Manfaat dan Efek samping Kacang Almond

Manfaat dan Efek samping Kacang Almond

Kacang almond yang sangat populer mempunya manfaat yang banyak sekali bagi pria yakni untuk meningkatkan fungsi seksualnya, secara spesifik kacang almond juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma yang berdampak pada kesuburan.

Namun, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan pastinya tidak akan baik, begitu juga dengan konsumsi kacang almond

Manfaat kacang almond untuk pria

Kacang almond juga disebut-sebut mampu memberikan manfaat untuk kesehatan pria. Melansir Medical News Today, pria yang menambahkan dua genggam kacang setiap hari ke dalam menu makanan rutin mengalami peningkatan fungsi seksual.

Uji coba selama 14 minggu ini membandingkan sekelompok pria yang menambahkan dosis harian kacang-kacangan tertentu ke dalam diet gaya Barat dengan kelompok pria yang makan makanan yang sama tetapi tanpa kacang.

Dosis harian kacang-kacangan terdiri 60 gram atau setara dengan sekitar dua genggam kacang almond, hazelnut, dan kenari.

Para peneliti, yang berasal dari pusat penelitian di Spanyol, percaya bahwa ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa makan kacang dapat memberikan manfaat untuk fungsi seksual pria.

Manfaat kacang almond untuk kesuburan

Selain menambah fungsi seksual pada pria, secara spesifik kacang almond juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma yang berdampak pada kesuburan.

Masih dari penelitian yang sama, para peneliti mengumpulkan sampel darah dan sperma dari para pria sebelum dan sesudah studi selama 14 minggu untuk mengukur dampak konsumsi kacang pada kesehatan sperma.

Kelompok yang makan kenari, almond, dan hazelnut mengalami peningkatan jumlah sperma sebesar 16 persen seiring dengan peningkatan penting dalam vitalitas, motilitas, dan morfologi sperma (bentuk dan ukuran). 

Selain itu, pria-pria ini memiliki DNA sperma yang tidak terlalu terfragmentasi. Dengan kata lain, sperma mereka lebih siap untuk berenang jauh ke utara. Demikian manfaat kacang almond untuk kesuburan.

Cara mengonsumsi kacang almond

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kacang almond di atas, bagaimana cara yang tepat mengonsumsi kacang-kacangan ini? Umumnya ada beberapa cara orang mengonsumsi kacang almond. 

Mulai dari makan almond kering, susu kacang almond, atau juga dimakan secara mentah. Namun mungkin cara terbaik mengonsumsi kacang almond adalah dengan merendamnya dengan air. 

Mengapa almond yang direndam lebih baik? Kulit almond yang coklat mengandung tanin yang menghambat penyerapan nutrisi. Setelah merendam almond, kulitnya akan terlepas dengan mudah dan memungkinkan kacang melepaskan semua nutrisi dengan mudah.

Cara merendam kacang almond sebelum mengonsumsinya:

  • Rendam segenggam kacang almond dalam setengah cangkir air
  • Tutupi dan biarkan terendam selama 8 jam
  • Kuras airnya, kupas kulitnya dan simpan dalam wadah plastik
  • Kacang almond yang direndam ini akan bertahan selama sekitar satu minggu
Efek samping kacang almond jika dikonsumsi berlebihan

Efek samping kacang almond yang paling umum mungkin adalah reaksi alergi pada orang-orang yang sensitif terhadap kacang-kacangan.

Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan pastinya tidak akan baik, begitu juga dengan konsumsi kacang almond.

Berikut beberapa efek samping kacang almond jika dikonsumsi secara berlebihan:

Berat badan naik: 
Makan almond dalam jumlah banyak bisa memicu penambahan berat badan. Porsi almond yang disarankan adalah sekitar 1 ons, yaitu sekitar 23 biji, karena kacang ini tinggi kalori dan lemak.

Interaksi dengan obat tertentu: 
Kacang almond memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi. Jika kamu mengonsumsi banyak almond, terutama bersamaan dengan makanan kaya mangan, ini dapat memicu interaksi obat. Seperti obat antipsikotik, antasida, pencahar, obat tekanan darah, dan antibiotik tertentu.

Overdosis vitamin E:
Kamu mendapatkan 7,4 miligram vitamin E per ons kacang, kira-kira setengah dari 15 miligram yang dibutuhkan setiap hari. Terlalu banyak vitamin E dalam tubuh dapat memicu situasi overdosis yang menyebabkan kelesuan, penglihatan kabur, sakit kepala, diare dan perut kembung.

Gastrointestinal: 
Satu ons almond mengandung 3,5 gram serat, jumlah yang berkontribusi pada jumlah porsi harian antara 25-38 gram untuk mencegah diare dan sembelit. Namun, terlalu banyak makan almond justru bisa menyebabkan sembelit dan perut kembung jika tubuh tidak terbiasa mengolah serat dalam jumlah besar. Pastikan untuk mengimbanginya dengan konsumsi cukup air.

0 Response to "Manfaat dan Efek samping Kacang Almond "

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak