PENGERTIAN KESEHATAN

Semua pasti tau apa itu kesehatan?Kesehatan adalah keadaan kesejahteraan tubuh, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. 

Perawatan medis adalah upaya untuk mengobati dan mencegah gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, perawatan dan / atau perawatan, termasuk kehamilan dan persalinan.
Pendidikan kesehatan adalah proses membantu seseorang, bertindak secara individu atau kolektif, untuk mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan tentang berbagai hal. hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadi Anda dan orang lain. 

Larry Green dan rekan-rekannya, yang menulis bahwa pendidikan kesehatan adalah kombinasi dari pengalaman belajar yang dirancang untuk memfasilitasi adaptasi sukarela terhadap perilaku yang mengarah ke kesehatan, mengusulkan definisi yang lebih sederhana. 80 persen orang Indonesia tidak dapat memperoleh asuransi kesehatan dari lembaga atau perusahaan di bidang perawatan medis, seperti Access, Taspen dan Jamsostek. 

Kelompok orang yang menganggap diri mereka 'teranaktirikan' dalam hal asuransi kesehatan adalah kelompok masyarakat kecil dan pedagang. Dalam layanan kesehatan, masalah ini menjadi lebih rumit, karena manajemen layanan kesehatan tidak hanya terkait dengan beberapa kelompok orang, tetapi juga dengan sifat khusus dari perawatan kesehatan itu sendiri.

Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara, dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah, dan atau masyarakat.

Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan, dan atau keterampilan melalui pendidikandi bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Sarana kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.Kesehatan adalah sesuatu yang sangat bergunaBila kita sehat kita akan menikmati hidup lebih indah.

Kesehatan tubuh
Menurut WHO (World Health Organization), kesehatan adalah kesejahteraan fisik, mental dan sosial dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan.

Kesehatan mental
Organisasi Kesehatan Dunia menggambarkan kesehatan mental sebagai "situasi yang baik di mana seseorang menyadari kemampuan mereka, dapat menghadapi stres normal, dapat bekerja secara produktif dan menyenangkan, dan dapat berkontribusi pada komunitas mereka." Kesehatan mental bukan hanya tidak adanya penyakit mental dan masalah kesehatan mental bukanlah penyakit mental.

Banyak remaja menderita kesehatan mental sebagai akibat dari tekanan sosial lingkungan dan masalah sosial yang mereka hadapi. Beberapa masalah kesehatan mental remaja adalah: depresi, masalah makan /gangguan makan dan penggunaan narkoba. Banyak cara untuk mencegah masalah kesehatan mental terjadi, seperti komunikasi yang baik dengan anak-anak / remaja Anda yang menderita kesehatan mental. Selain itu, kesehatan mental itu dapat disembuhkan.


Tujuan kesehatan dalam segala aspek
Salah satu tujuan nasional adalah untuk mempromosikan kesejahteraan bangsa, yang berarti memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan kedamaian hidup. untuk perwujudan derajat kesehatan yang optimal di tangan semua orang Indonesia, pemerintah dan sektor swasta bersama.

Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan
Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan dapat dibagi menjadi dua, secara umum dan khusus. Tujuan dan ruang lingkup secara umum meliputi:

Membuat koreksi atau perbaikan terhadap semua bahaya dan ancaman terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.

Melakukan upaya pencegahan dengan mengatur sumber daya lingkungan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.
Bekerja sama dan mengimplementasikan program terpadu di antara masyarakat, lembaga pemerintah dan lembaga pemerintah dalam pengelolaan bencana alam atau penyakit menular.

Tujuan dan ruang lingkup secara khusus mencakup upaya untuk meningkatkan atau mengendalikan lingkungan manusia, termasuk:
Menyediakan air bersih yang cukup dan memenuhi persyaratan kesehatan.
Makanan dan minuman diproduksi dalam skala besar dan masyarakat mengkonsumsinya secara luas.
Polusi udara akibat pembakaran sisa bahan bakar, batu bara, kebakaran hutan dan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan dan makhluk hidup lainnya, dan merupakan penyebab perubahan dalam ekosistem.
Limbah cair dan padat dari rumah, pertanian, peternakan, industri, rumah sakit dan lainnya.
Kontrol arthropoda dan tikus yang menjadi vektor penyakit dan cara memutus rantai penularan penyakit.
Rumah dan bangunan yang layak huni dan memenuhi persyaratan kesehatan.
Kebisingan, radiasi dan kesehatan kerja.
Survei sanitasi untuk merencanakan, memantau, dan mengevaluasi program kesehatan lingkungan

Tujuan Pembangunan Kesehatan
Dalam jangka panjang, pengembangan sektor kesehatan ditujukan untuk mencapai tujuan utama berikut:

Tingkatkan kapasitas masyarakat untuk membantu di sektor kesehatan.

Peningkatan kualitas lingkungan yang dapat menjamin kesehatan.

Peningkatan status gizi masyarakat.

Pengurangan rasa sakit (morbiditas) dan kematian (mortalitas).

Perkembangan keluarga yang sehat dan sejahtera, dengan penerimaan aturan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

Dasar-dasar pembangunan kesehatan

Konsep dasar pembangunan nasional di sektor kesehatan adalah sebagai berikut:

Semua warga negara berhak mendapatkan derajat kesehatan optimal untuk bekerja dan hidup dengan benar sesuai dengan martabat manusia.

Pemerintah dan masyarakat bertanggung jawab untuk memelihara dan meningkatkan status kesehatan masyarakat.

Pelaksanaan upaya kesehatan diatur oleh pemerintah dan dilakukan secara harmonis dan seimbang oleh pemerintah dan masyarakat.

Itulah sedikit dari pengertian tentang kesehatan kebanyakan sudah tahu bila ingin menambahkan silahkan dikolom komentar terima  kasih salam hangat nilibas

0 Response to "PENGERTIAN KESEHATAN"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak