Bila Istri Berprilaku Buruk

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Solusi Bila Istri Berperilaku Buruk, Memakai Pakaian Ketat & Hobi Selfi

Pertanyaan:

Mau tanya Ustadz, bagaimana saya harus bersikap kepada istri berperilaku buruk, setelah dijelaskan tentang bagaimana hukumnya dan agar tidak memakai pakaian ketat, dan agar tidak upload foto di medsos dll, tapi sampai dengan saat ini istri saya belum mau menjalankannya Ustadz.

Jawaban:

Adapun tentang masalah istri berperilaku buruk, maka kami nasihatkan beberapa hal berikut ini:

1. Koreksi Diri Sendiri

Hendaklah Anda memperhatikan diri sendiri, apakah Anda sudah melaksanakan hak-hak istri dengan baik, apakah Anda masih melakukan kemaksiatan-kemaksiatan. Bisa jadi istri berperilaku buruk itu ada sebabnya, yaitu dari perbuatan Anda sendiri.

2. Bersikap Lembut Kepada Istri

Termasuk bersikap lembut kepada istri (sekali pun istri berperilaku buruk ed-), baik dengan perkataan atau dengan perbuatan. Dan sikap lemah lembut akan membawa kebaikan dengan izin Allah Ta’ala.

3. Mendidik Istri

Mengharapkan kesempurnaan tanpa cacat pada istri adalah kemustahilan. Namun demikian, seorang suami sebagai kepala rumah tangga harus mendidik istri dan mengarahkan kepada kebaikan, dengan cara-cara yang telah diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Allah Ta’ala berfirman:

“Wanita-wanita (istri-istri) yang kamu khawatirkan nusyuznya (tidak patuh suami), maka nasehatilah mereka dan tinggalkanlah mereka di tempat tidur, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. An-Nisa/4: 34)

Di dalam ayat ini Allah Ta’ala memberikan bimbingan kepada para suami yang menghadapi istri yang tidak patuh suami, istri berperilaku buruk, dengan tiga langkah:

Pertama: Memberi nasihat.

Kedua: Meninggalkannya di tempat tidur. Yaitu tidak menemani tidurnya.

Ketiga: Memukul istri.

Pemukulan ini dilakukan jika dua langkah sebelumnya tidak bermanfaat. Dan pemukulan ini adalah sebagai bentuk hukuman pendidikan, bukan untuk melampiaskan kemarahan.

Sehingga pemukulan tidak boleh menyakitkan, tidak boleh pada wajah, tidak boleh membekas, dan tidak boleh merusakkan anggota tubuh. Pemukulan dilakukan dengan siwak. Namun tidak memukul lebih baik.

Dan jangan sampai seorang suami memukul istrinya dengan tanpa haq

1. Solusi Bila Istri Berperilaku Buruk: Banyak Berdoa

Hati manusia di tangan Allah Ta’ala, dan Allah berjanji mengabulkan doa orang yang berdoa. Maka hendaklah Anda berdoa dengan tulus kepada Allah Ta’ala agar memperbaiki keadaan Anda dan istri Anda.

2. Solusi Bila Istri Berperilaku Buruk: Jika Terpaksa Cerai

Jika berbagai cara sudah ditempuh, kemudian istri berperilaku buruk dan tidak berubah, maka Anda bisa memilih untuk tetap bersabar dengan istri, dan tetap bersikap dengan baik. 

Atau Anda menceraikannya, karena sikapnya yang sudah menyusahkan Anda. Allah Ta’ala berfirman:

“Apabila kamu mentalak isteri-isterimu, lalu mereka mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan cara yang ma’ruf, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang ma’ruf (pula).” (QS. Al-Baqoroh/2: 231)

Hukum perceraian, ketika tidak ada permasalahan, pada asalnya adalah makruh atau haram. Sebab hal itu memutus tali pernikahan yang memiliki banyak manfaat. Demikian juga perceraian adalah sesuatu yang disukai oleh Iblis.

Tetapi jika seorang istri berperilaku buruk, buruk akhlaqnya, menyusahkan suaminya, dan susah diperbaiki, maka dianjurkan untuk diceraikan. Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi rahimahullah (wafat th. 620 H) berkata:

“Hukum thalaq yang ketiga adalah mubah, yaitu ketika thalaq itu dibutuhkan, karena buruknya perlaku istri, buruknya sikap istri, dan suami mendapatkan kesusahan dengan sebab istrinya, tanpa meraih tujuan (pernikahan) dengannya”. (Al-Mughniy, 7/364, karya imam Ibnu Qudamah)

Demikian sedikit saran-saran yang kami sampaikan, semoga bermanfaat. Semoga Allah membimbing kita di dalam kebaikan di dunia dan akhirat.

Wallahu a’lam.

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat.

0 Response to "Bila Istri Berprilaku Buruk"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak