Pengertian Plugin dan Fungsinya

Pengertian Plugin dan Fungsinya
Plugin adalah Suatu kode dalam sebuah software yang mempunyai  fungsi tertentu yang dapat menjalankan suatu fitur tambahan didalam suatu sistem aplikasi atau pun program. 

Fitur tambahan tersebut atau kode software tersebut biasanya akan ditemukan di sistem program atau aplikasi seperti dalam broser Mozilla, broser Google Chrome, Opera Browser, dan website WordPress dan yang lainya yang memungkinkan menggunakan untuk menjalankan plugin tertentu.

Banyak  aplikasi yang juga  menggunakan dengan nama istilah plugin ini berbeda tapi fungsinya sama seperti Add-on biasanya terdapat di broser Mozilla dan juga  Opera Browser dan fitur  Extension terdapat di broser Google Chrome,dan broser internet explorer, dan sedangkan untuk website WordPress  ini istilahnya tidak berubah tetap dengan nama plugin.

Plugin ini secara umum  memang kusus dibuat untuk suatu aplikasi atau program tertentu dan juga untuk memudahkan penggunanya.Untuk dapat mengenalinya,fitur tambahan ini sebagai contohnya add ons yang ada di broser Mozilla tidak dapat digunakan didalam  broser Google Chrome,dan juga  sebaliknya, fitur extension dalam broser Google Chrome tidak dapat ditempatkan  di broser Mozilla.

Sedangkan Plugin yang terdapat di dalam website WordPress adalah merupakan suatu  CMS yang gunanya sebagai fitur yang dapat ditempatkan penggunanya di website atau blog.

Untuk memudahkan penggunanya dalam menempatkannya. Sehingga disediakan fitur plugin tersebut, meskipun penggunanya bukan ahli koding. Dimungkinkan untuk para pengguna WordPres ini bisa menempatkan fitur-fitur yang terbaik di website atau blog mereka.

Plugin ini merupakan suatu  cara yang termudah bagi para pengguna CMS WordPress untuk menambahkan suatu fitur-fitur tambahan yang memang di sediakan di website atau blog. 

Untuk menambahkan beberapa fitur di blognya bagi yang menggunakan webesite WordPress dengan adanya plugin tersebut. Dengan memasang plugin yang mungkin dibutuhkan dan tinggal mengikuti suatu instruksi yang telah diberikan  pengembang plugin tersebut.

Untuk saat ini WordPress juga menyediakan banyak plugin yang dibagi menjadi beberapa  kategori.  yang biasa dipakai penggunanya. Beberapa kategori plugin yang terkenal diantaranya sebagai berikut:

1. Plugin SEO

Plugin ini paling banyak digunakan karena banyak yang menginginkan website atau blognya dapat menempati halaman pertama di mesin pencari Google. 

Agar artikel yang ditulis dan diposting dapat terdeteksi di halaman pertama di mesin pencari Google ini diperlukan beberapa usaha. 

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan plugin SEO dengan memasang di blognya, seperti Plugin Yoast SEO. Plugin ini berfungsi untuk menganalisis artikel yang akan diposting, apakah artikelnya sudah memenuhi syarat SEO friendly.

2. Plugin untuk Keamanan

Plugin ini di manfaatkan untuk melindungi website dari kejahatan di dunia maya, karena kejahatan siber yang memungkinkan dapat menerobos ke dalam website atau pun blog yang sedang dikelola. ada banyak plugin yang dapat dipasangkan yaitu seperti  iThemes Security, Jetpack, dan Wordfence.

3.Plugin Backup

Plugin backup ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan data-data website yang misalnya error atau mungkin terhapus. Dengan memasang plugin yang satu ini berfungsi untuk antisipasi jika suwatu saat mungkin ada error pada website yang mengakibatkan data-datanya terhapus. Plugin yang dapat dipasangkan seperti UpdraftPlus dan BackWPUp.

4. Plugin Anti-Spam

Plugin ini dapat dimanfaatkan untuk antisipasi adanya spam, yang mungkin berasal dari komentar yang terdapat dalm artikel yang di posting, bisa jadi ada komentar sebagai spam,dengan memasang plugin ini maka website atau blog akan terlindungi dari spam tersebut yang sangat mengganggu,pengguna website,plugin ini seperti Akismet

5. Plugin untuk meningkatkan kecepatan Website

Plugin ini berfungsi untuk meningkatkan performa suatu website atau blog. Karena dengan performa yang baik dan juga kecepatan untuk loding yang cepat maka websete dapat menempati halaman utama di mesin pencari Gogle. 

Pengguna blog sangat dianjurkan untuk memasang plugin ini guna untuk meningkatkan kecepatan websitenya.Plugin yang biasa dipakai seperti W3 Total Cache dan WP Super Cache

5. Plugin Social Media

Plugin ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan suatu trafik pengunjug, tidak hanya dari Google saja,untuk mendapatkan pengunjung website. disarankan juga untuk mendatangkan trafik dari suatu media sosial,dengan memasang plugin ini diharapkan dapat membagi artikel yang diposting ke platfom media sosial.

Sehingga pengunjung blog akan meningkat.Plugin yang biasa di gunakan seperti Social Widget, Sassy Share, dan lainnya

Demikian sedikit penjelasan mengenai plugin dan juga fungsinya,Dalam memasang plugin juga harus berhati hati.terima kasih salam hangat Nilibas.

0 Response to "Pengertian Plugin dan Fungsinya"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak