata kunci lebih besar. Artikel Anda akan semakin kaya akan informasi yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna internet di mesin pencari.
Menerapkan serangkaian teknik SEO ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk mendapatkan hasil memuaskan dari teknik SEO di atas.
Demikian beberapa cara untuk menjalani serangkaian proses teknik SEO terbaru untuk website/blog. Selamat mencoba teknik SEO terbaru di atas.Terima kasih telah bberkunjung semoga bermanfaat buat kita semua.
0 Response to "Teknik SEO Terbaru Untuk Meningkatkan Peringkat Dan Traffic Website"
Post a Comment
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak