Apa itu pemindahan situs?

Pemindahan situs
Pemindahan situs (atau transfer, penggantian nama, pengubahan, maupun migrasi situs) umumnya dibagi menjadi dua kategori:

  1. Pemindahan situs tanpa perubahan URL
  2. Pemindahan situs dengan perubahan URL

Apa itu pemindahan situs?

Sebagai webmaster atau pemilik situs, Anda mungkin ingin memindahkan situs ke URL atau infrastruktur yang lain. 

Bagian ini mencakup beragam skenario terkait pemindahan situs dan memberikan tips tentang cara mempersiapkan, menerapkan, dan memantau pemindahan.

Dalam dokumentasi ini, desain ulang situs tidak dianggap sebagai pemindahan situs, meskipun desain ulang melibatkan penambahan URL ekstra. 

Desain ulang adalah mengubah tata letak halaman yang sudah ada atau menambahkan halaman konten baru. Pemindahan adalah memindahkan halaman yang sudah ada menggunakan salah satu cara berikut:

Pemindahan situs tanpa perubahan URL

Infrastruktur dasar yang menayangkan situs web berubah, namun tidak ada perubahan yang terlihat di URL. 

Misalnya, jika Anda memindahkan www.example.com ke penyedia hosting lain dan tetap mempertahankan www.example.com sebagai URL root yang sama untuk situs Anda.

Pemindahan situs tanpa perubahan URL

Ringkasan: Pemindahan situs tanpa perubahan URL

1. Menyiapkan infrastruktur hosting baru

2. Memulai pemindahan situs

3. Memantau lalu-lintas

4. Menonaktifkan hosting lama

Pemindahan situs dengan perubahan URL

Perubahan URL halaman. 

Misalnya:

Protokol berubah — http://www.example.com menjadi https://www.example.com

Nama domain berubah — example.com menjadi example.net

Jalur URL berubah — example.com/page.php?id=1 menjadi example.com/widget

Untuk mengubah cara situs Anda ditayangkan kepada pengguna seluler versus desktop, baca panduan desain situs mobile-friendly.

Pemindahan situs dengan perubahan URL

Ringkasan: Pemindahan situs dengan perubahan URL

1. Menyiapkan situs baru

2. Menyiapkan pemetaan URL

3. Memulai pemindahan situs

4. Pantau traffic

Saran untuk semua pemindahan situs

Pisahkan pemindahan Anda menjadi langkah-langkah kecil.

Sebaiknya, cukup pindahkan satu bagian situs di awal untuk menguji dampaknya terhadap lalu lintas dan pengindeksan penelusuran. 

Kemudian Anda dapat memindahkan bagian lain situs Anda sekaligus atau secara bertahap. Saat memilih bagian situs pengujian awal, pilih bagian yang tidak sering berubah dan tidak terpengaruh secara signifikan oleh peristiwa yang tidak dapat diprediksi atau yang sering terjadi. 

Selain itu perlu diingat bahwa meski memindah satu bagian adalah cara yang baik untuk menguji pemindahan, hal tersebut tidak selalu mewakili seluruh pemindahan situs jika berhubungan dengan penelusuran. 

Semakin banyak halaman yang dipindahkan, semakin besar kemungkinan Anda mengalami masalah yang perlu diselesaikan. Perencanaan yang matang dapat meminimalkan masalah.

Jika memungkinkan, lakukan pemindahan saat lalu lintas sedang lenggang.

Jika lalu lintas Anda bersifat musiman atau menurun pada hari kerja tertentu, sebaiknya pindahkan situs saat lalu lintas sedang reda. 

Tindakan ini menurunkan pengaruh dari apa pun yang rusak, serta mengerahkan lebih banyak kemampuan server Anda untuk membantu Googlebot memperbarui indeks kami.

Perkirakan adanya fluktuasi sementara di peringkat situs selama pemindahan.

Dengan beberapa perubahan yang signifikan pada situs, Anda mungkin mengalami fluktuasi peringkat saat Google kembali merayapi dan mengindeks situs Anda. 

Prinsipnya, situs web yang berukuran sedang dapat memakan waktu beberapa minggu untuk memindahkan hampir semua laman ke indeks kami, situs yang lebih besar memerlukan waktu lebih lama. 

Kecepatan Googlebot dan sistem kami dalam menemukan dan memproses URL yang dipindahkan sebagian besar bergantung pada jumlah URL dan kecepatan server. 

Mengirimkan peta situs dapat membantu proses penemuan menjadi lebih cepat, dan Anda dapat memindahkan situs secara bertahap.

Ajukan pertanyaan di Pusat Webmaster Google.

Terdapat banyak saran yang bagus di Webmaster Google, dan kasus tertentu telah dijawab di forum pengguna kami. 

Jika tidak dapat menemukan jawaban, Anda dapat mengajukan pertanyaan langsung ke salah satu Analis Tren Webmaster kami selama jam kerja Pusat Webmaster.

Jika melibatkan perubahan URL, pertimbangkan pengujian Alfa/Beta atau uji coba penjalanan situs.

Rencanakan selama beberapa minggu guna memberikan waktu untuk proses perayapan dan pengindeksan dalam menerapkan perubahan, serta waktu untuk memantau lalu lintas.

0 Response to "Apa itu pemindahan situs?"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak