Dreambuilding

Istilah dreambuilding atau membangun impian sangat populer dalam dunia pengembangan diri dan pencapaian prestasi hidup. 

Apa sebenarnya dreambuilding itu? Mengapa kita harus melakukan dreambuilding? 

Dreambuilding adalah merencanakan masa depan yang sukses secara holistik sehingga seimbang dalam setiap aspek kehidupan. 

Dengan perencanaan yang matang, diharapkan ketika sampai di puncak keberhasilan, kita tidak menyesal karena menjalani kehidupan yang berbeda dengan yang kita harapkan.

Dalam melakukan dreambuilding, kita perlu memperhatikan aspek kehidupan lainnya sehingga hidup kita akan seimbang dan tenang. 

Berikut ini adalah delapan aspek kehidupan yang harus kita perhatikan dalam proses dreambuilding:

1. Spiritual

2. Finansial

3. Bisnis–Karier

4. Keluarga

5. Perkembangan diri

6. Petualangan/Wisata

7. Sosial

8. Materi

Anda bisa mulai dari aspek mana saja. Untuk mudahnya, mari kita bahas satu per satu. 

Apa yang saya jelaskan di bawah ini hanyalah contoh yang akan memicu pemikiran Anda.

Spiritual

Di bidang spiritual, apa yang akan Anda capai tahun ini? Tahun depan? Anda akan menjadi orang dengan kualitas spiritual seperti apa? Bagaimana dengan kegiatan ibadah Anda? Apakah Anda akan ke Lourdes? Apakah Anda akan naik haji atau umrah? Atau mengunjungi tempat Sang Buddha Gautama lahir, mencapai pencerahan sempurna di bawah pohon Boddhi, dan parinibbanna?

Finansial

Dalam bidang finansial/keuangan, apa yang ingin Anda capai dalam tahun ini? Berapa penghasilan yang ingin Anda peroleh tahun ini? Berapa yang ingin Anda peroleh lima tahun ke depan? 

Bagaimana dengan sepuluh tahun ke depan? Berapa penghasilan Anda saat itu? Berapa tabungan atau deposito Anda? 

Selain jumlahnya, Anda harus dengan jelas mengungkapkan alasan mengapa Anda ingin mencapai impian Anda. Untuk apa? Untuk siapa?

Bisnis–Karier

Apa yang hendak Anda capai dalam bisnis atau karier Anda? Apakah Anda puas dengan bisnis/karier Anda saat ini? Kalau tidak puas, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan pindah karier? Apakah Anda akan mencoba bisnis baru? Apa target Anda dalam tahun ini? 

Bagaimana dengan tahun depan? Lima tahun lagi? Sepuluh tahun lagi? Apa alasan Anda ingin maju dalam bisnis atau karier? Untuk apa Anda maju dalam karier? Untuk siapa?

Keluarga

Keluarga seperti apa yang ingin Anda bina? Anda ingin menjadi suami atau istri seperti apa? Sudahkah Anda memiliki kualitas yang dimiliki oleh suami/istri/ayah/ibu idaman? Jika sudah memiliki anak, bagaimana cara Anda mendidik mereka? Bagaimana pembagian tanggung jawab dalam rumah tangga?

Perkembangan diri

Dalam waktu mendatang, Anda akan menjadi manusia yang seperti apa? Apakah karakter, sikap, kepribadian, kecakapan, pengetahuan, perilaku, dan kebijaksanaan Anda telah berkembang optimal? 

Kalau belum, apa yang akan Anda capai dalam tahun ini, tahun depan, lima tahun, sepuluh tahun lagi? Jika Anda ingin berhasil, kualitas apa yang harus Anda kembangkan dalam diri Anda? Sudahkah Anda memiliki kualitas itu? Bagaimana dengan aspek mental dan emosi Anda?

Petualangan/Wisata

Petualangan apa yang ingin Anda lakukan? Bila berlibur, Anda ingin ke mana? Manakah tempat yang paling ingin 

Anda kunjungi? Bagaimana gaya liburan Anda? Apakah Anda akan naik pesawat first class atau business class?

Bagaimana jika mencoba bungee jumping? Arung jeram?

Terjun payung? Lethal Weapon? Ke Alaska? Bagaimana kalau ke Tibet? Atau ke pedalaman Kalimantan? Ke mana Anda akan mengajak keluarga Anda berlibur?

Sosial

Apa yang akan Anda lakukan untuk lingkungan dan masyarakat? Apakah Anda akan mendirikan sekolah gratis untuk warga yang tidak mampu? Panti asuhan? Pengobatan gratis? 

Menyumbang untuk pendirian masjid, gereja, vihara, atau pura? Menyumbang untuk korban bencana alam? Berapa besar sumbangan yang akan Anda berikan pada tahun ini? Tahun depan? Lima tahun lagi? Sepuluh tahun lagi?

Materi

Dalam hal materi, apa saja yang ingin Anda miliki? Rumah mewah? Di mana lokasi rumah itu? Berapa luas tanah dan luas bangunannya? Bagaimana desain eksterior dan interiornya? Bagaimana dengan mobil? Perhiasan? Jam tangan Rolex? Pen Mont Blanc? Tas Louis Vuitton? Home theatre dengan sound system kelas A? Komputer yang canggih?

Kapan Anda ingin mendapatkan materi ini? Untuk apa Anda mendapatkannya? Bagaimana perasaan Anda saat mendapatkan materi ini?

Saat selesai menulis daftar impian, Anda akan merasa sangat nyaman dan lega. 

Daftar itu bersifat dinamis, bisa berubah. Ada yang akan Anda tambahkan dan mungkin akan ada yang Anda hapus. 

Yang penting adalah Anda telah menulis rencana hidup, cetak biru kehidupan Anda. Banyak orang yang tidak menulis daftar impian mereka karena tidak tahu caranya.

Satu hal penting yang harus benar-benar diperhatikan adalah bahwa kita harus berusaha membuat hidup kita seimbang. 

Apa maksudnya? Jika hidup ini diibaratkan dengan roda, pencapaian atau keberhasilan pada masing-masing aspek kehidupan sama dengan panjangnya ruji yang menghubungkan antara poros dan velg ban. 

Bisa Anda bayangkan apabila panjangnya ruji tidak sama? Bagaimana putaran rodanya? Pasti tidak karuan. Hal yang sama juga berlaku dalam hidup.

0 Response to "Dreambuilding"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak