Manfaat Luar Biasa Tanaman Salam

Daun salam ini memang bukan merupakan hal yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Apalagi bagi ibu atau kaum hawa yang mempunyai hoby memasak. Daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu digunakan hampir di setiap masakan karena mempunyai aroma yang sedap. Manfaat daun salam yang satu ini berguna sebagai penyedap rasa hampir di setiap masakan.

Selain sebagai bumbu penyedap rasa, daun yang memiliki bentuk tipis dan bertekstur halus ini juga menyimpan berbagai manfaat. Baik manfaat bagi kesehatan tubuh hingga dapat bermanfaat untuk hal-hal sepele seperti mengusir serangga.

Berikut beberapa manfaat daun salam: 

Mengatasi Masalah Pencernaan
Daun salam memiliki manfaat untuk meredakan bahkan mengatasi masalah pencernaan. Mulai dari perut kembung, mulas, konstipasi hingga asam lambung.

Bagi anda yang mempunyai beberapa masalah pencernaan seperti yang disebutkan, manfaatkan daun salam dengan merebusnya ke dalam air lalu meminum air rebusan daun salam tersebut selagi hangat. Jika tidak suka dengan aroma dan rasanya, bisa dengan menambahkan campuran madu dan jahe.

Membantu Mengobati Diabetes
Manfaat daun salam selanjutnya ialah mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam daun salam mampu membantu tubuh dalam menyerap insulin lebih efisien. Hal ini dikatakan dapat mengobati penyakit diabetes tipe 2.

Selain dapat mengobati diabetes, daun salam juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Bagi anda yang mau mencoba, dapat merebus 3 gram daun salam dan meminum air rebusannya rutin dalam 30 hari.

Baik Untuk Kesehatan Jantung
Daun salam memiliki kandungan phytonutrient yang dapat memberikan perlindungan dari serangan jantung, stroke juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan inj jugalah yang memberi manfaat daun salam sebagai bahan makanan yang baik untuk jantung.

Sebagai pengobatan penyakit jantung, bisa dengan merebus 3 gram daun salam dicampur dengan 3-4 gram bunga mawar liar ke dalam air 300 ml. Rebus air sampai tersisa 75 ml, kemudian dapat disaring lalu diminum.

Meredakan Nyeri
Daun salam memiliki kandungan minyak yang bersifat antiperadangan. Minyak ini dapat digunakan untuk mengobati rasa nyeri pada bagian tubuh akibat keseleo, ketegangan otot, juga arthritis, rematik maupun yang lain.

Minyak ini juga dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala ringan seperti migraine, yaitu dengan mengoleskan dan memijat minyak daun salam pada kening atau sekitar kepala yang sakit.

Meredakan Demam Dan Infeksi
Manfaat daun salam berikutnya, untuk meredakan gejala demam, flu atau infeksi. Ini dapat dilakukan dengan cara merebus air dengan daun salam lalu meminumnya.

Selain diminum, air rebusan daun salam yang masih hangat dapat digunakan untuk merendam handuk atau kain kecil, lalu handuk atau kain rendaman tersebut dapat diletakkan di atas dada.

Mencegah Kanker
Mengonsumsi rebusan daun salam juga dapat menghindarkan tubuh dari risiko terkena serangan kanker. Hal ini karena daun salam mempunyai beberapa kandungan yang berguna untuk mencegah kanker, yaitu kandungan caffeic acid, quercetin dan catechin.

Selain itu terdapat pula kandungan pathenolide yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari sel kanker serviks. Kandungan itulah yang memberi banyak manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Batu Ginjal
Selain mampu mengobati penyakit diabetes, jantung serta mencegah penyakit kanker, daun salam juga bermanfaat untuk menghindarkan diri dari penyakit batu ginjal. Manfaat daun salam ini bisa diperoleh dengan cara mudah.

Bagi anda yang ingin mencoba, masih dengan cara yang sama yaitu merebus beberapa daun salam lalu meminum air rebusannya selagi hangat. Dengan konsumsi air seduhan daun salam dapat membantu pencegahan pembentukan batu ginjal.

Mengobati Sakit Mata
Daun salam juga dapat digunakan untuk mengobati sakit mata. Ketika sedang mengalami beberapa masalah mata, bisa saja mencoba obat dari daun salam ini yaitu dengan merebus daun salam ke dalam air dan menggunakan air rebusannya untuk membasuh bagian mata yang sakit.

Membersihkan Gigi
Daun salam bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan gigi. Caranya buat daun salam menjadi bentuk bubuk lalu menggunakannya sebagai pasta gigi untuk membersihkan gigi sehari-hari.

Seperti sikat gigi pada umumnya, ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari. Lakukan secara rutin dan dapatkan manfaat daun salam yang satu ini.

Mengusir Serangga
Daun salam mempunyai kandungan lauric acid yang ternyata bisa digunakan sebagai bahan pengusir serangga. Anda bisa menyimpan satu piring lembar daun salam di dalam kamar untuk mengusir nyamuk.

Selain itu daun salam bisa dijadikan pasta dengan mencampurkannya sedikit minyak lalu dapat dioleskan di area kulit yang telah digigit nyamuk. Dengan mengoleskan pasta dari daun salam ini dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari tanaman salam semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Manfaat Luar Biasa Tanaman Salam "

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak