Pengertian Teknologi Modern

Pengertian Teknologi Modern
Teknologi modern merupakan suatu alat yang canggih yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia yang tadinya di bilang mustahil menjadi kenyataan, 

Bisa juga berupa ilmu yang berkaitan dengan penggunaan alat canggih/temuan alat baru yang dapat mengubah hidup manusia menjadi lebih mudahkan dalam berbagai hal. 

Hasil perkembangan teknologi ini memiliki banyak kegunaan yang dapat dinikmati  manusia, seperti kendaraan sebagai sarana transportasi, alat-alat komunikasi, hinga peralatan  rumah tangga. 

Teknologi modern ini tentu akan sangat membantu suatu proses pekerjaan, teknologi modern sekarang ini mulai diterapkan di berbagai industri,alat pertanian juga sebagai sarana pendidikan yang bertujuan untuk membantu tercapainya perekonomi masyarakat.

Berikut ini beberapa manfaat dari perkembangan yang menggunakan teknologi modern untuk penunjang dan untuk mempermudah segala aktivitas pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Perkembangan Alat Komunikasi

Di zaman milenial seperti sekarang ini alat komunikasi bisa dibilang sebagai kebutuhan primer, karena dengan alat komunikasi ini, manusia dapat dengan mudahnya untuk berbagi  informasi secara cepat. 

Perkembangan alat komunikasi ini juga sangat  beragam, perkembangan teknologi modern yang sangat populer sekarang ini adalah alat komunikasi yang memang sangat berguna dalam berkomunikasi seperti telepon . 

Telepon  sekarang berkembang dengan sangat cepat. waktu awalnya hanya bisa digunakan untuk menerima dan memangil  serta untuk berkirim pesan singkat, di jaman sekarang ini dengan adanya smartphone,banyak hal yang bisa dilakukan dengan smartphon ini.

Seperti melakukan video call,mengirim gambar,dan juga banyak aplikasi yang bida dimanfaatkan untuk memudahkan dalam berkomunikasi dengan orang lain dengan mengikuti suatu media sosial.

Dan juga banyak fitur yang di tawarkan di dalam smartphon seperti  kamera yang cukup canggih, alat untuk pemutar video dan musik, berbagai jenis Game serta banyak aplikasi terbaru yang terus bermunculan. 

Dengan adanya dukung teknologi internet, smartphone ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dan juga dapat di gunakan untuk sarana belajar, bekerja dan berbelanja dan masih banyak lagi manfaatnya.

2. Perkembangan Sarana Transportasi

Sekarang ini sarana transportasi juga tidak kalah canggih mengikuti kemajuan dan perkembangan teknologi modern. 

Berbagai sarana transportasi juga menjadi ikut beragam, yang tadinya sangat sederhana sekali dengan jarak tempuh yang terbatas,untuk menjangkau satu tempat mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dengan hadirnya teknologi modern ini, perkembangan sarana transportasi  menjadi lebih maju sebagai contoh  mobil sudah menggunakan mesin yang canggih berkecepatan tinggi, dilengkapi juga alat penunjuk arah/GPS. 

Kereta api kini sudah menggunakan tenaga listik, dan masih banyak lagi perkembangan di bidang transportasi ini.

3. Perkembangan di Dunia Industri

Tidak mau ketinggalan juga di dunia industri banyak mengalami perubahan menjadi lebih modern dengan adanya perkembangan ini industri pun yang tadinya masih manual dalam menjalankan aktifitasnya sekarang sudah menggunakan robot untuk menggantikan tenaga manusia. 

Industri sekarang semakin berkembang pesat dengan adanya komputer, suatu produksi dapat dilakukan secara otomatis, dengan sistem komputer ini akan memudahkan aktifitas kerja produksi.

4. Perkembangan di Sektor Pertanian

Perkembangan di bidang pertanian kini juga memanfaatkan teknologi modern,awalnya pertanian hanya mengandalkan adanya musim, peralatan tradisional dengan  hadirnya teknologi modern ini, sektor pertanian sekarang semakin canggih. 

Alat pertanian pun semakin canggih seperti alat untuk penanam benih, membajak tanah, untuk memanen dan masih banyak lainya alat yang memudahkan aktifitas produksi sektor pertanian ini.

5. Perkembangan Teknologi Pendidikan

Perkembangan di dunia Pendidikan saat ini tampaknya tidak dapat lepas dari adanya teknologi modern, mulai dari adanya internet, perangkat-perangkat komputer, buku-buku elektronik, alat proyektor dan masih banyak lagi yang lainya. 

Teknologi modern ini akan berperan dalam dunia pendidikan menjadi semakin lebih mudah dalam mencari berbagi informasi. 

Sekarang ini lebih mudah dengan adanya internet. Bahkan perangkat komputer digunakan untuk mendukung ujian sekolah. 

Dengan adanya teknologi modern ini juga beberapa perguruan tinggi yang kusus menyediakan sebuah pendidikan yang berhubungan dengan teknologi seperti, jurusan  design grafis,elektronika, robotika, fisual komunikasi, informatika, dan masih banyak lagi.

6. Perkembanagn Teknologi Media Masa

Media masa atau media informasi juga takalah pesat perkembangannya diantaranya seperti media cetak, sekarang media cetak sudah menjadi  media online. 

Dengan meningkatnya penggunaan smartphone, perangkat komputer dan internet yang akan memberikan suatu kemudahan untuk mencari berbagai informasi dan juga berbagai berita.

7. Perkembangan di Dunia Musik

Musik juga tidak mau kalah  mengikuti perkembangan teknologi modern  yang awalnya hanya menggunakan seperti kaset, piringan hitam, video disk. Dan sekarang  sudah semakin canggih dengan menggunakan file digital. 

Hal ini memungkinkan bagi para pengelola industri musik akan beralih ke platform digital ini, bila tidak mengikuti perkembangan teknologi modern mungkin saja insdustri musik ini akan tertinggal di telan jaman yang serba modern ini.

Demikian sedikit mengenai pengertian teknologi moderen yang sekarang ini semakin canggih, sehingga akan memudahkan penggunanya. Terimakasih telah membaca artikel ini salam hangat Nilibas.

0 Response to "Pengertian Teknologi Modern"

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar dengan Bijak