LANGKAH MENGHAPUS FILE ATAU FOLDER DI KOMPUTER YANG TIDAK BISA DIHAPUS

LANGKAH MENGHAPUS FILE ATAU FOLDER DI KOMPUTER YANG TIDAK BISA DIHAPUS
Anda mengalami kejadian sulit menghapus file atau folder komputer maupun laptop Artinya file atau folder tersebut sama sekali tidak bisa kita hapus. Saya sendiri sering mengalami kasus tersebut dan memang membuat kesal, jika hal itu terjadi. Apapun operasi sistemnya mau Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 saya yakin Anda pasti pernah mengalami hal tersebut, yaitu file atau folder tidak bisa dihapus sama sekali. 

Banyak penyebab file atau folder tidak bisa dihapus, diantaranya adalah :
  1. File atau Folder komputer memiliki permissions yang sangat kuat;
  2. File yang tersimpan di dalam folder sedang digunakan pada sebuah program
  3. File sedang digunakan orang lain jika memang komputer atau laptop Anda terdiri dari beberapa User Accounts atau komputer dalam satu jaringan LAN seperti di warnet.
Dari ketiga penyebab diatas maka file atau folder, tidak akan bisa dihapus walaupun bagaimanapun caranya kecuali kita tahu penyebab dan cara menanganinya. Bahkan ada juga file atau folder tidak bisa dihapus diluar ketiga penyebab diatas. Jika hal itu terjadi maka mau tidak mau kita harus menggunakan software untuk menghapusnya. Atau bahkan jika memang sangat bandel juga, akhirnya  harus dengan menginstall ulang Windows tersebut.

Berikut cara dan lankah untuk bisa menghapus file atau folder yang sulit untuk dihapus.

1. Mengganti User Account Komputer atau Laptop
Langkah awal mungkin saja akun komputer atau laptop yang Anda gunakan bukan pada status Administrator. Jika memang iya maka sangat mustahil Anda bisa menghapus file atau folder yang tersimpan didalam komputer. Menghapus file atau folder hanya bisa dilakukan oleh user yang sedang berada pada User Account Administrator. Silakan cek dan ubah switch user akun komputer atau laptop Anda. Namun jika Anda rasa bahwa komputer atau laptop tidak pernah membuat User Account baru selain Administrator, maka penyebabnya bukan ini.

2. Menghentikan Program Yang Berhubungan Dengan File atau Folder Yang Ingin Dihapus
Kemungkinan ada program aktif yang berhubungan dengan file atau folder tersebut. Non-aktifkan terlebih dahulu setiap program yang terkait. Kasus ini biasanya akan muncul pesan File In Use pada kotak dialog penghapusan file atau folder. Jika begitu jadi jelasnya sudah bahwa penyebabnya adalah memang ada program yang aktif. Anda tidak menemukan program yang aktif, coba buktikan dengan menghentikan program dari Task Manager. Cara masuk ke Task Manager silakan tekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard secara bersamaan.
Pilih program yang terlihat aktif pada tab Aplications kemudian Anda klik pilih lagi End Task. Maka dengan melakukan cara ini program-program aktif akan otomatis berhenti. Masih gagal juga dengan melakukan cara ini? Silakan lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Restart Komputer atau Laptop
Bila langkah diatas tidak mempan.coba lakukan restart komputer atau Laptop Untuk restart komputer atau laptop lakukan dengan cara yang benar, yaitu dari Start > Shut Down > Restart, maka nanti komputer atau laptop setelah mati akan nyala kembali secara otomatis. Dengan restart komputer maka akan menutup semua program yang sedang aktif. Silakan setelah komputer kembali nyala Anda coba hapus kembali file atau folder yang tadi tidak bisa dihapus.

4. Masuk Ke Safe Mode
Masuk ke Safe Mode. Cara masuk ke Safe Mode adalah restart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard terus menerus ketika komputer atau laptop nyala. Langkah ini seperti kita akan masuk ke BIOS komputer. Kemudian jika komputer sudah nyala atau dalam keadaan tampilan Safe Mode silakan Anda coba hapus file atau folder yang tidak bisa dihapus  tersebut.
Ketika komputer atau laptop dalam posisi Safe Mode maka Windows akan menghemat penggunaan RAM, Service, Intrernet, Software, dan perangkat-perangkat lainnya. Maka pada tampilan Safe Mode akan terlihat sangat sederhana sekali. Dengan cara ini biasanya juga kita akan berhasil menghapus file atau folder yang awalnya tidak bisa dihaps.

5. Mengunakan Software Pihak Ketiga
Jika  ternyata semua langkah  diatas tidak berhasil.  Mau tidak mau harus menginstall software pihak ketiga yang khusus  untuk menghapus file atau folder  tersebut. Saya merekomendasikan dua software yang bisa Anda pilih, yaitu Software Unlocker dan Software Iobit Unlocker. Umumnya kasus penghapusan file atau folder yang tidak bisa dihapus dengan software ini akan berhasil dihapus.
Download terlebih dahulu Software Unlocker pada halaman web resminya www.emptyloop.com/unlocker.  Atau  Software Iobit Unlocker, di www.iobit.com/en/iobit-unlocker.php.

Demikian langkah-langkah  menghapus file atau folder dilaptop maupun komputer yang susah untuk dihapus.selamat mencoba. Terima kasih Salam hangat Nilibas.

0 Response to "LANGKAH MENGHAPUS FILE ATAU FOLDER DI KOMPUTER YANG TIDAK BISA DIHAPUS"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak