PENGERTIAN MOTIVASI

PENGERTIAN MOTIVASI
Apakah ada yang tau tentang pengertian motivasi? 

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Ada tiga elemen utama dalam definisi motivasi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.

Arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. 

Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang di inginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. 

Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan semangat,  perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. 

Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat.

Definisi motivasi
Motivasi berasal dari bahasa Latin "movere", yang berarti bergerak. 

Menurut Weiner (1990), motivasi didefinisikan sebagai kondisi internal yang membangunkan kita untuk bertindak, mendorong kita untuk mencapai tujuan tertentu dan membuat kita tetap tertarik pada kegiatan tertentu. 

Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal kepada seseorang, yang ditunjukkan oleh adanya keinginan dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan dan rasa hormat. 

Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris "motivasi" yang berarti dorongan atau alasan untuk melakukan suatu kegiatan hingga mencapai tujuannya.

Dari sesi pemahaman para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, berhenti, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang di inginkan dari motivasi tersebut.

Ada dua faktor yang mendorong manusia mencapai kepuasan dan menjauhi ketidak puasan yaitu faktor ekstrinsik  dan intrinsik . 

Faktor ekstrinsik memotivasi orang untuk keluar dari ketidak puasan sedangkan faktor intrinsik (motivator) memotivasi orang untuk berusaha mencapai kepuasan. 


Itulah sedikit pengertian motivasi jika ada yang ingin menambahkan silakan menambahkan di kolom komentar terima kasih telah membaca artikel ini Salam hangat Nilibas.

0 Response to "PENGERTIAN MOTIVASI"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak