Mengeluarkan Air Mata Saat Tertawa

Kenapa Kita Bisa Mengeluarkan Air Mata Saat Tertawa?

Ternyata ada beberapa alasan kita mengeluarkan air mata saat tertawa. Sebagian ilmuwan ada yang berpendapat bawah ketika tertawa, otot wajah kita tertarik ke atas. Otot tersebut kemudian memberikan tekatan pada kelenjar air mata, sehingga mata kita berair dan meneteskan air mata.

Tapi ada juga penjelasan lainnya. Psikolog asal Amerika Serikat Robert Provine menyebutkan bahwa bagian otak yang mengontrol tangis dan tawa ternyata berada di tempat yang sama. Hal ini memungkinkan kedua emosi tersebut untuk terjadi secara bersamaan.

Bahkan pada kasus tertentu, lesi atau jaringan tidak normal yang terdapat pada bagian otak dapat menyebabkan masalah sindrom pathological laughter and crying (PLC). Penderita PLC tidak mampu mengendalikan ekspresi tangis maupun tawa.

Air mata yang keluar saat tertawa bisa dikategorikan sebagai air mata refleks karena faktor eksternal, bukan emosi. Kondisi ini dapat dikatakan menyerupai saat mata kemasukan debu dan  mengeluarkan air.

Pakar kesehatan asal Amerika Serikan William Frey menjelaskan bahwa air mata emosional sangat berbeda dengan air mata refleks. Air mata emosional mengandung hormon tertentu dalam jumlah yang lebih banyak, khususnya yang dapat menghapus rasa sakit secara alami. Sementara itu, air mata refleks tidak memiliki manfaat tersebut.

Lapisan pada Air Mata

Air mata sendiri terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan minyak, air, dan mukus. Lapisan air merupakan yang paling tebal dan mengandung elektrolit. 

Lapisan minyak yang membungkus air mata memiliki fungsi untuk memperlambat penguapan.

Walaupun komponen air mata terdiri dari minyak, air, dan mukus, ternyata kita mengeluarkan tiga jenis air mata yang sesuai dengan fungsinya, termasuk air mata refleks karena tertawa.

Yang pertama adalah air mata emosi. 

Sesuai dengan namanya, jenis air mata ini keluar karena adanya tekanan emosi, baik itu kesedihan, kemarahan, maupun kebahagiaan. Air mata emosi mengandung zat pembuat stres berkadar tinggi, seperti adekortikotropin (ACTH).

Kedua, air mata basal. 

Air mata jenis ini selalu tersedia di dalam mata karena fungsinya untuk melembabkan, menutrisi, dan melindungi mata.  Cairan ini mengalir dari bola mata bagian luar menuju kornea dan membasahi permukaan mata setiap kita berkedip.

Terakhir adalah air mata refleks, yang fungsinya untuk melindungi mata dari iritasi yang disebabkan oleh debu, asap, maupun bawang. Ketika kita kelilipan, misalnya, air mata reflekslah yang keluar. 

Air mata ini juga yang keluar saat kita sedang memotong bawang. Air mata yang keluar saat tertawa juga termasuk ke dalam air mata jenis ini.

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Mengeluarkan Air Mata Saat Tertawa"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak