PENGERTIAN EKONOMI


PENGERTIAN EKONOMI
Kita terkadang hanya mendengar dan melihat segala aktifitas masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhanya sehari hari yakni kebutuhan ekonomi rumah tangganya. Dengan adanya kegiatan tersebut, timbulah yang namanya ilmu ekonomi.

Ekonomi sendiri adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari segala aktivitas manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. 

Istilah "ekonomi" itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti "keluarga, rumah" dan nomos yang berarti "aturan, aturan, hukum". Secara umum, ekonomi didefinisikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." 

Sedangkan yang dipahami oleh para pakar ekonom atau ahli ekonomi adalah orang menggunakan konsep dan data ekonomi didalam pelaksanaan kerja.


Ilmu ekonomi

Ekonomi dibahas secara luas dalam ilmu khusus yang dikenal sebagai ekonomi, yang meliputi sosiologi. sejarah, antropologi dan geografi. 

Bagian ekonomi dalam bentuk ilmu terapan seperti produksi, distribusi, perdagangan dan konsumsi juga dibahas dalam ilmu lain seperti teknik, manajemen, manajemen bisnis, ilmu terapan dan keuangan. 

Ada banyak sektor ekonomi, yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga sektor utama, yaitu sektor primer, sektor sekunder dan sektor tersier.


Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi

Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi orang adalah bahwa kebutuhan mereka tidak terbatas, sedangkan cara untuk memenuhi kebutuhan ini terbatas. 

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah kebutuhan seseorang berbeda dari jumlah kebutuhan lainnya:
  1. Faktor ekonomi
  2. Faktor lingkungan sosial budaya
  3. Faktor fisik
  4. Faktor pendidikan
  5. Faktor moral

Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal. 

Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Itulah sedikit pengertian tentang ekomi bila ada yang mau menambahkan silahkan menambahkan di kolom komentar terima kasih telah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat salam hangat Nilibas.

0 Response to "PENGERTIAN EKONOMI"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak