Membuat Password Yang Kuat dan Aman

Password Yang Kuat dan Aman
Mungkin kita akhir-akhir ini sering mendengar tentang beredarnya kabar tentang pembobolan akun email atau social media oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Lantas kenapa akun-akun mereka ini dapat di jebol dan diambil padahal sudah menggunakan password, ini salah satu penyebabnya adalah karena pengunaan password yang tidak kuat dan aman.

Sekarang ini semua akun sudah menggunakan username dan password, jangan sampai karena alasan agar mudah diingat sobat lantas menggunakan password yang lemah. 

Kita tidak bisa mengetahui ada banyak pihak diluar sana yang selalu berusaha membobol akun-akun dengan tujuan yang pasti untuk kejahatan. Entah itu untuk penipuan, pencurian terhadap data atau uang.

Kehilangan satu akun saja pasti menjadi suatu musibah yang besar, bagaimana tidak jika didalamnya isinya mengenai urusan pekerjaan. 

Jadi sobat sebagai pengguna internet saat ini untuk selalu berhati-hati dalam membuat password/kata sandi yang kuat agar aman dari tindak kejahatan cyber crime. 

Kabar baiknya kami sudah merangkum tips membuat password yang kuat dan aman. Silahkan lihat pembahasannya dibawah ini:

Membuat Password Yang Kuat

1. Jangan gunakan informasi pribadi

Hindari pengunaan informasi pribadi seperti nama, tanggal ulang tahun, username, alamat email dan sebagainya. 

Password seperti ini biasanya dapat diakses oleh publik, sehingga sangat rawan ditebak oleh orang lain yang akan berbuat jahat.

Contoh password yang mungkin sering banyak dijumpai seperti : 123456, rahasia, admin,  password, dan masih banyak lagi contoh lainnya yang belum dituliskan.

2. Gunakan password yang panjang

Password minimal memiliki panjang 6-8 karakter, jadi lebih baik sobat bisa membuat password yang lebih panjang, tetapi perlu diingat jangan menggunakan abjad atau angka yang berurutan.

3. Hindari menggunakan kata-kata dalam kamus

Hindari menggunakan kata-kata yang terdapat pada kamus atau kata umum lainnya karena ditakutkan mudah untuk ketebak oleh orang lain, lebih baik mengacak kata yang tidak bisa dibaca saja agar lebih amannya.

4. Gunakan symbol unik

Gunakan tammbahan symbol untuk mempersulit hacker untuk masuk ke website, jadi mereka akan kesulitan dan membutuhkan waktu yang lebih lama saat akan login.

5. Gunakan angka

Selain symbol, sobat juga perlu menambahkan angka agar susah diingat. Untuk password angka yang penting bisa dikombinasikan dengan symbol.

6. Gunakan kombinasi huruf

Karena dalam password dan username salah huruf besar kecil saja tidak bisa login, maka sobat perlu menyiapkan password yang kuat dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka serta symbol. 

Jika semuanya dikombinasikan maka peluang hacker untuk bisa membobol password akan selalu sulit sekali.

7. Gunakan password berbeda tiap akun

Untuk tindakan preventif, usahakan untuk setiap akun memiliki password yang berbeda-beda. Tujuannya jika sampai ada satu akun yang bisa dibbobol hacker, maka akun lainnya akan tetap aman. 

Untuk itu selain mengkombinasikan huruf, angka, simbol, besar kecil huruf, sobat perlu membedakan nama setiap akun. Agar aman bisa dicatat sehingga tidak lupa sewaktu dibutuhkan.

 Aplikasi Pengelola Password

Sekarang ini setiap orang memiliki banyak lebih dari satu akun, entah itu email, social media atau yang lainnya. 

Jika untuk mengingat password yang berbeda-beda pasti akan susah, kecuali memang sering sobat gunakan sehari-hari. 

Tetapi ada cara mudah untuk mengingat banyak password sekaligus, apa itu?

Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tersedia aplikasi password manager yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai password tanpa pusing lupa. 

Aplikasi password manager ini akan mengingatkan Anda saat akan login ke setiap akun yang berbeda-beda. Rekomendasi dari kami ada 3 password manager terbaik, seperti :

LastPass

LastPass menjadi aplikasi password manager terbaik pilihan kami. Bagaimana tidak LastPass bisa digunakan di browser atau diinstall pada perangkat mobile. 

Untuk manajemen passwordnya sangat menarik, akan ada logo dari akun websitenya yang muncul pada setiap password yang disimpan. Untuk membukanya tinggal klik saja pada akun apa yang ingin Anda buka.

Untuk biaya perbulannya LastPass sangat murah, untuk sobat yang ingin mencoba bisa menggunakan akun versi gratisnya terlebih dahulu. 

Untuk 1 user LastPass memiliki biaya 3$ dan untuk 6 user LastPass memiliki biaya bulanan 6$.

1Password

Sama seperti LastPass, 1Password tersedia untuk browser dan aplikasi. Untuk fitur tidak jauh berbeda dengan LastPass, yang membedakan 1Password memiliki kategori password pada bagian samping sesuai dengan akun yang disimpan. 

Contohnya email account, bank account, document, CC dan masih banyak lagi. Selain itu 1password memiliki layanan khusus untuk keluarga dan bisnis.

Password Manager Google Chrome

Managemen password yang terakhir adalah dari Google Chrome. Jika sobat tidak banyak memiliki akun, nampaknya menggunakan fitur bawaan dari chrome ini dirasa sudah cukup. 

Selain itu fitur ini sudah include dalam aplikasi Chrome jadi tidak perlu install aplikasi lainnya.

Nah demikian pembahasan mengenai Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman. Jika password lama Anda masih belum kuat, segeralah ganti ke password baru yang lebih aman dan kuat.

0 Response to " Membuat Password Yang Kuat dan Aman"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak