15 MACAM BUAH DI PERCAYA UNTUK MENURUNKAN KOLESTEROL

Bila kolestrol anda naik setelah mengonsumsi daging kambing maupun sapi saat Hari Raya Idhul Adha. 

Jangan kuwatir karena ada bermacam buah yang mampu untuk menurunkan  kadar kolestrol dalam darah. 

Buah apa saja yang bermanfaat  untuk menurunkan dan dapat mengatasi kolestererol dalam darah diantaranya  sebagai berikut:

1. Buah Semangka
Semangka tidak hanya bisa untuk mengatasi kolesterol tetapi juga bisa menutrisi tubuh dengan baik. Buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga mampu untuk menghidrasi tubuh dengan sangat baik.

2. Buah  Melon
Buah  melon sama hampir sama dengan buah semangka, buah melon juga dapat di konsumsi sebagai pengendali kolesterol yang baik.

3. Buah Mentimun
Buah selanjutnya yang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kolesterol yaitu buah mentimun. Karena buah ini bersifat untuk mendinginkan pencernaan. 

4. Buah Zaitun
Buah zaitun kaya akan kandungan zat anti oksidan  yang memiliki banyak manfaat buah ini dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Buah ini berefek baik terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang nantinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Buah Pir
Buah Pir merupakan sumber serat  yang sangat baik. Pir  memiliki kandungan serat yang tinggi, karena itu, pir menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Kandungan pektin dalam pir juga membantu pemebersihan usus dan melancarkan buang air besar.

6. Buah Mangga
Buah mangga juga merupakan salah satu sumber Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat yang teroksidasi penyebab utama terjadinya plak (penimbunan) kolesterol pembuluh darah. Buah mangga juga merupakan salah satu sumber makanan kaya serat yang dapat mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah.

7. Buah Delima
Kandungan oksida nitrat yang terdapat dalam buah delima, tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, tetapi dapat menghilangkan plak dalam aliran darah sebagai akibat tingginya kolesterol darah. Kandungan antioksidan dalam buah delima ternyata tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah.

8. Buah Berry
Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berry terkenal kaya akan pterostilbene yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Zat ini juga dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri yang bila dibiarkan dapat menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke.

9. Buah Anggur
Anggur mengandung zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol, yaitu senyawa flavonoid, di samping itu senyawa ini juga mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Buah anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol, sekaligus menaikkan kolesterol baik.

10. Buah Jambu Biji
Buah jambu biji merah atau guava mengandung banyak vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium. Hal ini dibuktikan melalui penelitian, bahwa konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dalam dosis terukur dapat menurunkan kolesterol sampai 53% dari total 83% kolesterol.

11. Buah Alpukat
Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehingga banyak yang menghindari karena takut gemuk atau menderita kolesterol tinggi. Alpukat memang mengandung banyak lemak, bahkan sampai 16 persen. Namun lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang justru menyehatkan, karena lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat. Buah Alpukat juga mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang juga menyehatkan, karena dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

12. Buah Tomat
Tomat terkenal memiliki banyak kandungan likopen yang juga memiliki peran menurunkan kadar kolesterol jahat. Memanfaatkan tomat dengan cara dimakan segar, dibuat jus, atau diolah dalam bentuk sup. Buah tomat  sifatnya  dapat menenangkan lambung.

13. Buah Pisang
Buah pisang mengandung zat kalsium, magnesium dan potasium yang sangat baik dalam mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Buah Pisang juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat akibat konsumsi daging yang berlebih.

14. Buah Apel
Buah apel memang terkenal menyehatkan karena termasuk salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung zat beta-glucan berperan dalam mengontrol produksi kolesterol. Buah ini sebagai sumber serat yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

15. Buah Jeruk Nipis
Perasan Buah jeruk nipis sangat baik diminum untuk menurunkan kolesterol.Tak hanya mengatasi kolesterol, jeruk nipis juga merupakan antioksidan yang baik buat tubuh.

Itulah 15 macam buah yang direkomendasikan untuk mengimbangi saat konsumsi daging di momen Idul Adha.Terima kasih. Salam Hangat Nilibas.

0 Response to "15 MACAM BUAH DI PERCAYA UNTUK MENURUNKAN KOLESTEROL"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak