PENGERTIAN BLOG SEJARAH FUNGSI KOMUNITAS MANFAAT DAN BAHAYANYA

PENGERTIAN BLOG
Sebelum membahas lebih dalam mengenai informasi yang terdapat didalam sebuah blog dan apa itu sebenarnya yang dinamakan dengan sebuah blog, apakah ada yang mengetahui apa itu blog? Yang sekarang cukup populer di dunia internet.

Blog merupakan singkatan dari sebuah web log, yaitu bentuk dari suatu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau artikel-artikel yang dimuat sebagai bentuk postingan di sebuah halaman web.yang dapat diakses pengguna internet. 

Tulisan atau artikel yang dibuat dan dimuat juga berdasarkan urutan yang terbaru, dan selanjutnya akan  di ikuti dengan tulisan atau artikel yang lebih lama atau dibuat sesuai dengan tanggal tahun dan waktu pembuatan dan tersusun secara sistematis.

Blog atau web dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut.

Sejarah media blog

Blog yang pertamakali populer di dunia internet yaitu Blogger.com, yang di miliki oleh Pyra Labssebelum dan pada akhirnya  diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Semenjak itu, mulaih lah berkembang, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka atau publik yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis artikel blog tersebut hingga sampai sekarang.

Fungsi dari media blog

Media Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. 

Sebagian besar media blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis atau dengan berkelompok. 

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan daftar pengunjung dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan/artikel yang dimuat dan dipublikasikan tersebut, ada juga blog yang bersifat sebaliknya  tidak menyediakan kolom komentar dan daftar pengunjung.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger  merupakan suatu wadah atau ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan lain sebagainya. 

Para blogger yang tergabung dalam komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan suatu kegiatan bersama seperti kopi darat untuk membahas suatu topik yang akan dipecahkan. 

Cara untuk bisa bergabung di dalam komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat tertentu dan aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, tentunya sarat dan aturan akan berbeda-beda.

Jenis-jenis blog

Blog politik: Membahas  tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog

Blog pribadi:Membahas tentang keseharian, disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan.

Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu topik tertentu, dan fokus pada bahasan tertentu.

Blog kesehatan: Blog yang membahas  tentang kesehatan. Kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan dan lain sebagainya .

Blog sastra: Blog ini Lebih dikenal sebagai litblog Literary blog yang isinya tentang sastra contoh sastra yaitu puisi, cerpen, novel, drama dan lainya.

Blog perjalanan: Blog yang membahas tentang cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan atau kunjungan kunjungan, tempat tertentu dan lain sebagainya atau traveling.

Blog mode: Blog ini lebih dikenal dengan nama Blog fashion. isi pembahasanya tentang seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain sebagainya.

Blog riset: Blog ini kusus membahas tentang  persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru dan lain sebagainya.

Blog hukum: Blog ini berfokus pada persoalan tentang hukum atau urusan hukum, blog ini disebut juga dengan blawgs atau  Blog Laws.

Blog media: Blog yang satu ini hanya berfokus pada bahasan berbagai macam informasi

Blog agama: Blok yang membahas seputar agama kusus atau menyeluruh

Blog pendidikan: Blog ini membahas seputar pendidikan dan kebanyakan ditulis oleh pelajar atau seorang guru.

Blog kebersamaan: Blog ini membaha seputar topik tertentu  ditulis oleh kelompok tertentu.

Blog petunjuk atau directory: Blog ini biasanya berisi ratusan link halaman website.

Blog bisnis: Blog ini membahas seputaran bisnis biasa digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis.

Blog pengejawantahan: Blog ini membahas  tentang objek di luar manusia seperti anjing dan lain sebagainya.

Blog pengganggu : Blog ini yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai Spam Blog.

Blog virus: BLog yang digunakan untuk merusak

Blog gaya hidup : Blog ini berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia (lifestyle)

Blog parenting: Blog yang fokus pada cerita/ tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak

Blog campuran: Blog yang isinya beraneka ragam apa saja ada.

Pengaruh media blog pada masyarakat dan pengguna

Ngeblog adalah istilah dari bahasa Indonesia untuk blogging, harus dilakukan secara rutin, hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog.

Untuk mengetahui sejauh mana blog yang dirawat mengganti template atau menambah artikel. Sekarang ada  jutaan lebih blog yang bisa ditemukan dan diakses di internet, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger untuk merawat blognya.

Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama atau sumber penghasilan utama yang di dapat  melalui program periklanan misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi. 

Sehingga muncul lah suatu istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog saja, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Risiko kejahatan media Blog

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi.

Sehinga blog bisa menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. 

Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap oleh pihak yang berwajib.

Itulah beberapa informasi tentang blog semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung salam hangat.


0 Response to "PENGERTIAN BLOG SEJARAH FUNGSI KOMUNITAS MANFAAT DAN BAHAYANYA"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak