Waspadalah, Anda akan Dihisab

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman. 

Kita akan dihisab oleh Allah untuk semua yang kita usahakan. Tak terkecuali semua pemasukan yang kita dapatkan, meskipun belum tentu kita akan memanfaatkannya.

Allah berfirman, “Kemudian, pada hari kiamat itu, sungguh kalian akan ditanya tentang kenikmatan.” (OS. at-Takatsur: 8)

Kita tidak hanya ditanya tentang bagaimana cara mendapatkan harta, termasuk bagaimana mengunakan harta. 

Dalam hadis dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya ke mana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.” (HR. Turmudzi 2417, ad-Darimi 537, dan dishahihkan al-Albani)

Yang akan dihisab oleh Allah tidak hanya harta yang menjadi kebutuhan sekunder atau tersier, termasuk yang menjadi harta kebutuhan primer, bahkan makanan yang dikonsumsi seseorang ketika sedang kelaparan.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu meriwayatkan, Pada suatu siang hari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam keluar. Kemudian beliau berpapasan dengan Abu Bakar dan Umar. Beliau bertanya, “Apa yang menyebabkan kalian keluar dari rumah kalian pada saat-saat seperti ini?”

Abu Bakar dan Umar menjawab, “Lapar wahai Rasulullah.”

Beliau bersabda, “Demi yang diriku ada di Tangan-Nya, yang membuat aku keluar sama seperti yang menyebabkan kalian keluar. Mari berangkat.”

Maka Abu Bakar dan Umar beranjak bersama beliau. Beliau menemui seseorang dari kalangan Anshar dalam suatu riwayat disebutkan rumah Abu Ayyub al-Anshari  yang ternyata ia tidak berada di rumahnya. Ketika istrinya melihat kedatangan beliau, maka dia berkata, “Marhaban wa ahlan”.

Beliau bertanya, “Di mana suamimu?” Wanita itu menjawab, “Dia pergi untuk mencari air tawar bagi kami.”

Hingga sahabat pemilik datang. Dia memandang Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan dua orang rekannya (Abu Bakr dan Umar). Dia berkata, “Alhamdulillah..., pada hari ini tidak ada yang mendapatkan tamu-tamu yang lebih mulia selain diri tamuku.”

Lalu, sahabat itu beranjak dan datang lagi sambil membawa tandan yang di dalamnya ada kurma basah dan kurma yang sudah dikeringkan. Dia berkata, “Makanlah hidangan ini”. Lalu, dia akan mengambilkan tempat minum.

Beliau bersabda, “Tak perlu engkau memerah air susu.”

Kemudian sahabat itu menyembelih domba, mereka semua pun makan dan minum. Setelah mereka kenyang, beliau bersabda kepada Abu Bakar dan Umar,

“Demi yang diriku ada di Tangan-Nya, kalian benar-benar akanditanya tentang kenikmatan ini pada hari kiamat. Rasa lapar telah membuat kalian keluar dari rumah, kemudian kalian tidak kembali melainkan setelah mendapat kenikmatan ini.” (HR. Muslim 5434) 

Termasuk di antaranya adalah nikmat yang tidak terbayang dalam diri kita bahwa itu akan dihisab, seperti kesehatan dan air yang kita gunakan.

Dalam hadis lain, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu “alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh nikmat yang akan ditanyakan pada hamba pertama kali pada hari kiamat kelak adalah dengan pertanyaan: Bukankah Kami telah memberikan kesehatan pada badanmu dan telah memberikan padamu air yang menyegarkan?” (HR. Tirmidzi no. 3358 dan dishahihkan al-Albani)

Untuk itulah, semakin banyak pemasukan seseorang, dia akan menjalani hisab yang lebih lama. sehingga menyebabkan dia tertunda masuk surga.

Dalam hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu anhuma, Nabi shallallahu “alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya kaum muhajirin yang miskin, mereka mendahului masuk surga pada hari kiamat, 40 tahun sebelum orang kaya.” (HR. Ahmad 6735, Muslim 7654, dan Ibnu Hibban 678)

Dalam hadis lain, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Orang muslim yang miskin akan masuk surga sebelum orang muslim yang kaya dengan selisih setengah hari, yang itu setara dengan 500 tahun.” (HR. Ahmad 8521, Turmudzi 2528, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

Dua hadis ini tidaklah bertentangan. Al-Ourthubi memahaminya bahwa perbedaan ini kembali kepada perbedaan keadaan orang miskin dan orang kaya yang bersangkutan. 

Jika persaingan itu terjadi antarsesama Muhajirin, selisihnya masuk surga antara miskin dan kaya terpaut 40 tahun. Sementara selain Muhajirin, setengah hari di waktu kiamat, sepadan dengan 500 tahun. (at-Tadzkirah, al-Ourthubi, hlm. 548)

Yang Halal Dihisab, Yang Haram Diazab

Itulah karakter dunia. Sekali lagi, semua akan kita pertanggungjawabkan. Harta halal akan dihisab, harta haram akan diazab. Tidak ada pilihan yang ketiga.

Dengan memahami ini, Anda akan merasa heran ketika ada seorang muslim yang iri kepada orang lain karena kekayaannya... karena berarti dia iri kepada orang yang hisabnya lebih lama...

Sekiranya ketika mati, kita dibiarkan begitu saja.

Tentu kematian adalah kesempatan beristirahat bagi setiap orang yang pernah hidup. Namun, setelah mati kita akan dibangkitkan kembali, dan akan ditanya tentang segala sesuatuvyang telah kita usahakan.

Selanjutnya, kami berahap Anda memiliki jawaban yang seragam ketika ditanya, “Mengapa Anda meninggalkan harta haram?”

Jawabannya adalah karena kami sadar akhirat. Demikian, Allahu a'lam.

0 Response to "Waspadalah, Anda akan Dihisab"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak