Apa satelit hanya sebuah bisnis semata? Kalau membandingkan satelite dengan kabel

Apa fungsi satelit jika ada kabel bawah laut yang menghubungkan internet? Apa satelit hanya sebuah bisnis semata?

Kalau membandingkan satelite dengan kabel, sama halnya seperti membandingkan liburan keluar negeri melalui pesawat atau kapal dengan wisata memakai motor atau mobil, intinya sama saja cuman ada kelebihan dan kelemahan masing - masing.

Intinya ada beberapa pertimbangan kenapa harus satelit atau kabel.

1. Terrain/Medan, satelit lebih efektif untuk medan yang cukup sulit, seperti pegunungan. Karena kabel khususnya kabel fiber butuh medan yang tergolong rata, pertimbangan ketahanan juga dipertimbangkan. 

2. Bandwidth, kabel lebih besar sedangkan satelit tergolong terbatas karena lebih sulit apabila untuk penambahan bandwith.

3. Kecepatan dan Delay, kabel lebih cepat, sedangkan satelit lebih besar delay.

4. Mobilitas, kabel tergolong statis, tidak dinamis karena sulit untuk dipindahkan, sedangkan satelit dengan mudah dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Area penggunaan, kabel efisien untuk digunakan di jaringan relatif kecil seperti hanya jaringan warnet, wan, man, sedangkan satelit lebih mendunia seperti broadcasting TV, Radio. Untuk saat ini satelit juga digunakan untuk layanan pemetaan, seperti GPS navigasi maupun tracker dan perlu juga menggunakan jaringan internet. Intinya saling membutuhkan.

6. Biaya, biaya satelit sangat mahal jika dibandingkan dengan kabel. Tapi ada keuntungan tersendiri, karena ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan melalui kabel saja, misalnya navigasi GPS, dll.

Oleh: Rizal Ramadhan S.Kom Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia (2019)

0 Response to "Apa satelit hanya sebuah bisnis semata? Kalau membandingkan satelite dengan kabel "

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak