Gejala Dehidrasi pada Tubuh Kita

Gejala Dehidrasi  pada Tubuh Kita
Kali ini saya akan membahas mengenai dehidrasi mengapa dan apa gejalanya? sebelum membahas lebih jauh alang baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Dehidrasi? Berikut ini Pengertian dehidrasi:

Pengertian Dehidrasi

Pada umumnya orang dalam memahami dehidrasi hanya pada batasan definitif kurang air atau kurang minum. Padahal, pengertian dehidrasi tidak hanya sebatas kurang air atau kurang minum saja.

Secara umum dehidrasi didefinisikan sebagai kondisi dimana tubuh manusia kehilangan lebih banyak cairan daripada asupan cairan yang didapatkan. Atau dengan kata lain pengeluaran air atau cairan tubuh lebih banyak daripada pemasukannya

Dehidrasi terjadi ketika kita tidak mendapatkan cukup asupan air. Tubuh kita hampir 60-70 persen dari berat tubuh adalah kandungan air.

Semua sistem dan metabolisme di dalam tubuh kita membutuhkan air untuk bernapas, pencernaan, dan setiap fungsi tubuh dasar kita sangat bergantung dengan air.

Kita dapat kehilangan kandungan air dengan cepat dikarenakan berkeringat terlalu banyak pada hari yang panas atau dengan banyak berolahrga dan aktifitas lainya yang memicu keluarnya banyak keringat.

Tubuh Kita juga dapat kehilangan kandungan air karena terlalu banyak buang air kecil. Kita juga bisa mengalami dehidrasi jika mengalami seperti demam, muntah, atau diare.

Dehidrasi yang terjadi pada diri manusia disebabkan karena kekurangan zat natrium, kekurangan air, atau kekurangan natrium dan air. Dehidrasi yang terjadi pada manusia terkategorikan kedalam 3 jenis:

1. Dehidrasi Ringan

Dehidrasi ringan terjadi bila terdapat kondisi penurunan jumlah cairan pada tubuh sebesar 5% dari berat badan.

2. Dehidrasi Sedang

Dehidrasi sedang terjadi bila terdapat kondisi penurunan jumlah cairan pada tubuh sebesar 5% – 10% dari berat badan.

3. Dehidrasi Berat

Dehidrasi berat terjadi bila terdapat kondisi penurunan jumlah cairan pada tubuh sebesar lebih dari 10% dari berat badan.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah kita mengalami dehidrasi.

Kita mungkin memiliki gejala bahkan dengan sedikit kehilangan air. Mari kita simak lebih dekat indikatornya.

Berikut ini 14 tanda dan gejala pada orang dewasa

1. Kulit

Kulit Kita kehilangan air karena berkeringat saat panas. Kita juga kehilangan kelembaban melalui kulit dalam cuaca dingin karena udaranya lebih kering.

Periksa kulit Anda apakah ada tanda-tanda dehidrasi seperti:
  1. Kekasaran atau pengelupasan
  2. Kemerahan
  3. Kulit atau bibir pecah-pecah
  4. Kulit dingin atau lembap
  5. Mengencangkan atau mengecil (kulit kurang montok)
2. Napas

Mulut dan lidah Kita mungkin terasa kering atau lengket saat kita mengalami dehidrasi. Kita mungkin juga memiliki bau mulut yang tidak sedap. Tubuh kita membutuhkan banyak air untuk memproduksi air liur.

Saat kita mengalami dehidrasi, jumlah air liur kita berkurang. Ini menyebabkan lebih banyak bakteri tumbuh di mulut kita. Menyikat gigi dan minum banyak air dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

3. Urine
Urin


Kita mungkin dapat mengetahui apakah sedang mengalami dehidrasi dengan melihat urin sendiri.
  • Urin berwarna kuning tua kekuningan berarti kita mungkin mengalami dehidrasi ringan hingga parah.
  • Kita biasanya dapat mengetahui bahwa kita memiliki tingkat hidrasi yang sehat jika urin kita berwarna sangat bening.
  • Kita juga dapat mengetahui, biasanya buang air kecil yang tidak normal/tidak seperti biasanya ketika mengalami dehidrasi.
4. Sembelit

Dehidrasi dapat menyebabkan atau memperburuk konstipasi. Kita mungkin mengalami kesulitan buang air besar atau lebih sedikit jika kita tidak mendapatkan cukup air.

Kotoran kita mungkin terlihat kering atau seperti gumpalan kecil. Air dibutuhkan untuk membantu mencerna makanan dan memindahkan sampah di sepanjang saluran pencernaan kita. Minumlah banyak air agar tetap teratur.

5. Haus dan lapar

Haus adalah pertanda tubuh kita sedang membutuhkan lebih banyak air. kita juga terkadang merasa lapar saat mengalami dehidrasi.

Sebuah tinjauan medis menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami dehidrasi seringkali memiliki berat badan lebih. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang hubungan antara dehidrasi dan kelaparan.

Mendapatkan banyak air dapat membantu mengurangi rasa lapar. Orang dewasa yang memiliki berat lebih  juga membutuhkan lebih banyak air agar tetap terhidrasi.

6. Tekanan darah

Sekitar 55 persen darah kita adalah cairan. Kehilangan air dapat menurunkan volume darah kita dan mempengaruhi tekanan darah.

The American Heart Association mencantumkan dehidrasi sebagai penyebab tekanan darah rendah. Air minum membantu menyeimbangkan tekanan darah.

7. Kelelahan

Penelitian medis menunjukkan bahwa dehidrasi dapat membuat kita merasa lelah bahkan ketika kita sedang beristirahat.

Para pria dalam sebuah studi tentang dehidrasi melaporkan bahwa mereka merasa lelah, lesu, dan kelelahan.

Gejala-gejala ini mungkin karena tekanan darah rendah yang disebabkan oleh dehidrasi. jika darah terhidrasi dengan baik membantu meningkatkan tingkat energi.

8. Sakit kepala

Kita terkadang mengalami sakit kepala walaupun kita mengalami dehidrasi ringan. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang hanya kehilangan 1,36 persen dari sumber dehidrasi memicu sakit kepala.

Nyeri sakit kepala mungkin terkait dengan tekanan darah rendah karena kehilangan air. Air minum dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan meredakan gejalanya. Peduli dengan tubuh kita akan mudah kenali gejala dehidrasi.

9. Mual

Dehidrasi dapat menyebabkan mual dan pusing. Mual dapat menyebabkan muntah. Ini membuat kita kehilangan lebih banyak air, memburuknya gejala. Mual juga dapat dikaitkan dengan tekanan darah rendah yang disebabkan oleh dehidrasi.

10. Pingsan

Dehidrasi yang parah dapat menyebabkan pingsan. Kita mungkin merasa pusing atau pingsan ketika berdiri tiba-tiba setelah duduk atau berbaring. Gejala-gejala ini dapat terjadi ketika dehidrasi menurunkan volume darah dan tekanan darah kita.

11. Efek jantung

Dehidrasi dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Detak jantung yang cepat dan pernapasan cepat mungkin merupakan tanda dehidrasi parah.

Kehilangan air menyebabkan turunnya volume darah. Ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memindahkan darah ke seluruh tubuh kita. Terhidrasinya tubuh kita dapat meningkatkan volume darah dan mengembalikan detak jantung kita menjadi normal.

12. Fungsi otak

Otak kita lebih dari 70 persen air. Penelitian pada pria berusia 20-an menemukan bahwa dehidrasi memperlambat beberapa jenis fungsi otak. Ini dapat memengaruhi kewaspadaan, konsentrasi, dan memori.

Peserta studi membuat lebih banyak kesalahan pada tes penglihatan dan memori ketika mereka mengalami dehidrasi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat menyebabkan kesalahan dalam mengemudi. Ini termasuk melayang melintasi jalur dan memperlambat waktu reaksi saat pengereman.

Hasil penelitian menemukan bahwa mengemudi saat dehidrasi dapat memperburuk keterampilan mengemudi sebanyak jika kita berada pada batas alkohol legal (0,08 persen di Amerika Serikat), atau jika kita mengemudi saat kurang tidur.

13. Nyeri

Penelitian medis menemukan bahwa dehidrasi dapat membuat otak kita lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Pria dalam penelitian ini menunjukkan lebih banyak aktivitas rasa sakit di otak ketika mereka mengalami dehidrasi daripada ketika mereka diberikan banyak air untuk diminum.

14. Suasana hati

Penelitian pada pria dan wanita menemukan bahwa dehidrasi membuat individu merasa cemas, tegang, atau tertekan.

Orang dewasa melaporkan suasana hati mereka lebih rendah. Tugas-tugas tampak lebih sulit ketika mereka mengalami dehidrasi.

Perubahan suasana hati, seperti kebingungan atau lekas marah, adalah tanda-tanda dehidrasi serius.

Gejala pada bayi dan balita

Bayi dan balita dapat kehilangan kadungan air dengan cepat karena ukurannya tubuhnya yang kecil. 

Tanda-tanda bayi Anda mungkin mengalami dehidrasi meliputi:
  1. Popok yang sudah kering selama tiga jam atau lebih
  2. Menangis tanpa air mata
  3. Kantuk atau kantuk yang tidak biasa
  4. Rewel
  5. Mulut kering
  6. Demam tinggi
Dengan demikian mari kita minum air yang lebih banyak agar kita terhindar dari dehidrasi. Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan kita semua.

0 Response to "Gejala Dehidrasi pada Tubuh Kita"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak