Kandungan Nutrisi Kacang Almond dan Manfaat bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Kacang Almond dan Manfaat bagi Kesehatan
Salah satu Kacang yang memiliki rasa gurih dan teksturnya yang renyah membuat kacang almond menjadi makanan favorit bagi banyak orang. 

Selain itu, kacang almond juga bisa dijadikan camilan. Lantas, apa saja manfaat yang terkandung dalam kacang almond untuk kesehatan?

Seseorang dapat mengonsumsi almond yang masih mentah ataupun yang sudah matang dengan cara dipanggang sebagai camilan atau dengan menambahkannya ke dalam hidangan lain. 

Kacang almon ini merupakan kacang yang paling populer di seluruh dunia. Berbagai nutrisi serta manfaat pun bisa kamu dapatkan jika kamu mengonsumsi kacang ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Kandungan nutrisi kacang almond

Kacang almond berasal dari pohon badam atau yang juga disebut Prunus dulcis. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Timur Tengah. Meskipun demikian, kepopuleran kacang almond telah merajai seluruh dunia.

Kacang almond sangat bergizi dan kaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin, serta mineral. Maka jangan heran jika kandungan nutrisi inilah yang menyebabkan kacang almond memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Dilansir Healthline, berikut adalah kandungan nutrisi yang dimiliki 1 ons almond (28 gram):

  1. Serat: 3,5 gram
  2. Protein: 6 gram
  3. Lemak: 14 gram (9 di antaranya merupakan lemak tak jenuh tunggal)
  4. Vitamin E: 37 persen dari AKG
  5. Mangan: 32 persen dari AKG
  6. Magnesium: 20 persen dari AKG
  7. Tembaga, vitamin B2 (riboflavin), dan fosfor

Tak hanya itu saja, kacang almond juga kaya akan asam fitat, yakni suatu zat yang mengikat mineral tertentu dan mencegahnya terserap.

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

Seiring dengan kandungan nutrisi yang berlimpah, kacang almond juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat ini bisa kamu dapatkan jika kamu mengonsumsi kacang almond dalam berbagai bentuk.

Berikut adalah manfaat kacang almond yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol gula darah

Kacang-kacangan rendah akan kandungan kalori namun tinggi akan lemak sehat, protein, dan serat. Ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi penderita diabetes.

Keuntungan almond lainnya adalah memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan mineral yang terlibat lebih dari 300 pemrosesan yang terjadi dalam tubuh, termasuk kontrol gula darah.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar lipoprotein LDL yang tinggi dalam darah, atau yang juga dikenal sebagai kolesterol ‘jahat’ merupakan faktor risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa almond dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara efektif.

Studi yang dilakukan pada 65 orang dengan prediabetes selama 16 minggu menemukan bahwa diet yang menyediakan 20 persen kalori dari almond dapat menurunkan kadar kolesterol LDL rata-rata 12,4 mg/dL.

3. Menjaga kesehatan usus

Baik almond mentah maupun yang dipanggang dapat bertindak sebagai prebiotik, yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri yang menguntungkan dalam usus yang terkait dengan kekebalan, anti-peradangan, dan kesehatan mental.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kacang-kacangan mengandung beberapa nutrisi yang sulit diurai dan dicerna oleh tubuh. Tubuh tidak dapat menyerap 10-15 persen kalori dalam kacang. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Almond memiliki sifat mengenyangkan. Selain itu, kombinasi lemak sehat, protein nabati, dan serat dalam kacang ini dapat meningkatkan perasaan kenyang dan menunda kembalinya rasa lapar.

5. Menurunkan risiko kanker payudara

Studi pada tahun 2015 mengamati konsumsi kacang dengan risiko kanker. Ditemukan bahwa risiko terkena kanker payudara dapat menurun sebanyak 2-3 kali pada individu yang mengonsumsi kacang dengan kualitas bagus, termasuk almond.

6. Menjaga fungsi otak

Almond merupakan salah satu sumber nutrisi sehat karena tinggi riboflavin dan L-carnitine. Kedua zat ini mencegah penurunan fungsi kognitifdan mendukung aktivitas neurologis yang sehat, serta dapat mengurangi proses inflamasi di otak.

Lansia dan orang dewasa dengan risiko tinggi terserang penyakit kognitif, seperti demensia dan Alzheimer, sangat disarankan untuk mengonsumsi almond secara rutin.

Itulah kandungan dan manfaat kacang almon yang berasal dari timur tengah. semoga bermanfat dan dapat menambah pengetahuan kita. terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Kandungan Nutrisi Kacang Almond dan Manfaat bagi Kesehatan"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak