MEMPERHATIKAN ANAK DI SAAT KEHAMILA

MEMPERHATIKAN ANAK DI SAAT KEHAMILA

Sesungguhnya seorang muslim (yang hakiki), ia akan merasa kagum dengan keagungan agama ini, karena Islam itu sejatinya adalah agama rohmah (kasih sayang) dan agama birr (kebajikan).

Sebagaimana Islam memperhatikan anak sebelum penciptaannya (maksudnya sebelum dikandung) sebagaimana telah berlalu pembahasannya, maka demikian pula Islam memberi perhatian yang nyata terhadap anak di saat kehamilan, yaitu saat ia masih berupa janin di dalam rahim ibunya.

Karena itulah wanita hamil disyariatkan untuk tidak berpuasa di saat Ramadhan lantaran (menjaga) janin yang dikandungnya.

Rasulullah Shalallahu A'laihi Wa Sallam bersabda :

“Sesungguhnya Allah menggugurkan separuh bagian dari sholat bagi musafir, dan (Allah menggugurkan kewajiban) puasa bagi musafir, wanita yang menyusui dan wanita hamil.” [HR Abu Dawud dan dihasankan oleh al-Albânî].

Sepantasnya pula bagi seorang ibu, ia mendoakan janinnya dan meminta kepada Allah agar menjadikannya anak yang shalih lagi baik, dan agar Allah menjadikannya anak yang bermanfaat bagi kedua orang tuanya serta seluruh kaum muslimin. Diantara doa yang mustajâbah adalah doanya orang tua kepada anaknya.

0 Response to "MEMPERHATIKAN ANAK DI SAAT KEHAMILA"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak