Manfaat Daun Thyme yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Daun thyme ini oleh sebagian orang sering digunakan sebagai bahan bumbu dan rempah untuk memasak. Namun, di balik itu semua daun thyme yang manfaatnya sebagai bahan makanan, daun thyme juga dipercaya orang berguna sebagai obat herba untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun Thyme yang mempunyai nama latin Thymus vulgaris ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, daun thyme ini juga bisa diolah menjadi teh herbal, minyak esensial untuk aromaterapy, hingga obat alami.

Khasiat Daun Thyme untuk Kesehatan

Dalam daun thyme mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, zat besi, zinc, kalsium, magnesium,dan kalium.Selain itu, daun thyme juga mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol dan thymol. Zat thymol inilah yang memberikan aroma khas pada daun thyme. Berkat kandungan dalam daun thyme yang memiliki beberapa jenis nutrisi dan antioksidan seperti ulasan diatas, daun thyme dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan batuk

Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak esensial yang mengandung ekstrak daun thyme bermanfaat sebagai obat batuk Alami untuk mengatasi batuk akibat flu dan ISPA.Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan antiradang yang terdapat di dalam daun thyme.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Thyme merupakan salah satu sumber vitamin A,vitamin C, dan antioksidan yang baik. Kandungan-kandungan di dalam daun thyme tersebut diketahui dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Meredakan peradangan dan iritasi pada kulit

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun thyme dapat meringankan kondisi peradangan dan iritasi pada kulit, misalnya pada penyakit eksim dan jerawat.Hal ini berkat kandungan thymol di dalam daun thyme yang memiliki sifat antiradang, antioksidan, serta antibakteri.

4. Membantu meredakan stres

Minyak esensial dari daun thyme mengandung aroma yang menyegarkan. Jika digunakan sebagai aromaterapi, minyak tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan dan meredakan stres.

5. Meredakan nyeri

Daun thyme mengandung zat yang memiliki sifat antiradang dan antinyeri. Berkat kandungan tersebut, daun thyme yang dikonsumsi sebagai teh atau suplemen herba diduga dapat meringankan nyeri, misalnya akibat kram di saat menstruasi.

Selain beberapa manfaat yang telah di ulas diatas, daun thyme juga dapat digunakan sebagai obat herba untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mengatasi bau mulut.

Perlu Anda ketahui, beberapa manfaat daun thyme untuk kesehatan di atas masih terbatas pada studi penelitian berskala kecil. Oleh karena itu, manfaat daun thyme secara medis sebagai pengobatan masih perlu diteliti lebih lanjut, terutama terkait efektivitas dan tingkat keamanannya.

Catatan: Dalam mengkonsumsi disarankan untuk sesuai dengan takaran, daun  thyme tidak disarankan mengkonsumsi secara berlebihan karena berpotensi menimbulkan berbagai efek samping,  seperti gangguan pencernaan dan sakit kepala.

0 Response to "Manfaat Daun Thyme yang Luar Biasa Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak