PERUBAHAN SUASANA HATI ANAK

Ketika Anda mengalami perubahan suasana hati, anak-anak dapat menjadi sangat bingung dan tidak dapat diprediksi. Mereka bisa memelukmu sekarang, tetapi beberapa menit kemudian mereka berteriak kepadamu.


Mereka mungkin senang bermain dengan saudara perempuan mereka, tetapi beberapa menit kemudian mereka saling bertarung. 

Ketika dia berusia tujuh dan delapan tahun, tubuh anak kecil mulai menghasilkan hormon yang akan mencapai puncaknya pada masa pubertas beberapa tahun kemudian.

Anak-anak mulai merasakan semua bentuk emosi yang tidak terduga, bahkan tidak sesuai dengan usia mereka dan, kadang-kadang, mereka tidak dapat mengendalikan.

Secara wanita melaporkan tips berikut untuk mengendalikan perubahan suasana hati.


 Timbulkan rasa empati

Anak kecil tidak mengerti konsep tumbuh dewasa. Tetapi berbicara dari hati ke hati dan menciptakan empati untuk suatu masalah bisa sangat berguna. Anak-anak dapat belajar mengekspresikan emosi dengan kata-kata yang berbeda dan mengasosiasikannya dengan perasaan yang tepat.

Anak-anak diajarkan untuk merasakan bagaimana perubahan suasana hati mereka dapat memengaruhi orang lain. Anak-anak yang belajar ini sejak awal akan jauh lebih siap ketika mereka berusia tujuh dan delapan tahun.


 Jika anak cemberut dan pendiam

Anak kecil tidak suka berbagi atau mengungkapkan perasaan mereka sepanjang hari. Mereka mungkin memiliki masalah dengan teman, kelas di sekolah atau di taman bermain.Pada setiap kasus, orang tua tidak boleh memaksa diri untuk memberi tahu anak-anak mereka apa yang sedang terjadi.


Jika anak tidak mau berbicara, Anda dapat memberi tahu dia bahwa Anda ada untuknya dan biarkan dia memikirkan arti kata-kata itu. Anda dapat meninjau kembali masalahnya saat suasana hatinya sedang baik.


 Jika anak dramatis

Anak kecil kadang bisa sangat tangguh, memilih mengabaikan kata-kata orang tuanya, dan memilih mendramatisir keadaan. Suatu saat si anak bisa meraung kesakitan seolah tulangnya patah padahal dia hanya sedikit tersandung.

Jika Anda tak bisa menenangkannya dalam kondisi seperti ini, cobalah berjalan-jalan dengan anak. Penyebab kegelisahannya bisa saja bersifat psikologis. Mengalihkan pikirannya dari masalah bisa mengubah suasana hatinya lebih baik.


 Jika anak marah besar


Anak-anak kadang bereaksi dengan tangisan dan amarah, misalnya Anda terlambat menjemputnya pulang sekolah. Apa pun yang dilakukan, Anda tak boleh ikut marah. Memarahi anak yang sedang marah hanya mengajarkannya menjadi sosok egois di kemudian hari.


Jika anak argumentatif

Anak kadang bisa sangat manis dan menyenangkan namun tiba-tiba bisa sangat argumentatif dan tidak menyetujui. Anak bisa tiba-tiba tidak menyukai apapun pendapat orang tuanya. Setiap saran Anda dianggap membosankan dan penuh kebencian.

Ini berarti anak Anda sedang merasa tidak enak dan merasa perlu teman curhat. Jelaskan kepada anak bahwa kesulitan yang sedang dihadapi pasti ada jalan keluar dan mereka bisa mengatasinya.


 Cari tahu penyebab perubahan suasana hati anak

Ketika banyak perhatian diberikan, perubahan suasana hati anak menjadi jelas. Beberapa anak menjadi sangat marah ketika mereka lelah atau mati rasa. Beberapa anak lain mengalami perubahan suasana hati karena nutrisi yang tidak seimbang atau makan junk food. Anda bisa mencoba mengarahkan anak untuk makan makanan yang lebih sehat dan melihat apakah ada perubahan setelah itu.

Tetapkan batas

Ketika seorang anak mengamuk, dia sering tidak menjadi gila. Mereka bisa mengukur batas kesabaran orang tua mereka. Anda tidak boleh terlalu memanjakan anak Anda dan kadang-kadang anak perlu tahu bahwa orang tua juga memiliki batasan yang harus dipatuhi.


Anak-anak dengan kesulitan berkomunikasi.

Anak-anak terkadang merasa bahwa orang-orang di sekitar tidak mengerti apa yang mereka inginkan. Anak-anak berpikir bahwa apa yang mereka pikirkan bukanlah apa yang dipikirkan orang lain. Karena itu, orang tua harus memahami bahasa dan perilaku anak sejak awal.

PERUBAHAN SUASANA HATI ANAK

 Bantu anak ekspresikan dirinya

Ketika anak sedang dalam suasana hati buruk, coba ajak dia berbicara bahwa amarah tak menyelesaikan masalah. Ajarkan mereka cara mengekspresikan perasaannya lebih baik supaya masalah selesai lebih efektif.


 Bisa jadi kondisi kejiwaan

Beberapa jenis perubahan suasana hati yang ekstrem disebabkan oleh kondisi kejiwaan, seperti gangguan perilaku, ADHD, dan gangguan kecemasan. Jika perubahan suasana hati anak Anda tampak tidak normal, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter yang kompeten.

Anda harus mengetahui diagnosis pertama yang dibuat oleh dokter tentang kondisi mental anak. Pertimbangkan mendengarkan pendapat beberapa dokter dan perlu diingat jika beberapa dokter mengungkapkan diagnosis yang sama.

0 Response to "PERUBAHAN SUASANA HATI ANAK"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak